Overseas Travel

Pengalaman Transit di Suvarnabhumi Bangkok - Thailand

11:19:00 PM

Suvarnabhumi International Airport
Suvarnabhumi International Airport, Bankok
Halo~

Masih lanjutan kisah perjalanan saya ke Nagoya dengan Thai Airways, jadi saya dapat kesempatan untuk transit di Suvarnabhumi Bangkok. Ada pilihan untuk transit 1 jam dan 12 jam. Wah, karena 1 jam menurut saya terlalu mepet, jadilah saya pilih yang transit 12 jam. Walau ini juga terlalu lama, tapi saya jadi senang dan bisa menikmati suasana di Suvarnabhumi Bangkok.

Penerbangan saya dari Singapore pukul 20.40 dan sampai di Bangkok pukul 22.40 memakan waktu 2 jam dan perubahan waktu 1 jam. Jadi saat sampai, awalnya saya bingung, karena tiket penerbangan saya terusan, apakah saya perlu keluar imigrasi atau gak. Dan nyari lokasi yang bisa tiduran. Karena penerbangan saya selanjutnya masih 12 jam lagi, jadi saya langsung keluar imigrasi.

suvarnabhumi international airport bangkok
suvarnabhumi international airport bangkok
2F Arrival Suvarnabhumi International Airport Bangkok
Setelah isi formulir kedatangan, saya ikut antri di bagian imigrasi yang ramenya dahsyat juga banyak rombongan turis dari Korea. Saya pun berjalanan lebih keujung mencari bagian lebih sepi dan bisa kelar lebih cepat. Tapi jadi lebih jauh dengan pengambilan bagasi saya.

Setelah sampai, cukup kaget, bagasi saya yang awalnya rusak dari Jakarta  - Singapore retak, nyampe Bangkok malah jadi pecah dan copot rodanya. T.T Tapi saya langsung lapor ke bagian kerusakan bagasi, jadi senang karena saya jadi bisa claim 2 asuransi. Pertama asuransi Air Asia, satu lagi asuransi dari Thai Airways. Saya dikasih surat keterangan kerusakan bagasi dari Bangkok, dan disuruh lapor di Thai Airways Nagoya saat sampai di Nagoya nanti. Untuk kelanjutan proses claim bagasi yang rusak, silahkan cek disini ya.

Setelah lapor kerusakan bagasi, saya langsung jalan keliling dan cari lokasi yang nyaman buat tidur. Bandara Suvarnabhumi ini cukup simple, Bandaranya memanjang, jadi kalau perlu urusanya ke ujung, jadi jalan jauh dari ujung keujung.  Terdapat sekitar 4 lantai, Bagian bawah lantai 1 langsung terhubung dengan bus dan transportasi umum lainnya. Lantai 2 akan terhubung langsung dengan kedatangan.

suvarnabhumi international airport bangkok
suvarnabhumi international airport bangkok
Suvarnabhumi International Airport 2F, 3F
Jika ingin santai dan nunggu penerbangan berikutnya, kita bisa ke lantai 3, selain terdapat foodcourt, juga terdapat kursi duduk buat santai atau free charge baterai handphone. Disini juga terdapat ruang sholat khusus bagi muslim yang ingin sholat. Lalu lantai 4 untuk keberangkatan.

Karena sudah malam, sayapun memutuskan untuk istirahat diruang sholat. Disini juga banyak wisatawan lain yang istrahat. Ada pojokan yang bisa digunakan untuk tidur. Kebetulan juga tidak ada pemeriksaan dari petugas jadi aman deh tiduran sampai subuh. Tapi pas subuh ac nya jadi lumayan dingin, jadi siapin aja jaket atau selimut buat tidur.
prayer room suvarnabhumi international airport bangkok
Prayer Room Suvarnabhumi Bangkok
Setelah subuh, sholat saya pun cari sarapan, charge handphone bentar, sekitar pukul 8 pagi saya pun check in lagi untuk penerbangan berikutnya. Setelah checkin sempatin foto dengan berbagai icon dan lokasi foto yang menarik di bandara Suvarnabhumi.

suvarnabhumi airport bangkok thailand

foodcourt & charger suvarnabhumi international airport bangkok
Foorcourt & free charger 
Saat checkin petugasnya bakal periksa ketat sampe pemeriksaan tubuh. Sedikit pengalaman lucu, awalnya kaget karena pemeriksaan tubuh saya sama cowok. Gak enak banget kan dipegang dan diraba-raba cowok. Agak kaget gak taunya cewek. :D Maklum lah ya Thailand. Saya sempat lupa. lol

Lokasi chechkin dan boarding Thai Airways cukup jauh dari ujung ke ujung. Jadi saya sempatin diri mutar-mutar bentar dan foto-foto diberbagai sudut yang menarik. Sempat ketiduran sambil nunggu boarding, akhirnya berangkat juga ke Jepang. Woaaaah. Lagi-lagi dag dig dug der..

