Malaysia Trip

Pemesanan Tiket Bus & Kereta di Malaysia

00.21.00

Lanjutan dari kisah KL-SG-THAI 11D10N 

Day 1| Senin, 2 November 2015

Terminal Bus Puduraya

Setelah bus datang, tepat pukul 12.45 dari KLIA2 bus pun jalan menuju Puduraya. Pukul 14.00  kami sampai di Puduraya dan hujan pun turun. Kami pun langsung mencari terminal bus Puduraya. Sampai di terminal, kami hanya dapati tempat sudah kosong dan sepi. Dapat kabar ternyata semua terminal bus di pindahkan ke Terminal Bersepadu Selatan, dekat stasiun Bandar Tasik Selatan. Dan itu baru berlaku sejak 1 Novembero 2015, sehari sebelum kedatangan kami. Sudahlah disambut hujan, dan tempatnya pindah. Sedihhhh bro. tapi dibawa hepi aja. Walau sempat kebingungan, tak mengurangi semangat kami langsung mencari cara menuju Bandar Tasik Selatan. :D
Transportasi Kuala Lumpur
Terminal Bus Lama, Puduraya


MRT Kuala Lumpur


Pastinya yang paling penting malam ini ke KL sentral beli tiket kereta menuju Johor Baru. Dari terminal Puduraya kami jalan menuju stasiun pasar seni. Kemudian naik MRT 1RM menuju KL Sentral. Untuk naik MRT kita bisa beli tiket sendiri di mesin tiket, dan nanti akan dapat token yang digunakan untuk masuk dan keluar pintu stasiun.
Map MRT Kuala Lumpur
Map MRT Kuala Lumpur
Cara pesan tiket MRT Kuala Lumpur
Mesin Ticket MRT


KL Sentral

KL Sentral atau Kuala Lumpur Sentral merupakan pusat segala transportasi yang ada di Kuala Lumpur. Disini juga terdapat banyak pertokoan, mall, dan juga tempat penitipan barang. Disini juga disediakan tempat sholat, dan tempat mandi bagi yang ingin mandi.

Loker Penitipan KL Sentral

Sesampai di KL sentral, langsung titip barang. Loker penitipan barang ini ada diujung pojok bawah eskalator dekat tandas (toilet). Disekitar juga ada ruang sholat dan kamar mandi. Jadi bagi yang ada niat mandi di KL sentral lokasi juga gak jauh-jauh dari sini. Pilihan loker mulai dari 5RM, 10RM, 20RM dst sesuai ukuran. Karena kami berdua, jadi kami pilih loker ukuran 10RM dan muat 2 koper ukuran kabin.
Penitipan Barang Di Kuala Lumpur
Loker Pnitipan Barang di KL Sentral


KTMB - Senandung Sutera


Konter tiket kereta di kuala lumpur
Konter Ticket KTM Antar Daerah
Setelah titip barang kami menuju konter tiket kereta Senandung sutera menuju Johor Baru, Singapore. Ternyata sampe sana antrian sangat panjang dan ramai. Kami ambil nomor antrian dan mulai mengantri menunggu nomor antrial di panggil. Karena nyawa hari ini tergantung tiket kereta malam ini, (bisa naik bus juga si tapi 4 jam dan siap-siap keganggu waktu tidur) kami pun dengan bersabar antri dan berdoa semoga masih ada bangku, atau sleeper gerbong untuk bisa tiduran malam ini. 

Awalnya milih Senandung sutera karena kereta ini berangkat malam pukul 11 dan bisa sampai pagi pukul 6 di Johor Baru. Jadi waktu yang lama bisa dipakai untuk tidur dan menghemat penginapan malam. Dikereta ini juga disediakan gerbong untuk para penumpang bisa tidur dengan harga yang raltif murah sekitar 39RM. Karena dapat info seperti itu, kami pun tertatrik memilih kereta untuk perjalanan malam menuju Johor baru. Tapi kereta ini gak hanya ke Johor Baru kuq. Bisa juga ke Hatyaii dan daerah-daerah lain di Malaysia.

