Japan

Perkampungan Jepang Inuyama, Aichi Prefecture

11.43.00

Haloha~

Masih dalam rangka saat saya stay di Nagoya, ketika itu saya diajak teman-teman Jepang untuk mengunjungi salah satu castle dan perkampungan Jepang yang terkenal di Aichi Prefecture yaitu Inuyama. Selain Nagoya Castle, Inuyama-jyou juga sangat terkenal selain adanya castle, juga ada perkampungan Jepang sehingga kita bisa merasakan suasana traditional Jepang seperti yang ada di Kyoto. Rasanya belum sampai di Jepang kalau belum mengunjungi salah satu perkampungan yang ada di Jepang.

Inuyama-jyou terleat dikawasan Aichi Prefecture, jika kita naik kereta dari Nagoya Stasiun, kita cukup beli tiket kereta langsung sepaket sampai masuk Inuyama sekitar lebih kurang 1340Yen. Selain itu kita juga dapat peta dan booklet tentang inuyama serta voucher makan yang bisa di tukar dikawasan perkampungan Jepang. Kita menaiki jalur meitetsu line, dan sampai pada stasiun terakhir di Inuyama tinggal turun dan jalan menuju kawasan Inuyama.

Cara Menuju Inuyama Castle, Aichi refecture

Dari stasiun Inuyama lebih kurang kita berjalan sekitar 15 menit. Kita bisa jalan terlebih dahulu ke arah Inuyama-jyou (Castle) dengan jalur yang melewati tepi sungai yang sangat mirip seperti di film-film Jepang. Lokasinya tepat berada diatas puncak bukit kecil. Walau suasana musim panas, dengan cahaya matahari yang cukup kuat, berjalan sepanjang jalan cukup panas, sehingga alangkah baiknya menggunakan topi atau payung. Tapi setelah dekat kawasan mendaki bukitnya sudah lumayan adem karena sekeliling ada pohon dan semakin segar dengan suasana air sungai yang mengalir.

Perjalanan Menuju Inuyama Castle, Aichi refecture
Perjalanan menuju Inuyama Castle, Aichi refecture
Inuyama Castle, Aichi refecture

Sesampainya dipintu masuk, kita sudah langsung dihadang dengan suasana castle dan perkampungan Jepang. Jadi saya dan teman-teman terlebih dahulu menuju castle. Seperti pada umumnya castle di Jepang, sebelum masuk terlebih dahulu diminta agar cuci tangan dan berdoa. Hehe. Karena saya muslim, jadi saya hanya cuci tangan saja. Setelah itu kami langsung naik ke atas menuju castle.

Hal yang harus dilakukan Inuyama Castle, Aichi refecture
Akses Inuyama Castle, Aichi refecture

Perjalanan menuju castle juga melewati beberapa mon (gerbang) seperti di Fushimi Inari Taisha. Kami menyempatkan diri untuk foto dan selfi-selfie bersama. Karena sudah ambil paket di Nagoya Stasiun, jadi kita hanya mengeluarkan kupon masuk yang sudah kita dapatkan.

Suasana Inuyama Castle, Aichi refecture
Inuyama Castle, Aichi refecture

Setiap penyerahan tiket, kita bisa dapat stempel yang bisa dikumpulkan tanda kita sudah mengunjungi lokasi tersebut. Kita menyempatkan foto bersama dengan berlatar inuyama castle. Kita juga foto bersama dengan penjaga castle yang berpakaian traditional Jepang pada masa dahulunya.

Suasananya sangat kental dengan nuansa traditional. Untuk memasuki castle, juga terdapat beberapa persyaratan seperti kita harus melepas sepatu. Karena selain lantai yang licin, juga menjaga kebersihan castle.

Sebelum Masuk Kita Buka Sepatu Terlebih Dahulu
Biasanya para pengunjung akan menuju puncak castle. Selain bisa menyaksikan pemandangan dari atas castle, pada bagian puncaknya juga masih terdapat deretan barang-barang peninggalan sejarah. Karena pengunjung yang ramai dan tangga castle yang bisa dibilang sangat kecil dan licin, jadi kita beneran mesti sangat berhati-hati untuk naik dan turun tangga.

Sampai dipuncak, holaaa pemandangannya sangat cantik sekali. Kita bisa menyaksikan sungai ala Jepang serta suasana perumahan dan perkampungan ala Jepang. Karena puncak yang kecil, kita bisa keliling memutari puncak sehingga bisa menyaksikan pemandangan sekeliling. Karena beranda yang kecil dan licin, lagi-lagi kita mesti sangat berhati-hati disini.

Setelah itu kita keliling di dalam castle dan foto-foto sekitaran castle. Suasana didalamnya tidak begitu jauh beda dengan castle castle traditional lainnya. Selain itu, tempat yang wajib dikunjungi yaitu perkampungan Inuyama.

Inuyama Castle, Aichi refecture

Sekitar kawasan ini banyak terdapat pertokoan dan tempat makan. Sepanjang jalan kita akan menemukan berbagai aneka jajanan dan kulineran khas Jepang. Pada saat pembelian tiket, disini sudah terdapat beberapa voucher tiket yang bisa ditukar dengan makanan dengan harga yang lebih hemat. Tentu saja kita tidak melewatkan kesempatan untuk coba berbagai jananan disini.

A post shared by ♕ efni nelasari ♕ (@aimizumizu) on

Saat perjalanan diperkampungan Inuyama, disini juga terdapat rumah ninja. Jadi para pengunjung bisa mencoba alat alat yang biasa digunakan ninja untuk bela diri salah satunya seperti shuriken ini. Wah jadi ingat Naruto, dan ini juga bisa lihat shuriken asli dengan jelas dan memprakteknnya.

Suasana di rumah Ninja dan Foto Bersama Ninja
Beberapa jajanan ringat dan makanan traditional yang bisa diicipi disini. Karena saking banyaknya, ini beberapa makanan favorit yang saat itu saya dan teman-temannya. Disini juga terdapat foodcourtdengan berbagai menu traditional Jepang. Dengan kisaran harga rata-rata seitar 500 - 1000 yen.

Food Court Inuyama Castle, Aichi refecture
Sashimi Inuyama Castle, Aichi refecture
Berbagai Menu Sashimi
Kroket
Strawberry and Matcha Softcream
Inuyama Castle, Aichi refecture
Caramel Kakigori (Es Serut Jepang)
Selesai makan kita bisa jalan-jalan sekitaran menyaksikan perumahan ala Jepang. Karena kawasan disini sudah dikhususkan untuk wisata, kita juga bisa masuk ke rumah warga. Ini salah satu rumah yang saat itu saya dan teman-teman masuki. Karena sudah kebanyakan jalan, jadi kita istirahat disini sejanak.

Lebih kurang sekitar pukul 5 sore, saya dan teman-teman kembali ke Nagoya. Dan perjalanan kami hari ini sangat menyenangkan. See you. ~