Next, silahkan baca kisah perjalanan saya dengan Thai Airways yaa. <3

suvarnabhumi international airport bangkok
suvarnabhumi airport bangkok thailand
Lokasi di sekitar Counter Check In
suvarnabhumi airport bangkok thailand
Lokasi di Departure Hall, Menuju Boarding Room
suvarnabhumi international airport bangkok
Ini lucu, seperti aquarium tapi ini berupa 2d yang ada sensor nya. Terdapat di keberangkatan menuju boarding room.
suvarnabhumi airport bangkok thailand
suvarnabhumi international airport bangkok
Menuju gate keberangkatan

You Might Also Like

53 komentar

  1. setiap orang pasti kaget ya kalau yang meriksanya berpenampilan cowok, meskipun sebenarnya cewek.. hehe

    ReplyDelete
  2. kak, aku nanti 22 jam transit disana, ngapain aja ya ? terus aku flight sendirian juga huhu aku bingung nih, minta saran dong ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo. dari jam berapa sampai jam berapa?? kalau 22 jam main di bangkok aja. :D

      Delete
    2. blognya menarik dan bermanfaat banget. saya ada sedikit pertanyaan apakah nantinya setelah sampai di bandara sana perlu clear immigration, security dan baggage claim brhubung sy juga booking thai airways dari CGK-BKK-HKT dgn total pnrbngan 6jam? terimakasih

      Delete
    3. halo mas rico..terimakasih ya. salam kenal.
      di bangkok transitnya berapa lama mas?
      nanti saat dijkarta, pas checkin pastin lagi sama petugasnya apakah mesti checkin lagi dibangkok atau tdak. biasa kalau transit bentar gga perlu checkin lagi atau imigration prses. tapi klo transit lama, dan belum dapat boarding pas pnerbgan slnjutnya, brarti mesti checkin lagi di bangkok dan lwati proses bagasi, dan imigrasi.

      Delete
    4. Terimakasih atas responnya barusan saya kontak thai airways via email dikarenakan via telp ga ada yang jawab dan benar untuk 6 jam penerbangan bisa langsung transfer domestic no immigration clearance needed dan untuk penerbangan pulang saya punya layover sekitar 11 jam dan mngkin akan saya gunakan untuk explore Bangkok. Thanks again!

      Delete
    5. iyaaa mas riko. sama sama. semoga penerbangannya lancar. kalau layover siang hari harus dimanfaatkan untuk explore bangkok. have a nice trip.. :)

      Delete
  3. mbak mau tanya kalo transit 8 jam (penerbangan berikutnya jam 24.00 ke Brussels) kita bawa anak kecil 2 perlu rehat di hotel ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak. Waktu transitnya siang atau malam mbak??? Itu tergantung kebutuhan mbak., Kalau mbak gak terlalu capek cuma duduk gak perlu rehat hotel.Apalagi siang bisa jalan jalan dulu di thailand cari cafe atau tmpat makan. Kalau malam dan rasanya butuh istrhat sbaiknya rehat hotel apa lagi ada anak anak. Tapi bandaranya sangat ramai. Jadi duduk di bangku juga tidak masalah. krena 3 jam sbelum pernbgan sudah checkin lagi.

      Delete
    2. jadawaltiba 16.00 take off lagi jam 00.30 . kalo hotel transit yang dekat bandara ada rekomendasi mbak? anak anak bisa rehat yang tua jalan2. hehe. makasih

      Delete
  4. take off jam 03.00 connecting flight mbak??? biasa 3 jam sebelum brgkat sudah harus standby lagi di bandara. jadi lebih kurag ada waktu 4-5 jam kalau mau main. Sayang juga kalau pesan hotel cma 5 jam. Sekitaran bandara biasanya byak pginapan. Tpi saya kurag tau juga mbak. Atau bisa gunain fasilitas di bandara. :)

    ReplyDelete
  5. Oh ya mba kalau transit kurng lebih 12 jam kita harus ambil bagasi lagi ya?
    Bagasinya gk lngsung ke final dest.?

