Event

Belajar Short Videography dengan Smartphone di Allium Hotel Tangerang

12.15.00

Workshop shortvideo Allium Hotel Tangerang

Selamat siang,

Senang bisa dapat kesempatan lagi ikut aktif kegiatan bersama teman-teman blogger. Kali ini saya terpilih lagi dalam rangkaian acara yang diadakan mas Teguh Sudarisman yaitu Workshop Short Videography yang diadakan di Hotel Allium Tangerang. Peserta yang terpilih kali ini berkisar 20 orang dari berbagai macam latar dan usia. Selain mendapat teman baru, acara ini juga diadakan gratis dan kita juga sudah dapat free lunch di Paris Lyon Cafe Allium Hotel Tangerang.

Acara dimulai pada pukul 08.00. Karena berada di Tangerang, dan banyak yang juga datang jauh dari berbagai tempat, namun acara tetap bisa berjalan lancar bisa bisa mulai cepat sekitar pukul 09.00 pagi. Acara dibuka dengan kata sambutan dari pihak hotel serta pengenalan profil singkatnya mas Teguh Sudarisman yang sudah banyak mengadakan berbagai macam workshop diberbagai daerah. Sedikit info ni, mas Teguh Sudarisman juga seorang penulis yang aktif dan sudah menerbitkan bukunya Travel Diary. Yang penasaran bisa langsung kepoin saja facebook beliau Teguh Sudarisman yaa.

Allium Hotel Tangerang

Pada rangkaian acaranya, mas Teguh terlebih dahulu menjelaskan, mengapa kita perlu belajar short videography pada era kekinian dan serba gadget saat sekarang ini. Apalagi bagi para blogger, belajar short videography dan menerapkannya bisa jadi hal yang perlu untuk dilakukan dan dipertimbangkan. Jadi mengapa belajar short videography itu perlu?
  1. Semakin menigkatnya orang menonton video hingga 400%, apalagi dengan banyaknya perangkat yang bisa memutar video dengan mudah dan 50% diantaranya dengan mobile.
  2. 69% Traffic yang paling tinggi ada di Internet yaitu video. Apalagi rata-rata rentang perhatian manusia hanya 8.5 detik, jadi dengan membuat video segalanya jadi lebih mudah dipahami.
  3. Dengan mengaitkan akun blog dengan video dari Youtube, maka visitor yang datang ke blog pun dari survey yang dilakukan bisa ikut meningkat 2- 3 x lipat.
  4. Waktu orang menonton video yang efektif biasanya berkisar 5 menit, Jadi kalau videonya 1 menit terlalu menit, 10-30 menit juga kepanjangan.
Apakah membuat video sulit? Sulit jika tidak tau cara dan langkah-langkah yang tepat untuk memulainya. Dengan banyaknya aplikasi smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk membuat video, kita tidak perlu repot lagi menggunakan laptop atau pindahin data ke laptop dan lain sebagainya. Jika video akan diupload di social media, dengan banyaknya aplikasi video yang ada di smarthphone jadi memudahkan para #vlogger untuk membuat short video.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat short videography yaitu :

1. Menyediakan perangkat lunak dan aplikasi yang tepat. 
Karena dengan aplikasi yang tepat, selain memudahkan kita dalam pengeditan, juga memaksimalkan kerja dan hasil video kita.

2. Mempelajari perangkat keras dan bisa mengaplikasinya dengan baik.
Perangkat keras yang bisa digunakan beberapa diantaranya seperti monopod, tripod dan lain sebagainya yang bisa menunjang dan membantu saat pengambilan video.

3. Mempelajari konsep dan tekhnik syuting.
Mengambil video tanpa konsep dan tekhnik yang tepat juga perlu dipelajari agar saat pengeditan kita bisa menampilan hasil video yang terbaik.

4. Merencanakan liputan
Sebelum mengambil video, pastikan kita sudah merencanakan apa yang akan kita syut agar bisa selain menghemat waktu, pilihan syut untuk video kita bisa lebih terkonsep.

5. Melakukan syut
Syut apa saja yang dirasa menarik. Tapi usahakan jangan terlalu banyak gerak karena video yang dihasilkan jadi tidak fokus.

6. Editing
Setelah melaukan syut, kita bisa melakukan editing dengan aplikasi smartphone yang sudah sangat banyak di google play. Tapi salah satu aplikasi yang gampang yang disarankan mas Teguh yaitu bisa menggunakan powersdirector.

7. Upload ke youtube dan chanel video
Video yang dihasilkan rasanya sangat sayang jika di upload ke youtube atau chanel video. 

8. Sharing
Jangan lupa sharing pada social media agar video kita bisa disaksikan lebih banyak orang

Setelah mas Teguh menjelaskan beberapa tips membuat video, dan langkah-langkahnya, kita diajak untuk praktek membuat short videoghraphy, kita diajak keliling Allium Hotel Tanggerang dan boleh melakukan syut pada tempat-tepat yang kita inginkan dan dirasa menarik.

Kita diajak mengunjungi kamar hotel Allium, Loby, kolam berenag hingga cafe dan tempat makan. Lebih kurang 1 jam keliling dan mengambil video, kita diajak makan siang di Paris Lyon Cafe Allium Tanggerang. Selain bisa menikmati susana hotel, bisa dapat sepuasnya di Hotel rasanya gak rugi banget bisa ikutan. 

Setelah makan siang, kita juga diajarkan langsung oleh mas Teguh cara mengedti video dengan aplikasi powerdirector yang direkomendasiin mas Teguh. Bagi kita yang pemula dan baru coba ngedit video, ternyata aplikasi powerdirector cukup gampang diaplikasikan. Lebih kurang 1 jam editing, para peserta sudah bisa menghasilan shortvideography dengan cukup memuaskan.

Video yang telah diedit juga diminta untuk diupload pada social media masing-masing dan direview langsung oleh mas Teguh untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan serta cara untuk meningkatkan kedepanya.

Penasaran hasil video editan saya, bisa lihat disini ya. Walau sebenarnya saya ada masalah dengan handphone yang biasa sudah tidak ada, jadi sementara pake handphone lama asus zenfone 2 yang kemarenanya sudah kurang kece. Tapi tetap saja senang bisa menghasilkan video pada pelajaran hari ini seadanya.


Kita juga berfoto bersama setelah acara sambil foto-foto bebas sesuakanya. Paling senang selain dapat ilmu, saya juga dapat teman baru sesama blogger.

Allium Hotel Tangerang

Semoga next bisa ikutan lagi. See you~

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^