Overseas Travel

MRT - LRT Singapore & STP

20.58.00

Lanjutan dari kisah sebelumnya KL-SG-THAI 11D10N

Day 2 | Selasa, 3 November 2015

MRT - LRT

Transportasi di Singapore
MRT
Setelah selesai dari Woodland Checkpoint pukul 10.00, kami sampai di Stasiun Kranji lebih kurang pukul 10.30. Tujuan kami selanjutnya yaitu menuju Mori Hostel, Little India, stasiun Farrer Park. Kami pun memilih menggunakan MRT karena jalur dan cara yang sangat efisien. Untuk bisa menggunakan transportasi umum Singapore MRT & LRT, bus selama kita traveling, kita bisa menggunakan 3 pilihan :
 1. EZ Link Card
 2. Standard Ticket
 3. Singapore Tourist Pass (STP)

Map MRT Singapore
Peta MRT (cek sini)

EZ-Link Card

Ez-Link Card ini adalah kartu  e-money yang bisa digunakan untuk naik LRT, MRT, bus, serta bisa digunakan untuk membayar dibeberapa outlet yang menyediakan EZ-Link. Kalau di Indonesia semacam BCA Flash, Brizzi, atau mandiri e-Troll Card. Caranya sama tinggal men-tap (menempelkan) kartu pada mesin mesin kartu. Kartu ini bisa di beli di stasiun-stasiun MRT (ticket office).

Untuk harga Ez-Link, jika kita membeli kartu seharga 12$, maka 7$ adalah saldo kartu kita, dan 5$ biaya yang dikeluarkan untuk kartu, dan tidak dapat dikembalikan. Kartu ini dapat disimpan, dan dipakai kembali ketika kembali ke Singapore selama 5 tahun. Kartu ini juga dapat diisi ulang (top up) di mesin-mesin tiket yang ada di Singapore.
MRT, LRT, STP Singapore
Mesin Tiket/Top up

Singapore Standard Ticket (STP)

Standard ticket ini juga bisa digunakan selama traveling di Singapore. Kita bisa dapatkan ticket ini di mesin-mesin ticket yang ada di Singapore. Caranya : tinggal sentuh layar GTM, pilih buy standard tiket, dan tentukan rute tujuan kita. Nanti mesin akan secara otomatis meng-kalkulasikan biaya perjalanan. Kita tinggal masukan duit, bisa berupa uang kertas atau koin, setelahnya kartu akan secara otomatis keluar, dan bisa digunakan.

Sama hal nya seperti EZ-Link, kartu ini juga bisa diisi ulang dan tinggal di tap di mesin-mesin tiket. Tapi dengan ketentuan 6x pemakaian selama 30 hari sejak pembelian tiket. Lebih dari itu kita harus beli tiket lagi.
Transportasi di Singapore
Transportasi di Singapore
Standard Tiket

Singapore Tourist Pass (STP)

Singapore Tourist Pass
Singapore Tourist Pass (STP)
STP adalah kartu yang didesign khusus untuk para tourist yang ingin mengunjungi Singapore selama 1-3 hari saja. Sama halnya dengan EZ-Link, kartu ini juga bisa digunakan untuk naik transportasi singapore (MRT, LRT dan bus) secara bebas. Jadi kita tinggal tap kartu. Tapi bedanya dengan ez-link, kartu ini hanya terbatas untuk transportasi saja, tidak bisa digunakan untuk pembayaran yang lain.

Untuk tarif STP, kita mengeluarkan deposit 10$ sebagai uang rental kartu, yang nantinya akan dikembalikan ketika kita mengembalikan kartu. Biaya STP sendiri diluar deposit (10$) yaitu : 10$ untuk 1 hari, 16$ untuk 2 hari, dan 20$ untuk 3 hari. Jadi misalkan kita akan stay selama 2 hari, maka untuk awal kita akan bayar sebesar 26$. 10$ untuk deposit, dan 16$ biaya yang digunakan sepuasnya selama berada di Singapore.

Jadi bagi yang hobi naik turun MRT, sangat disarankan untuk menggukan kartu ini tanpa perlu takut kehabisan saldo. Perlu diketahui, kartu ini tidak menggunakan batas 1x24jam. Jadi misalkan kita beli kartu pukul 4 sore, makan tetap dihitung 1 hari. Jadi sangat disarankan dibeli jika kita memulai perjalanan 1-2 hari penuh.

Untuk bisa beli STP tidak bisa di semua stasiun MRT dan hanya ada dibeberapa tempat. (Bisa cek disini)

Karena kami dari Stasiun Kranji, cara menuju stasiun Farrer Park pun sangat mudah. Tinggal naik MRT jalur merah tujuan Marina South Pier, transit di Dobi Dhout, kemudian pindah jalur ungu tujuan Punggol. Tapi sebelum menuju Hostel, terlebih dahulu kami membeli STP untuk memulai transportasi kami selama 2 hari di Singapore.Karena tempat terdekat kami untuk mebeli STP adalah stasiun Orchard, kami pun singgah ke Orhard terlebih dahulu untuk membeli kartu ini. Untuk mencapai orchard, kami menggunakan standard ticket dan membayar sebesar 2.6$ tujuan Orchard Station.
Tempat Pembelian STP di Singapore
Ticket Office - Orchard Rd
Setelah sampai di Orchard, kami langsung menuju ticket office, dan membeli STP 2 hari sebesar 26$, (deposit 10$, 2 day pass 16$). Setelah dapat STP, kami pun langsung menuju Mori Hostel, yang terletak di dekat stasiun Farrer Park.
Stasiun di Singapore
Stasiun Kranji
Transportasi di Singapore

Next Page ~ Mori Hostel Singapore

You Might Also Like

13 komentar

  1. Lanjutannya belum dibuat ya sis? keren nih ceritanya.. bisa buat sy belajar kalo nanti mo ke sing-KL.
    Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks gan udah mampir. :D udah gan. dah ada kelanjutan yg ini. bisa cek label world Backpacking / singapore trip / malaysia trp yaa gan,... Postingan lain masih proses dan segara nyusul :)
      terimakasihhh~

      Hapus
  2. aku mau tanya dong. kalo mau balikin stp nya setelah pemakaian, itu dibalikin di changi bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo... untuk pengembalian stp bisaa dimana saja yang ada counter tiketnya. changi biasanya ada. jadi bisa.

      Hapus
  3. Cara utk top up standard tiket itu gimana ya? Di top up sejumlah 5 sgd ato kita milih route nya dulu baru dibayar sejumlah utk route tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas victor.
      untuk top up bisa dibantu petugas disana. atau masukin kartu dan uang sejumlah yg ingin di top up. untuk lokasi nanti tinggal tap pada pintu masuk lrt.

      Hapus
  4. Makasih mbak. Berarti standar tiket kalo dah di top up bisa dipakai seperti ezlink? Tinggal tap di pintu masuk ya? Bisa dipake 3 hari ya, tapi 6x pemakaian saja, gitu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar..tapi standr tiket cuma berlaku 1 miggu kalau gak salah..jadi pakai secukupnya saja.

      Hapus
  5. Mbak, kalo naik bis di singapura, bisa cash bayar pake dollar kertas juga? Misal berlima kan bayarnya bisa ditotal 5 orang gitu?

    BalasHapus
  6. Dr kranji ke safari river naik apa ya.., maaf nnya ,:)

    BalasHapus
  7. Halo mas adi..
    ke safari rifer bisa naik mrt kok. :)

    BalasHapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^