    ReplyDelete
  6. Oh ya mba kalau transit kurng lebih 12 jam kita harus ambil bagasi lagi ya?
    Bagasinya gk lngsung ke final dest.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku naik thai waktu itu checkin ulang mas. mgkin bisa konfirmasi dengan penerbanganya terlebih dahulu di awal.

      Delete
    2. wah gitu.oke mas. aku drop bagasi lagi dan checkin ulang mas waktu itu. semoga perjalananya lancar.

      Delete
    3. Kok lucu ya check in ulang? Jadi penasaran mbak
      1. Apakah penerbangan Thai Airways beda kode booking antara Singapore-Bangkok dan Bangkok-Nagoya?
      2. Apakah waktu di Singapore request secara pribadi bahwa bagasi minta diambil di Bangkok?

      Delete
    4. Halo mas.. saya masih dalam 1 kode booking yg sama. karena saat checkin cma dapat boarding pas sampai bangkok, saya jadi ragu jga. pas tanya ternyta mesti checkin ulang di bangkok. ~

      Delete
  7. Kalau ragu bisa dipastiin dulu aja mas saat checkin.mgkin bisa request bagasi sampai tujuan. :)

    ReplyDelete
  8. halo mba , kalo dibangkok untuk transit 24jam bisa keluar dari bandara ga ya ? kebetulan saya juga naek thaiairways dan kena reschedule yang asalnya transit cuman 1 jam jadi 24jam .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbakk.. bisa mbak.,. :) karena indonesia free visa thai jadi kita boleh kluar atau main di thai dulu. Have a nice trip mbak..

      Delete
  9. Halo mbak, salam kenal, saya rencana memakai thai airways untuk penerbangan CGK-BKK-PUS, saya memiliki waktu transit 8 jam, saya rencana pergi sendiri, jika bagasi diambil, waktu itu mbaknya langsung kembali check-in bagasi untuk penerbangan selanjutnya? atau jalan2 sambil membawa bagasi?saya bingung ketika nanti saya mau sholat, repot dan boleh ga mbak membawa bagasi ke prayer room?saya mohon tipsnya mbak, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas yoga..
      salam kenal.
      ketika saya transit saat itu malam hari. Iya mas. saya bawa bagasi kemana mana.
      Saat sholat juga saya bawa bagasi masuk dan taro didekat saya.
      bagasi boleh dibawa ke prayer room dan juga bisa masuk toilet kok.
      Semoga info membantu. :)

      Delete
    2. untuk indonesia bangkok free visa 30 hari :)

      Delete
  10. hai kak,, saya mau nanya nihh,, kan kita transit nih,, trus kita check in untuk ke tujuan,, chekin transit nya itu diperlukan tiket juga gak ?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba desi. salam kenal. trnsit berapa lama mba?
      iya mba. tiketnya siap sedia terus ya mba.

      Delete
  11. emangnya di sana gak ada hotel bandara gitu ya kak? lumayan tuh 12 jam bisa tiduran lama juga kan kalau ada hotel..

    mampir ya kak ke Parodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo ezy.. salam kenal ya. Sepertinya ada. hehe. Tapi karena naggug juga sekalian hemat jadinya ngelemper di bandara. :D
      okee.

      Delete
  12. Siang mba.. Saya rencana mau beli tiket thai airways, jkt-dubai, transit di bkk.. Pilihan tiketnya ada yg transit 24 jam atau 17 jam,,nanti kalau check in lg di bkk kan di perlukan tiket? Apa nanti waktu beli tiket, tiketnya dpt 2? yaitu jkt-bkk dan bkk-dubai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba..
      iya mba..nanti dapt 2 tiket tapi masih dalam 1 kode booking.jadi connecting flight gtu.

