Domestic Travel

Padang (BIM) - Kuala Lumpur (KLIA2)

18.07.00

Itinerary dan Jadwal perjalanan bisa cek postingan sebelumnya KL-SG-THAI 11D10D Itinerary.
Bandara International Minangkabau
Bandara International Minangkabau (BIM)

Days 1 | 2 November 2015

Jadi setelah penantian 50 hari usah membeli tiket pesawat ke Kuala Lumpur dadakan, sampailah dihari saya berangkat dan memulai perjalanan ala backapackeran bersama teman saya Florentia. Penerbangan pagi pukul 8.30 WIB dan saya sampai di Bandara International Minangkabau (BIM) pukul 7.20 WIB. Ini kali ke dua saya melakukan penerbangan menuju Kuala Lumpur. Sebelumnya saya ke kuala lumpur untuk transit perjalanan menuju Jepang pada tahun 2012. Walau perjalanan sama, tapi beberapa info dan perkembangan terbaru tetap mesti di upgrade lagi karena banyak yang berubah.

Setelah sampai di bandara, saya dan teman saya (kami janjian di bandara) sama-sama masuk untuk check in. Karena saya sudah self checkin dan cetak boarding pass sendiri, bisa langsung ke atas tanpa perlu melakukan check in lagi, begitu pun yang self check in via mobile, Tapi karena kak tia checkin via mobile, kami yang juga ragu tetap menuju konter Air Asia untuk verifikasi check in boarding pass kami. Kita gak ada ambil bagasi, cuma nenteng koper 7 kg (kelebihan jadi 8kg) untungnya gak ditimbang, jadi setelah verifikasi data gak sampe 3 menit ataupun ngantri, bisa langsung ke atas menuju migrasi dan keberangkatan.

Sebelumnya saya berangkat ke kuala lumpur tahun 2012, masih dikenakan biaya airport tax di bandara Interbational Minangkabau sebesar IDR 100.000 untuk penerbangan International, dan IDR 30.000 untuk dalam negeri. Udah setahun gak ada perjalanan naik pesawat ternyata udah gak ada lagi bayar-bayar airport tax di BIM, syukurlah, jadi ngurangi pengeluaran juga.

Lepas migrasi, cap paspor, langsung menuju ruang tunggu keberangkatan. Jadi lamanya disini, cek barang mesti ngantri dan kagetnya ternyata lumayan panjang karena ada rombongan study tour. Pastikan biar proses cepat, kita udah buka semua logam dan atribut yang gelantungan dibadan seperti tas, hape, dan lain-lain biar proses gak lama untuk di scan. Setelah ngantri beberapa menit, duduk sebentar, dan setelahnya pukul 08.00 kami langsung menuju pesawat dan siap melakukan penerbangan. Kebetulan proses cepat pesawat kami lepas landas 5 menit lebih cepat dari jadwal yang ditentukan pada pukul 8.30 WIB.

Kuala Lumpur International Airport (KLIA2)

Gak nyampe 1 jam, pukul 10.15 waktu malaysia (cepat 1 jam) kami sudah sampai di kuala lumpur (KLIA2). Agak kaget karena sebelumnya tahun 2012 saya masih mendarat di LCCT, kirain LCCT berubah drastis, karena masih ingat saya jalan jauh kayak ditepi tepi gudang nenteng tas ke atas. Tapi kali ini untuk semua penerbangan International sudah di pindahkan ke KLIA2. Pastinya bandara KLIA2 lebih bagus dan lebih luas dari LCCT dan gak perlu jalan di luar. Tinggal seret koper di dalam, ikutin panah, dan langsung sampai migrasi. Proses di migrasi juga cepat, gak banyak tanya, tinggal tunjuki pasport, tiket PP, dan beres.  Pukul 10.30 pun kami sudah kelar, karena gak ada bagasi juga, jadi langsung menuju keluar serta mencari informasi untuk transportasi menuju destinasi selanjutnya.
 Bandara International Minangkabau
Penerbangan International BIM
Masuk Migrasi
KLIA 2

Bandara KLIA2 sangat luas. Di dalam banyak terdapat tempat makan, pertokoan dan lain-lain. Saya yang baru pertama kali mendarat disini lumayan bingung mencari jalan keluar. Pastinya tinggal ikutin panah, tapi jalan keluar lumayan jauh. Kira-kira bagi orang awam yang baru kesini mayan habisin waktu 20 menit untuk sampe di luar. Tepat saja, pukul 11.00 saya sampai di pintu keluar. Sebelum benar-benar keluar, seperti orang bingung dan benar-benar bingung mau melakukan apa, kamipun mencari informasi untuk transportasi yang kami butuhkan. Saat itu kami mau langsung menuju puduraya untuk beli tiket bus ke Hatyaii, Thailand. Kami juga mengambil beberapa peta tourist Malaysia dan Kuala Lumpur di pusat informasi.

KLIA 2KLIA 2
KLIA2 Map

NZ Curry House (Indian Food)

Restoran di KLIA 2
NZ Curry House
Mungkin karena mulai lapar jadi makin kebingunan, saya dan kak tia mulai mencari tempat makan, sekaligus mengatur kembali rencana hari ini. Di pojokan menuju pintu keluar kami menemukan foodcourt India, NZ Curry House dan memutusakan makan disini sebelum melakukan perjalanan selanjutnya.
Nasi Ayam Masala 9.5RM
Di setiap pojok terdapat pilihan makanan dan minumal yang diinginkan. Kita tinggal pilih mau menu nasi apa, ayam apa, dan sayuran apa. Pilihan saya jatuh pada nasi ayam masala, karena warna dan bentuknya menggiurkan. Harga makanan juga gak begitu mahal. Uniknya di kuala lumpur, gak seperti di Indonesia, harga di bandara gak beda jauh dengan harga ditempat-tempat umum lainnya. Kirain seperti di Indonesia, makan di bandara mahal, gak taunya saat makan disin, udah kenyang banget saya cuma kena 9.5RM dan minum 2RM. Makanan juga enak dan saya jadi jatuh cinta dengan masakan India. Jadi bagi yang mau makan India, recomended banget makan disini dengan harga yang terjangkau dan makanan yang lezat di KLIA2.

Jadi untuk rencana awal hari ini, selepas dari bandara kami menuju puduraya, pesat tiket bus menuju Hatyaii tanggal 5 malam PP, ke KL sentral titip barang, pesan tiket kereta Senandung sutera menuju Johor Baru, singapore PP, konfirmasi Hotel, dan melengkapi segala keperluan untuk perjalanan.

Star Shuttle

Setelah selesai makan, pukul 12.00 kami mulai mencari konter bus menuju puduraya. Untuk konter bus ada di dekat pintu keluar dan semua konter sama. Kita tinggal kasih tau tujuan kemana, dan nanti akan ada pilihan bus serta biaya yang harus dikeluarkan.  Untuk menuju puduraya kami naik bus Star shuttle dengan harga 10RM. Bagi yang ingin ke KL sentral juga tinggal pergi ke konter, kasih tau tujuan dan nanti akan ada pilihan bus yang akan dinaiki dan bisa langsung naik di depan Departure Hall KLIA2. Ternyata telat beberapa menit, kami dapati jadwal bus berikutnya pukul 12.45. Jadi kembali nunggu beberapa menit lagi untuk perjalanan selanjutnya.

Shuttle Bus di KLIA2
Bus star Shuttle depan Departure Hall

Lanjut ke halaman berikutnya~