Thought

Cara Melatih Mindfulness Agar Tetap Positif dan Langkah Lebih Tenang

9:08:00 PM

 Melatih mindfulness

Halo semuanya, apa kabar?

Tentunya masih tetap semangat dunk ya walaupun masih dalam masa pendemi Covid hingga sekarang ini. Jujur sih aku udah kangen banget mau traveling, dan beraktivitas normal seperti dahulu lagi lihat kondisi sekarang rasanya masih was-was kalau ketempat yang ramai. Apalagi angka Covid di Jakarta dan Indonesia masih gak turun-turun. Mulai cemas keadaan ini apa masih berlangsung lebih lama atau bisa berakhir dengan segera. Pastinya kita sama-sama sangat berharap semuanya bisa taat aturan mematuhi protokol yang berlaku agar kita bisa bersama-sama menikmati hari yang normal seperti sedia kala.

Ditengah kecemasan yang melanda kita semua, pas banget 2 hari lalu aku mengikuti fun talk bersama #AyoMajuBersama @homecredit dan mas @adjiesantosoputro dengan topik mindfulness. Mungkin ada yang belum tau apa sih itu mindfulness? 

Jadi disini mas Adjie menjelaskan Mindfulness adalah dimana kita harus sadar diri dan  memahami kondisi kedaan kita saat ini. Jangan sampai diri kita disini tapi pikiran kita berada dimasa lalu atau melayang kemasa depan. Saat bahas ini pas banget dunk pembahasannya langsung mengena diaku. Mungkin aku gak terlalu ada trauma masa lalu, tapi kebiasaan pikiran aku suka banget melayang kemasa depan. Terlalu banyak angan-angan pengen ini itu, atau bayangin hal-hal kedepanya. Kalau pikiran positif mungkin baik agar diri kita bisa lebih termotivasi mencapai keinginan kita. Tapi kalau sampai hal ini menimbulkan kecemasan, stres dan takut, nah ini yang tidak baik yaa.

Dengan kondisi pendemi sekarang dan banyaknya kecemasan yang melanda, peran Mindfulness ini sangat perlu agar kita bisa selalu berpikir positif untuk kedepannya dan langkah kita jadi lebih tenang. Keuntungan dengan kita melatih mindfulness, apabila kecemasan datang dan menyebabkan ketidaktenangan, kita bisa berdamai dengan rasa cemas dan meningkatkan imunitas tubuh.

Mindfulness sendiri bisa dipelajari secara otodidak dengan banyak membaca buku atau mengikuti seminar-seminar tentang mindfulness. Tapi beberapa diantara yang dijelaskan mas Adjie, mindfulness bisa dilakukan dengan beberapa tips seperti :

  1. Challenge diri untuk tetap selalu berkarya dan produktif. Dimulai dari hal-hal yang disuka seperti memasak, berkebun, design, membaca buku atau kegiatan-kegiatan lainnya yang positif. Bisa juga dengan freelance berjualan online shop, atau open order masakan buat nambah-nambah pemasukan. Ini akan sangat membantu diri kita untuk mengurangi pikiran-pikiran yang bikin cemas.
  2. Hilangkan trauma sehingga tidak membuat diri kita cemas dengan cara tidak termakan asumsi dan terpaku pada masa lalu.
  3. Berdamai dengan cemas. Caranya kita harus cari tau dulu apa hal yang membuat kita cemas. Bisa jadi misalnya ketidakpastian atau keinginan memastikan sesuatu yang tidak pasti. Jadi kita harus belajar mengurangi untuk memastikan hal yang tidak pasti.
  4. Tenangkan diri dengan menarik nafas dalam-dalam dan berlatih untuk mengosongkan pikiran. Tidak hanya dimasa pendemi, tapi ini sangat berguna untuk situasi lainnya. Terkadang kita marah pada kenyataan dimasa pendemi, dimana semua yang kita rencanakan tidak sesuai kenyataan. Banyak yang gagal dan tidak terlaksana. Walaupun begitu, tetaplah bertindak tenang. Ingatkan kembali diri kita bahwa kecemasan itu hanyalah pikiran dan belum tentu benar.

Dengan kita berlatih mindfulness, dan menyadari akan kedaan diri sendiri, jadi saat mengetahui diri kita dalam keadaan marah, hal ini sangat membantu kita dalam meredam emosi. Yang penting bagaimana agar kita tetap tenang dalam kecemasan, dan pikiran kita harus sinkron dengan perasaan.

Susah sih memang, dan dari sini aku juga belajar banyak untuk berlatif mindfulness ini dengan menyibukkan diri dan selalu produktif seperti belajar masak disaat WFH, ikut seminar-seminar atau baca buku-buku yang belum sempat dibaca untuk menambah wawasan. Semoga teman-teman semua juga tetap selalu positif dan selalu tenang yaaa.😀

You Might Also Like

18 komentar

  1. Kalau mindfulness ini diterapkan, bukan tidak mungkin orang2 sekitar kita terhindar dari rasa cemas yg berlebihan dan tentu nya bisa memberikan ketenangan pikiran ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas... benar sekalii.. semoga kita semua bisa menerapkan mindfulness agar langkah kita lebih tenang yaa.

      Delete
  2. Waaa thank you for sharing Ka. Banyak banget ya ilmu yang didapat dari IG Live Home Credit dengan Mas Adjie. Aku pengen ikutan juga IG Live Home Credit nanti. Kira kira siapa lagi ya bintang tamunya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mas benar banget. semoga next bisa ikutan lagi.. hehe bisa pantengin ig nya homecredit sepertinya ada.

      Delete
  3. Jadi lebih tenang ya setelah tau kuncinya dari mas Adjie ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba benar banget. Jadi tau kuncinya biar lebih tenang..

      Delete
  4. Untuk kehidupan yang tertata, mindfulness adalah salah satu solusi. Tips dari Mas Adjie wajib diaplikasikan dalam keseharian. Seru dan bermanfaat banget Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba benar banget. Semoga kita selalu bisa terapkan mindfulness dan berpikir lebih tenang yaa mba. :)

      Delete
  5. Harus terus belajar untuk menerapkan Mindfulness dalam kehidupan. Situasi kaya sekarang ini emang bikin orang cemas. Setidaknya kalau kita bisa latih Sadari Napas itu bisa bikin kita lebih tenang. Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba benar banget. apalagi situasi sekarang gampang banget cemas ga menentu. semoga kita sama sama bisa menerapkan mindfulness ya mba.

      Delete
  6. Penting banget untuk melatih diri agar tetap tenang, terutama di situasi serba tidak pasti sekarang ini. Jadi pengen membiasakan diri untuk sadar nafas nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba sama.aku juga selalu berusaha melatih diri.semangat ya mba.

      Delete
  7. Mindfulness sungguh bermanfaat utk hidup kita ya Kak. Semoga kita bisa menerapkannya setiap hari yaa Kak, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Aku juga berusaha banget buat bisa nerapin. Semngt mba.

      Delete
  8. sedang dilatih terus nih mba, 5-10 menit sebelu tidur, nunggu anak nyenyak dulu supaya bisa fokus dan tenang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Aku juga berlatih terus biar bisa nerapin dalam khidupan sehari-hari. Semangat yaa mba. :)

      Delete

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^