      Delete
  13. Kak tgl 25 nnti insyaallah mau ke nagoya jepang naik thai airways,jkt-bkk-nagoya..
    Transit cma 1 jam 40 mnt hehe , hal yg bisa sya lakukan dibndara kira2 apa saja ya mngingat wktunya singkat malam jga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbaa..
      wah itu bentar sih mba.
      sampe bangkok langsung aja mba transit ke penerbgan slanjutnya.

      Delete
  14. Salam Mba...ulasannya menarik sekali nih. Saya juga rencana mau pulang ke Indonesia naik Thai Airways, dari Vienna jadi rutenya Vienna-Bangkok-Jakarta. Nah saya mau tanya, kan mba tiketnya terusan, kog harus keluar imigrasi dulu mba?apakah gak ribet, bukannya bagasinya juga gak perlu diambil kalau tiketnya terusan?
    Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba....
      Salam kenal. wah keren mba ke Vienna..
      waktu itu saya transitnya malam hingga 12 jam mba.
      Awalnya saya juga bingung harus keluar migrasi dlu atau gak. Tapi mumpung dapat cap imigrasi thai, saya plih keluar migrasi. :D hhee
      Trnyata setelah kluar imigrasi, saya cek di bagasi, kopernya gak langsung. jadi saya ambil koper dan paginya check in lagi..
      Mungkin klo beli tiket terusan, bisa di make sure dan info di awal sama ptugasnya saat di counter minta baragnya sampe tujuan..

      Delete
  15. Krn saya tinggal di Eropa mba hehehe....jd pengen nyoba pakai Thai Airways,kata temen saya bagus. Gak susah ya mba klo nyari gate nya?saya agak parno juga,krn bakalan yg pertama kali lewat Bangkok, biasanya pake Emirates,Qatar ato Turkish 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. hao mba.. nyari gate nya gak susah kok mba, :D
      Cuma lumayan luas juga si tapi gak ribet menurut saya.
      Kalau ragu tinggal tanya saptam saja.

      Iya mba. pelayannya bagus kok.
      Paling suka makanan dan pakaian pramugarinya sampai gonta ganti baju daerah mereka.heehe.

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Kalau transitny 9 jam butuh visa transit gk sih di bangkok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. bangkok free visa untuk indonesia. jadi tidak perlu visa.

      Delete
  18. Halo kak aq mau ke Dubai tapi transit ke Bangkok 22 jam butuh visa transit gak mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu mba,,, indoneia free visa transit di bangkok.

      Delete
  19. Mbak mau tanya dong, untuk berbelanja di Bandara Suvarnabhumi apakah bisa menggunakan USD? Kalau bisa, nanti kembaliannya apakah menggunakan THB atau kembali tetap USD? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas farhan... waktu saya dibangkok saya tukar ke tbh dulu. jadi kurang tau juga bisa langsung usd atau gak...

      Delete
  20. Mbak saya selasa nanti flight cgk-del transit bkk 7jam. Bisa keluar gak mbak ya buat main di kota? Klo bisa objek wisata yg deket kemana aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.. bisa keluar.. tapi untuk main bisa ke pusat kota skitar 1 jam. saran saya jgan jauh2. usahakan 2-3 jam sebelum penerbangan sudah sampai lagi di airport.

      Delete
  21. Mba Efni, kalau transit di Shuvarnabhumi Bangkok 17 jam-an saya keluar airport lalu masuk lagi bawa koper/barang tambahan untuk di bagasi (bukan tentengan), gimana itu mba, boleh ga?

    ReplyDelete
  22. Mau nanya perlu visa transit gak? Penerbangan awal transit 1,2jam, penerbangan kedua transit 10,5jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba syifa,, Indonesia free visa Thailand. Jadi tidak perlu visa transit...

      Delete
  23. Halo mba..januari 2020 saya ke seoul transit bkk 6 jam, kira2 cukup ga ya utk mampir ke kota sebentar? Transit disana keluar atau tidak keluar bandara tetap harus melewati imigrasi ga ya? Oiya mau tanya 1 lagi, kalau layover 1 jam di taipei itu butuh visa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 jam di bangkok dari jam berapa sampe jam brapa? kalau 6 jam siang bsa kok. tpi klo malam ga ada yg bisa dilihat juga. boleh keluar imigrasi dan ga perlu visa. krena indonesia bebas visa di bangkok. kalau di taipei perlu daftar online visa kalau ga salah. kurang tau detailnya coba googling lagi aja yaa.

      Delete

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^