Bener-bener diluar dugaan ternyata peminatnya sangat ramai. Bahkan ada yang sudah membeli tiket untuk beberapa hari ke depan. Pemesanan tiket pun sebenarnya bisa online melalu web KTMB (bisa cek disini). Tapi karena gak ada Credit Card dan lagi lagi gak ada waktu dan susah merepotkan teman, kami pun merelakan tiket untuk beli hari H saja, Benar saja, setelah antri lebih kurang 1 jam, kami pun memesan tiket kereta malam ini ke Johor Baru dan kehabisan gerbong sleeper. Jadi kami dapat gerbong duduk biasa yang masih banyak kosong dengan harga 33RM.

Senandung Sutera Kuala Lumpur
Kereta malam duduk
Kereta Kuala lumpur - Singapore
Gerbong Duduk


Terminal Bersepadu Selatan (TBS)


Setelah dapat tiket kereta Senandung sutera, kami beranjak menuju Terminal Bersepadu Selatan (TBS) untuk beli tiket bus menuju Hatyaii Thailand. Jadi biar tenangan dikit kami selesaikan semua tiket meniket hari ini jadi perjalanan ke depanya lebih lancar. Menuju TBS naik KTM seharga 1RM kurang lebih 30 menit kami sampai di TBS. Dari Bandar Tasik Selatan tinggal jalan ikutin panah dan langsung sampai di TBS. Jalan dan jarak memang lebih efisien di TBS daripada di Puduraya.

Terminal Bus Kuala Lumpur
Jalan dari stasiun BTS ke TBS
Sampai di TBS saya sempat takjub sama terminal ini. Terminal bus tapi dah kayak bandara penerbangan. Terminalnya juga dilengkapi toko-toko, tempat makan dan berbagai fasilitas. Juga ada gate menuju keberangkatan bus dan loket pembelian tiket. Jadi sistemnya sama, tinggal antri di loket mana aja, tentukan tujuan, nanti akan muncul berbagai pilihan bus, harga, dan waktu keberangkatan. Sempat was was mikir kalau nyampe terminal subuh bakalan serem. Gak taunya disini nyaman banget dan selalu ramai sampai sepanjang malam. Arah dan petunjuk juga sangat membantu sehingga gak perlu pusing dan ribet sama sekali.

Terminal Bus Bersepadu Selatan
Terminal Bus Kuala Lumpur
SuasanaTBS dan loket pembelian tiket bus
Transportasi Kuala Lumpur

Karena lumayan ramai, antri sebentar kami akhirnya dapat tiket dari KL-TBS menuju Hatyaii seharga 60RM naik alisan. Kelebihan alisan karena di bus dilengkapi colokan. Kami yang miskin listrik dengan selisih harga 5RM jadi lebih milih alisan untuk perjalanan menuju Hatyaii selama 8 jam. Untuk baliknya, kami ambil keberangkatan dari UUM Changlon ke KL-TBS seharga 49.40RM naik Etika. Jadi pilih dari Changlon karena teman saya kak tia mau singgah dulu di kampusnya yang lama UUM, Kedah. Jadi dari Hatyaii ke Kedah kita bisa naik Van.

SimCard Malaysia

Setelah urusan tiket meniket selesai, sekitar pukul 18.00 kami kembali menuju KL sentral karena keberangkatan menuju JB malam ini dari KL Sentral. Sesampainya di KL sentral hal penting lainnya yang kami persiapkan yaitu beli SimCard untuk Internetan. Lumayan 10 Hari bakal berkelana, dan di KL lebih kurang 6 hari, kami pun mutar-mutar KL cari kartu net. Banyak pilihan mulai dari Celcome, DiGi ,Maxis, U Mobile, dll. Sempat bingung mana yang bagus dan baca review juga banyak yang saranin Digi atau Maxis, Hotlink. Dapat info kalau harga kartu DiGi sekitar 20-26 RM. Setelah mutar-mutar kami sampai di konter DiGi tapi karena lagi terkendala koneksi, dan harga 26RM tapi untuk internet 10 hari tetap beli pulsa lagi, kami pun coba beralih cari yang lain. Coba cek ricek konter hotlink, dan malas buang buang waktu mutar mutar akhirnya jatuh pilihan pada Hotlink.

