Malaysia Trip

Budget 3 Juta? Malaysia - Singapore - Thailand Itinerary

23.54.00

Tips Liburan Hemat Kuala Lumpur, Singapore, Thailand

11D10N - Kuala Lumpur, Singapore, Hatyaii | 2 November 2015 - 12 November 2015

Berawal dari ajakan seorang teman Florentia Farahrozi, (yang udah saya anggap seperti kaka sendiri dan kami punya hobi yang sama dengan kawaii Jepang), yang kebetulan ingin sekali ke Malaysia. Saat itu tengah malam, dan tanpa pikir panjang pake ilmu katak, apa yang keingat langsung lakuin, saya pun langsung meng-"iya"kan. Bukan karena tanpa pikir panjang juga, memang sudah sangat lama dari dulu pengen melancong ke negri tetangga ini. Apalagi kebetulan simama juga mengajak sebelumnya, mikir lagi daripada pergi bareng mama dan teman-teman beliau dengan tour guide, mending ala backpackeran (yang sudah sangat lama pengen banget) bareng teman, apalagi kebetulan seide dan bisa lebih mandiri.

Langsung aja tengah malam itu kami iseng cari tiket promo Air Asia, lagi jodoh atau ada angin jodoh, kami pun mendapati tiket dengan harga promo IDR450 PP tujuan Padang (BIM) - Kuala Lumpur (KLIA2) untuk 50 hari ke depan, 2 november 2015. Coba cek lagi yang lain, akhir Oktober pun harga juga terjangkau dengan IDR450 PP. Karena waktu dan harga yang cocok, malam itu kami langsung coba booking, dan mencari tau cara pembayaran. Karena kami gak ada Credit Card, jadilah nunggu hingga pagi agar bisa langsung bayar ngacir ke ATM. Ternyata harga pun berubah-ubah, karena seat yang disediakan terbatas. Saat bayar, karena terjadi kesalahan pengisian data, saya pun meng-cancel tiket yang harga IDR 450 PP, saat mau booking lagi, harga pun berubah dan naik jadi IDR650 PP. Karena udah niat dan mau bayar, kami pun akhirnya merelakan harga murah dan membayar dengan harga IDR 650 PP + bagasi 25kg berdua. Jadi total keseluruhan IDR 742 PP. Yahh, walau jadinya sedikit mahal, tapi sudah lebih lumayan dari harga tiket ke Jakarta. Jika lucky bisa dapat harga yang lebih murah. Bahkan iseng cek seminggu setelah pesan dapat harga PP IDR 350. Nyesek banget kan. Mangkanya setelah booking jangan cek cek lagi deh., :D

Tiket pun udah ditangan, kami semakin semangat merencakan perjalanan yang akan kami lakukan. Kami pun mengumpulkan berbagai info dari berbagai sumber, teman-teman grup BD, hingga baca blog-blog para travel blogger. Kami mencari tau tempat-tempat yang akan dikunjungi sesuai dengan budget. Karena kami melakukan perjalanan low budget, kami lebih banyak memilih tempat yang free dan menghemat duit untuk dana transport dan makan. Niat awal memang ke kuala lumpur doang, tapi karena harga tiket pulang tanggal 12 November yang murah, (lagi-lagi gak mikir panjang ambil perjalanan selama 11 hari), kami pun jadi mikir keras selama 11 hari mau kemana aja. Langsung saja kepikiran pengen ke Singapore, dan kak tia yang ingin ke kampusnya di UUM, Kedah, dekat dengan Thailand, Hatyaii, jadi kepikiran juga mau ke Hatyaii, Thailand. 

Bener-bener di luar prediksi, kami telah mengatur rencana perjalanan, niat ke Singapore cuma 1 hari, tapi karena mikir jauh-jauh kesana masa cuma 1 hari, kamipun mengambil pilihan untuk stay 2D1N. Kami mulai mencari informasi untuk hostel dan penginapan murah ala backpacker di Singapore. Karena singapore memang negara untuk tourist, kami pun menemukan banyak hostel murah di Singapore, dan jadi semakin bersemangat mencoba hostel ala backpacker-an ini, berharap bisa dapat kenalan dari berbagai negara, sepertinya menyenangkan.

