Culinary

Makanan Yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Thailand

10.30.00

wisata thailand

Kalau dengar kata Thailand yang terpikir pertama kali dibenak saya yaitu Kulineran. Gimana tidak, ketika banyak yang bilang kulineran di Thailand ekstrim atau horor seperti ada makan ular, lipan dan sebagainya. Percaya dan nggak percaya awalnya saya rada ngeri dan nggak begitu percaya gitu aja. Tapi rasa penasaran tentu saja tidak akan terjawab kalau kita tidak mengalaminya langsung. Walau pengalaman saya ke Thailand baru sampai perbatasan di Hatyaii antara Malaysia dan Thailand, tapi saya jadi sedikit bisa merasakan susana khas Thailand. Tapi tetap saja Bangkok masih menjadi destinasi wajib yang ingin saya kunjungi.

Jadi selama berada 2 hari di Hatyaii, saya berburu kulineran Thailand yang nggak boleh dilewatkan. Jadi banyak yang nanya apa ada makanan yang Halal? Tentu saja jawabannya ada, dan bisa dibilang Thailand juga sudah ramah muslim, jadi kita pun tidak kesulitan lagi mendapatkan makanan Halal di Thailand. Ketika pengalaman saya di Hatyaii, makanan halal juga bisa didapat dengan melihat penjual muslim yang mengenakan kerudung. Tapi jika pun tidak, masih banyak makanan lain yang bisa dicicipi. Sebut saja beberapa makanan khas Thailand yang paling terkenal yaitu Tomyam, Padthai dan juga manggo Stick Rice. Walau saya selama di Indonesia pernah mencicipi beberapa makanan diatas, ketika coba langsung dinegri asalnya memang sangat enak dan lezat sekali.

1. Tomyam

Berupa sup asal Thailand dengan variasi isinya bisa berupa daging ayam, atau seafood. Kuahnya berupa kuah pedas tapi dengan rasa yang segar karena ada campuran serai dan jeruk nipis. Kalau makanan di Padang saya sekilas jadi teringat asam pedas, tapi masih sangat jauh berbeda dengan tomyam.

Ketika itu di Hatyaii, saya coba makan Tomyam seafood disalah satu restoran halal. Dengan 1 porsi yang cukup besar sangat enak dinikmati siang hari bersama-sama dengan teman apalagi kalau cuaca dingin. Tapi dinikmati saat panas dan malam hari juga sangat nikmat.

makanan thailand tomyam

2. Padthai

Makanan seperti kwetiaw goreng ini juga menjadi salah satu makanan khas Thailand yang sangat lezat. Awal dengar kata padthai yaitu ketika itu menjadi salah satu makanan favorit salah seorang tokoh dalam serial drama Thailand. Jadi ketika berada di Hatyaii, Thailand saya penasaran untuk coba menu padthai ini. Ketika coba rasanya seperti kwetiau goreng di Indonesia, dengan ukuran mie yang lebih kecil-kecil. Rasanya sangat gurih, pedas dan manis tapi juga segar dengan campuran telur, udang, irisan tahu dan juga sayuran berupa lobak dan toge. Jadilah saya ikutan suka dengan padthai dan berharap bisa makan lagi di negri asalnya.

makanan thailand padthai

3. Manggo Stick Rice

Selain tomyam dan padthai, salah satu makanan Thailand yang wajib dicoba yaitu manggo stick rice. Makanan dessert khas Thailand dengan campuran ketan dan mangga Thailand. Biasanya juga ditambah denga susu kental manis atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Paling suka dari manggo stick rice ini yaitu cobain mangga khas Thailand yang sangat manis dan lembut. Lihat ibu-ibu yang kupas mangganya, biji mangganya sangat kecil dan sangat padat dengan daging mangga yang manis.

makanan thailand manggo stick rice

Pastinya selain 3 makanan di atas, masih sangat banyak makanan khas Thailand lainnya yang wajib dicoba. ~

You Might Also Like

8 komentar

  1. di antara semua makanan thailand yang terkenal entah kenapa aku lebih penasaran sama mango stick rice, kayaknya enak banget itu..

    BalasHapus
  2. tom yam memang salah satu makanan thailand yang sangat terkenal, rasanyapun enak..

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya, semoga sukses selalu dan Silahkan Kunjungi website kami ^^
    Obat Herbal Pemfigoid Bulosa

    BalasHapus
  4. Kalo diantara yang diatas, yang belum di coba Tomyam sih.
    Hehe jadi kepingin kesana lagi, mungkin lain kali hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. iya mba. kalau ke thailand wajib cobain tomyam sih mba menurutku. hehe

      Hapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^