Explore Sumbar

Lubuak Tampuruang, Padang

21.14.00


Haloha~

Setelah sekian lama tidak hiking dan berpetualang, saya dan teman-teman kembali menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu air terjun kecil yang berada di perumahan belimbing, kuranji Padang. Nama tempat ini yaitu Lubuak Tampuruang (Lubuk Tempurung) karena bentuk kolamnya memang terlihat seperti tempurung.

Saya dan teman-teman sekitar ber-7 orang. Kami berangkat sekitar pukul 10.30. Perjalanan menuju lokasi kurang lebih sekitar 1 jam. Jalan yang ditempuh juga bagus dan bisa dilalui kendaraan roda 2 atau pun 4. Kami hanya membayar 3000/orang untuk biaya masuk. Setelah jembatan kecil, nanti kita akan mendapati jalan tanah. dan perjalanan berkendaraan pun berakhir disana. Kita bisa parkir di kedai atau rumah penduduk disana.

Setelahnya kita pun harus sedikit berjalan kurang lebih 500 meter menuju lokasi air terjun. Ada 2 jalur menuju lokasi air terjun, yaitu lewat atas dan lewat bawah. Saat pergi pun kami memilih jalur atas. sedekit mendaki dan jalan tanah, jadi hati-hati saat hujan karena lumayan licin. Sampai di atas kita disuguhi pemandangan yang indah, dan bisa melihat kota Padang walau tidak begitu jelas,

Di puncak

Pemandangan kota Padang
Setelah sampai puncak, kita pun akan langsung melihat air terjun yang dituju. Dan sedikit turun ke bawah. Di bawah sudah ada beberapa pondok dan tempat ganti baju. Karena kami pergi hari senin, jadi tempat benar-benar sepi dan tidak ada pengunjung lain selain kami. 

Jalan turun ke bawah menuju air terjun
Pondok-pondok atau Tempat berjualan
Setelah sampai di bawah, kamipun langsung ganti baju dan terjun ke air. Air nya sangat sejuk dan jernih. Dibagian lubuk dekat air terjun sangat dalam, diperkirakan sekitar 4-7 meter. Jadi kami yang tidak bisa berenang di kedalaman juga bisa main dan berenang dibagian yang dangkal tapi tetap bisa nyelam.




Dibawahnya juga masih terdapat air terjun kecil. Jadi sangat indah dan sangat pas untuk tempat mandi-mandi. Dan juga tidak perlu takut dengan kedalamanan air karena banyak tempat yang dangkal.

Air terjun tingkat bawah



Selama perjalanan kami diikuti seekor anjing. Kemungkinan anjing penduduk sana. Lucunya anjing ini sangat setia menemani kami selama disana. Kami pun memberi beberapa makanan, jadi seperti ada penjaga kecil yang menemani perjalanan kami.


Setelah puas main-main lebih kurang 2-3 jam, karena hujan turun kami pun pulang. Perjalanan pulang kami memilih lewat bawah. Jalannya lebih landai dari sebelumnya.  Si anjing penjaga pun setia mengikuti kami kembali menuju parkiran motor.



Sekian cerita singkat saya dan teman-teman di lubuak tampuruang.

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^