Seminggu setelah booking tiket, saya dan kak tia pun membooking hostel di Singapore. Karena Singapore memang negara kunjungan tourist, jadi pastikan booking jauh-jauh hari untuk dapat hostel dorm backpackeran dengan harga murah. Saat itu kami booking melalui Agoda dengan menggunakan Credit Card salah seorang teman, dan jatuh pada pilihan Mori Hostel,  yang terletak di sekitaran Little India, stasiun Farrer Park. Dari baca review, tempatnya kecil tapi sangat homey, Kami pun bisa dapatkan dorm khusus cewek yang hanya berisi 6 orang, dengan harga yang lumayan murah dari yang lain, IDR 241 sudah termasuk pajak dan lain-lain.

Untuk hostel di Hatyaii, kami berencana langsung booking disana karena dapat info bisa dapat dengan harga lebih murah. Sedangkan untuk di Kuala Lumpur, kami masih ragu, karena jika pesan ditempat bisa dapat harga lebih murah dan tidak beda jauh. Kami pun akhirnya memutuskan pesan saat sudah di kuala lumpur saja,

Setelah semua pesanan siap, kami kembali memastikan rencana perjalanan, mencari tau transportasi yang digunakan, tips dan trick murah, dan info-info lain yang dirasa berguna. Kami juga bikin itinerary (jadwal perjalanan) lengkap dengan detail harga dan transportasi agar perjalanan kami bisa lancar dan tidak buang-buang waktu untuk nanya sana sini. Selain itu juga, saya pun mulai mikir keras buat dapatin dana perjalananan. Dengan bermodalkan duit tabungan, saya juga bekerja keras nyari duit tambahan, dan ngumpulin duit untuk 50 hari ke depan.

Akhirnya hari yang dinanti tiba. Dengan bermodal 1 ransel kecil (berat sampe 2kg) dan koper kabin 7kg (kelebihan 1 kg), kami pun siap berangkat pagi Senin, 2 november 2015 selama 11 hari 10 malam. Untuk itinerary perjalanan, di bawah saya lampirkan perjalanan yang telah kami lakukan beserta biaya yang saya keluarkan.

Tips Liburan Hemat Kuala Lumpur, Singapore, Thailand

KL - SG - HY Itinerary (Download): 

Itinerary Kuala lumpur, singapore, thailand
Itinerary kuala lumpur, singapore, thailand
Itinerary kuala lumpur, singapore, thailand
Itinerary kuala lumpur, singapore, thailand

Day 1 (Senin, 2 November 2015) : Bandara, KL Sentral, Pesan Tiket dll.
Day 4 (Kamis, 5 November 2015) : Kembali ke KL, UKM, Putrajaya, Menuju Hatyaii
Day 5 (Jumat, 6 November 2015) : Hatyaii, Tour  Songkhla, Culinary Thailand
Day 6 (Sabtu, 7 November 2015) : Hatyaii City, Lee Garden, Night Market
Day 7 (Minggu, 8 November 2015) : Hatyaii - UUM
Day 8 (Senin, 9 November 2015) : Berjaya Town Square, KL City Galery, Dataran Merdeka, KLCC
Day 9 (Selasa,  10 November 2015) : Petailing Jaya, Pasar seni, Bukit Bintang, Shopping
Day 10 (Rabu, 11 November 2015) : Colmar Tropical Resort, Kuliner Malam
Day 11 (Kamis, 12 November 2015) : Pulang

Masih banyak tempat yang belum terjelajahi, dan beberapa ada yang ke cancel juga seperti batu cave (karena lagi devapali - hari besar India) pastinya bakal rame banget. Genting Highland yang lagi renovasi, Icity - shah alam yang gak keburu waktu, Malaka, dan yang lainya. Next trip moga bisa ke tempat lainnya. :D

NB : Untuk detail itinerary bisa diperhatikan yang warna biru kebutuhan gak wajib. Jangan heran kalau saya kebanyakan jajan gak penting. hahaa. Niat hemat tapi selalu tergiur dengan cemilan~ Tapi bagi yang bener-bener hemat 3000k sangat cukup untuk perjalanan 3 negara~ :)

