Domestic Travel

1 Day Trip Purwakarta

10.06.00

Holaaa~

Kembali lagi dengan postingan mengenai liburan dan travel, saya mau share sedikit cerita 2 bulan lalu saat ikut bersam teman 1 day trip ke Purwakarta. Kalau di Jakarta bosan liburan ke mall, dan malas macet ke Bandung, Purwakarta juga bisa jadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Walaupun saya sering ke Purwakarta dalam rangka kunjungan bistrip ke pabrik, tapi pertama kalinya saya bisa berkunjung ke purwakarta dalam kunjungi wisata dan eksplore Purwakarta.

Jika kalian punya waktu cuma 1 hari, gak perlu khawatir. Karena dalam 1 hari kita sudah bisa menikmati berbagai destinasi menarik di Purwakarta lho. Selain bisa menikmati suasana alam dan perbukitan, kita juga bisa wisata kuliner, mengunjungi berbagai macam museum dan yang tak ketinggalan menyaksikan pertunjukan Air Mancur Sribaduga yang terkenal di Purwakarta.

Purwakarta juga tidak begitu jauh dari Jakarta, dan bisa jadi pilihan menarik, selain Bandung yang selalu ramai dan padat dengan wisatawan.

1. Bukit Panenjoen

Berangkat pukul 7 dari Jakarta dengan mobil pribadi, sekitar 3 jam perjalanan karena rada macet, akhirnya sekitar pukul 10 kita sampai pada destinasi pertama - Bukit Panenjoen. Untuk akses dan jalur sendiri saya juga tidak begitu hapal karena baru pertama kali, tapi jika ragu, dengan kecangihan google maps, kita bisa ikutin maps dan bisa tanya penduduk sekitar jika ragu.

Tempat wisata menarik di purwakarta
Seperti Maribaya yang hits dengan suasana foto dari atas bukit, disini juga terdapat view foto yang gak kalah hits dan instagramabel yang bisa dijadiin koleksi foto kamu di instagram. Saat sampai lokasi, kita cukup berjalan sekitar 5 menit, dan sampailah pada lokasi yang banyak dijadiin tempat foto. Dihubungkan dengan jalan dari bambu, dengan berbagai latar foto.

2. Sate Maranggi

Setelah dari bukit panenjoen, sekitar pukul 12.00 siang kami cari makan siang. Tidak boleh dilewatkan jika ke Purwakarta coba makanan khas sini yaitu sate Maranggi. Ini juga pertama kali saya coba satenya. Sangat beda dengan sate Padang, rasanya manis dengan kecap, tapi juga ada cabe terpisah seperti cabe bawang jika ingin lebih pedas.

Tapi karena terlalu manis, saya tidak begitu minat. Apa karena lidah Padang yang pedas kali ya. Heheh. Disekitaran sate maranggi juga ada danau atau waduk, yang juga bagus buat spot foto-foto.

3. Bale Penyawanga Diorama Purwakarta

Setelah dari sate maranggi, kami melanjutkan perjalanan menuju museum yang terkenal di purwakarta, Bale Penyawanga Diorama Purwakarta. Di dalam sini dikenalkan segala macam budaya yang ada di Indonesia dan khususnya budaya sunda. Masuknya sangat free dan bisa jadi pilihan untuk wisata juga bersama anak-anak mengenal budaya Indonesia.
Untuk lebih lengkapnya bisa cek video saya dibawah ya.

4. Museum Bale Indung

Museum yang mengenalkan tentang makna pentingnya seorang ibu. Disini juga diperlihatkan proses ibu mengandung, dan berbagai macam permainan rakyat yang bisa dimainkan anak-anak. Selain menyaksikan, kita juga bisa bermain disini.

5. Taman Pancawarna

Tidak jauh dari museum, kita bisa duduk santai di taman pancawarna. Disini ada rumah traditional Purwakarta dan juga juga bisa menyaksikan air mancur yang ada di depannya yang juga sangat bagus dinikmati. Disekitaran sini juga banyak terdapat jajanan daerah menggiurkan. Sangat cocok untuk duduk santai di sore hari.

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Setelah itu, dari magrib menjelang malam, kita bisa menuju taman air mancur sri baduga, yang sangat terkenal di Purwakarta. Taman air Mancur terbesar, yang katanya salah satu pertunjukan Air Mancur yang terbesar di Asia. Pertunjukannya ada setiap beberapa jam. Ketika itu kami sampai jam 6.30, orang-orang sudah ramai duduk di lokasi. Setelah menunggu beberapa lama, pertunjukan baru dimulai sekitar pukul 19.30.

Taman Air Mancur Srib Baduga Saat Sunset
Setelah menyaksikan, sedikit kecewa dengan lokasinya kejauahan dari tempat duduk, serta pilihan musiknya yang kurang begitu greget dan atraksi air mancur yang menoton tidak begitu banyak variasi. Tapi cukup kagum dengan air mancurnya yang cukup luas dan besar.

Taman air mancur terkenal di purwakarta

Sepanjang lokasi ini, juga banyak terdapat jajanan lokal yang menggiurkan. Seperti pasar malam, juga ada parade dan pertunjukan daerah lainnya. Berada disini jadi bisa merasakan suasana budaya purwakarta yang masih kental dengan adat dan budayanya, dan bisa jadi pilihan menarik jika ingin berlibur disekitaran Jakarta.

Transportasi

Untuk pilihan transportasi, selain kendaraan pribadi, jika juga bisa naik kereta. Stationnya akan langsung sampai dekat dengan taman air Mancur sribaduga. Jika ingin kesana kemari memang sebaiknya datang dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil.

Jadi bagaimana pendapat kalian yang sudah coba berlibur kesini?