Life Style

Mengenal Microfinance Marketplace dan Impact Investing

10:41:00 PM

Amartha microfinance marketplace


Halo mom..

Kali ini aku mau sharing sedikit masalah Investasi. Jujur sih aku masih belum terlalu pro banget masalah investasi. Apalagi takut banget zaman sekarang mulai banyak investasi-investasi bodong yang aman atau tidaknya nya susah dibedain. Nah, sabtu lalu aku berkesempatan ikut event bareng mom blogger belajar mengenai mengenai keuangan dan investasi bersama mba Anisa Aprilia (Ica) yang mana mba Ica ini sudah CFP (Certified Financial Planner).

Dievent ini mba Ica menjelaskan ada 6 ragam investasi diantaranya ada Deposito, Obligasi, Saham, Emas, Reksa Dana dan juga P2P Lending / Microfinance Marketplace. Beberapa diantaranya seperti Depsito, Saham, Emas dan Reksa Dana mungkin teman-teman sudah cukup paham. Apalagi sekarang sudah banyak muncul aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai dengan mudah untuk akses jual beli saham dan Reksa Dana juga. Tapi pada event ini kita lebih fokus bahas mengenai P2P lending / Microfinance marketplace.

Kalau udah dengar P2P langsung was-was kan karena langsung kebayangnya pinjol (pinjaman online) yang tidak jelas. Jadi dievent ini mba Ica menjelasankan yang dimaksud Microfinace marketplace ini adalah pendanaan atau pinjaman pada usaha skala mikro yang memiliki keterbatasan akses pendanaan pada lembaga keuangan formal. Jadi investor yang memberikan pendanaan pada usaha skala mikro ini tidak semata-mata hanya mencari keuntungan tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Disini mba Ica juga jelasin tips memilih Microfinace marketplace yang aman baik bagi pendana ataupun peminjam yang harus diketahui. 

Bagi Pendana :
1. Pastikan terdaftr dan memiliki izin usaha OJK
2. TKB90 minimal 90%
3. Transparansi mengenai sistem credit scoring, informasi peminjam, latar belakang, tujuan peminjaman, dll
4. Sesuaikan nominal invesasi dengan jangka waktu dan profil resiko
5. Memilih marketplace yangg memiliki mitigasi resiko

Bagi peminjam :
1. Pastikan terdaftar dan memiliki izin usaha OJK.
2. Proses pinjaman, bunga, tenggat waktu, denda dan informasi lainnya disampaikan dengan jelas.
3. Memiliki kontak perjanjian 
4. Memiliki CS dan sistem yang transparant
5. Tidak membebani dengan bunga tinggi (max 0,4% perhari, per October 2021)

Sebelum melakukan investasi, kita juga harus paham dulu Profil Resiko. Dibeberapa aplikasi investasi juga biasa ada kuiz buat kita test kalau kita termasuk dan bagian mana :
1. Tipe Konservatif (Tipe yang khawatir dan panik jika modal investsai berkurang / resikonya rendah)
2. Tipe Moderat (Dapat menerima resiko asal memperoleh keuntungan yang seimbang)
3. Tipe Agresif (Menyukai resiko, biasanya sudah berpengalaman dalam investasi)

Dari penjelasan diatas udah kebayang donk yang teman-teman tipe yang mana?

Jika kita memilih melakukan investasi melalui lending Marketplace, kita harus pahami juga beberapa point dibawah ini :
1. Pahami mekanisme credit scoring, pilih yang sesuai dengan profil resiko dan juga tujuan keuangan. (Apakak untuk dana pensiun, pendidikan anak, menikah dll)
2. Pelajari informasi peminjam dan profil bisnis, kalau perlu buat SWOT analisis termasuk resiko pendanaan. Bandingkan resiko dan imbal hasil atas pinjaman dengan grade yang sama.
3. Pelajari track record peminjam, apakah lancar atau tidak.
4. Buat pemula, dapat memilih peminjam yang bisnisnya sudah lebih dari 1 tahun
5. Pilih manfaat pinjaman yang sesuai dengan preferensi bisnis
6. Jika laporan keuangan tersedia, pelajari sales, laba, total utang dll, lalu bandingkan keuangan antara peminjam dengan grade yang sama.

Jika teman-teman tertarik untuk investasi P2P, salah satu aplikasi investasi yang bisa dipakai yaitu Amartha Microfinance marketplace fintech. Jujur sih aku juga baru pertama kali dengar Amartha. Rezky Warni (Tya) sebagai AVP Marketing Amartha menjelaskan kalau Amartha manjadi jembatan bagi para peminjam dan pendana tapi fokus pada perempuan pengusaha UMKM yang berada didaerah pedesaan. Kenapa harus perempuan? Karena Amartha ingin support perempuan agar jadi perempuan tangguh yang tetap bisa memiliki usaha ditengah kesibukan dalam mengurus anak dan rumah tangga. 

Mba Tya juga menjelaskan bedanya Amartha dengan aplikasi pinjaman online lainnya serta keunikan Amartha yaitu :
1. Akses permodalan khusus perempuan
Jadi konsepnya grameen mode yang mana pemberian modal usaha dengan membentuk kelompok usaha dan menerapkan sitem tanggung renteng. Jadi kalau ada 1 orang yang tidak bisa balikin pinjamannya, ada orang lain dalam 1 kelompok yang harus menanggulanginya.
2. Amartha juga memberikan mentoring dan training bagi mitra Amartha. 
3. Memberikan edukasi literasi keuangan digital bagi mitra Amartha
4. Hanya melakukan pinjaman produktif untuk UMKM
5. Pendana bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun yang mana keuntungannya bisa dibayar perminggu
6. Mengungsung konsep impact investing yang artinya strategi investasi yang menghasilkan keuntungan investasi sekaligus dampak positif untuk sosial dan lingkungan
7. Mendanai di Amartha risikonya terukur dan transparant
8. Bisa memulai dari IDR 100K

Untuk lebih lengkapnya informasi sepurta Amartha, mereka blog daring money+ yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai tips investasi, perencanaan keuangan serta life style yang bisa diakses disini. Buat teman-teman yang juga hobi menulis, teman-teman juga bisa aktif jadi penulis di money+. Keuntungannya bisa dapat komisi hingga 300K per artikel. Serta kita juga bisa ikut fieldtrip gratis kunjungan ke desa Amartha. Seru banget kan.

Dengan menghadiri event dan mendapatkan penjelasan langsung dari narasumber mba Ica dan mba Tya, aku juga jadi ikut tercerahkan mengenai investasi dan juga P2P. Buat teman-teman yang juga tertarik mau coba sebagai peminjam atau pendana, untuk lebih lengkapnya bisa langsung download aplikasinya by phone atau juga bisa di website Amartha. Pada aplikasi nanti langsung tersedia bagian marketplace yang menyajikan informasi dan data bagi para peminjam. Jika mau dapatin bonus 100rb, bisa daftar dengan memasukan kode referral juga yaa EFN254207

Selamat mencoba dan semoga sukses..

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^