Coming Soon, detail perjalanan, stories, dan lain-lain,.. Feel free comment and ask~ See you~

Tips Liburan Hemat Kuala Lumpur, Singapore, Thailand

You Might Also Like

23 komentar

  1. Keren, informasinya sangat brmanfaat bgt bwt rekan2 yg mau jalan2 ala-ala dg low budget... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello~ salam kenal. :D
      thanks you ya udh main kesini,
      sama sama. senang bisa berbagi~
      kalau ada ragu bisa tanya silahkan,,. ^^

      Hapus
  2. Keren, informasinya sangat brmanfaat bgt bwt rekan2 yg mau jalan2 ala-ala dg low budget... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba rezka..

      terimakasih yaa..semoga bsa juga mba jalan sama teman temanya :D

      Hapus
  3. masyaAllah, seru ya keliatannya 11 hari ngebolang di 3 negara. budget nya juga lumayan hemat pula, bisa lah kapan2 sy coba ini itinerary nya hehe. btw salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba sherly.
      salam kenal. karena ini tahun 2015. mgkin skrag sudha lebih update infonya. smoga bsa ksampaian ya mba. :D

      Hapus
  4. tQ infonya..sangat membantu..karna sayapun akan melakukan perjalanan yang sama..bisa jafi referensi banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo.. terimakasih. sama sama.. sennag bisa membantu.

      Hapus
  5. Ini sangat membantu.. Sangat bermanfaat bangetttt. Bisa jadi acuan saya traveling di tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba.. senang bisa membantu. karena udah lewat bebrapa tahun, bisa juga baca info terbaru lainnya untuk update an ya mba.. :)

      Hapus
  6. WAh seru nya yah mbak, eksplore beberapa negara yang menyenangkan.

    BalasHapus
  7. Halo mba ,sy seneng bgt bsa nemu blog ini, sy ada rencana solo travelling ke singapore,malaysia dan thailand di akhir tahun ini, sy mo nanya kalo dari malaysia ke thailand transportasinya pake apa ya yg hemat budget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba.. salam kenal..Waktu itu saya ke thailand yg paling dkat perbatasan malaysia di Hatyai bisa naik bus atau kereta 8 jam dari kuala lumpur. lumyan murah. Kalau bangkok sebaiknya naik pesawat.

      Hapus
  8. Halo kak! Thank you uda sharing itinerary 3 destinasi ini ya! Rencana sih akhir tahun libur kuliah nge-bolang ke 3 negara ini, mungkin solo/with friend (masih nyari temennya nih).
    Kalau Scoot Airline itu lebih murah ga sih kenanya daripada AirAsia?
    Anyway, silahkan berkunjung juga ke blog saya ya kak :D

    www.felicialatte.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo felicia salam kenal. :D
      Semoga perjalananya lancar. Air asia dan scoot airlines sama sama penerbangan lcc. Bedanya air asia punya malaysia, scoot airlines punya si singapore. Fasilitas gak beda jauh sih. Tetap tambah bagasi. Coba bandingin aja sesuai waktunya dan destinasinya.

      Hapus
  9. Oh hai, thank u infonya but would u please help mu huhuhu ku ada rencana mau tour 3 negara low budget version tapi masih sangat awam makanya butuh bantuan mu, kalau berkenan untuk bantu (harus bantu!!!!) boleh hubungi aku di email febriyante13@gmail.com ya thank u anyway!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. iya sama sama..:) apa yang bisa dibantu ?
      Kalau mau tanya tanya silahkan bisa dm instagram saya juga ya.. ^_^

      Hapus
  10. mba, terima kasih infonya,salam kenal. saya sari dari bogor.
    insyaAllah informasi yg di sampaikan sangat bermanfaat bagi yg pny rencana backpacker juga. termasuk saya. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama.. senang bisa membantu. :)

      Hapus
    2. kak efni klo hunting tiket promo air asia di web yg mana ya

      Hapus
    3. kalau sekarang aku huntignya di aplikasi air asia dek..
      klo untuk pesawat lain bisa coba di aplikasi tiket dot com dan traveloka.

      Hapus
  11. terimakasih ya, informasinya sangat membantu :)

    BalasHapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^