Kami dapati harga kartu 41RM. Di dalamnya udah terdapat pulsa 26RM, aktifasi internet 7 hari 10RM, dan harga beli kartu 5RM. Tapi pastikan saat beli kartu kalian cek pulsa dan kuota setelah aktivasi yaa. Karena si penjual ngomong sangat cepat, saya juga sampe bingung dan linglung pusing dengan apa yang dibilang. Walau katanya di dalam ada pulsa, pas kami cek ternyata cuma ada pulsa 5RM. Jadi sekali lagi saat beli kartu pastikan dulu sebelum pergi.

Selama pakai Hotlink saya cukup puas, signal bagus dibeberapa daerah. Bahkan perjalanan selama ke JB dan ke Hatyaii, sampai Danuk juga masih lancar. Kalau di Malaysia nya hotlink, dikita ini kartu As nya, jadi Maxis itu Telkomsel, kira-kira begitu yaaa. Tapi jika perjalanan hanya 2-3 hari tidak begitu disarankan beli Simcard karena dibeberapa area seperti tempat makan sudah banyak yang menyediakan layanan wifi gratis.

Untuk cek pulsa dan kuota tinggal tekan *100#.  Tambahan lagi, jika mau nelpon ke Indonesia, cukup tekan 1320062(nomor telpon) dan bisa nelpon murah ke Indonesia. Ngobrol 4 menit cuma kena sekitar 1RM. Bahkan sampai pulang pun pulsa saya masih sisa sekitar 8rm. Sayang banget.~ (Malah promosi. :D nah lho gak ada maksud.)

Mcd Malaysia

Setelah selesai beli kartu, kami beralih mencari tempat makan di KL sentral. Banyak pilihan dan ternyata harga makan disini lumayan. Karena lihat McD dan tergiur dengan paket 2 aya, 1 Cola dan kentang, akhirnya pilihan kami jatuh kepada McD. Setelah pesan makanan, saat makan kembali atur rencana perjalanan dan ingat-ingat lagi apa yang harus dilakukan. Dan bener saja. Kami melupakan hal penting yang menyebalkan. Udah capek-capek ngantri saat beli tiket Senandung sutera, ternyata kami lupa beli tiket kembali, Hahaha~ Sempat sedikit cek cok dan panik, tapi lagi-lagi kembali dibawa hepi.

Mcd Kuala Lumpur
Paket McD, 2 Ayam, Kentang, dan Mnum

Sudah hampir menunjukan pukul 20.00. Kami segera makan dan ngacir menuju konter tiket Senandung sutera untuk antri lagi beli tiket balik ke KL. Sampai di KTMB ternyata seat bali untuk tanggal 3 tujuan JB-KL Sentral udah kosong. Wah. Mau gak mau harus balik naik bus. Kalau naik bus terpaksa balik lagi ke TBS beli tiket bus balik dari JB ke KL. Gak ada pilihan kami langsung ligtas ngejar waktu untuk balik lagi ke TBS. Perjuangan~ Sesuatu banget hari ini. Kebingungan seharian, apa karena efek Jetlag yang gak nyampe 1 jam di Pesawat? (ngasal), atau karena masih butuh adaptasi hal baru, kami sampe kebingungan dan lupa hal penting. Tapi gak patah semangat, waktu yang masih tersisa 2 jam langsung kami kejar menuju TBS.

Kembali ke TBS, akhirnya dapat tiket bus. Sebenarnya perjalanan ke TBS sangat cepat gak nyampe 30 menit. Tapi yang lama nunggu kereta, jalan ke terminal, antri tiket, dan lain lain. Setelah sampai langsung jalan cepat menuju loker tiket. Antri lagi ditambah antrian di depan ada masalah jadi lebih lama. Setelah tiket bus balik dapat, waktu udah hampir menunjukan 21.30. kami langsung kejar-kejaran balik ke KL sentral karena kereta malam ini berangkat pukul 22.30. Tetap tenang dan fokus akhirnya kami sampai di KL sentral pukul 22.00. Langsung ambil koper titipan, dan ngacir ke gate keberangkatan, Fiuhhhh~

Tepat pukul 22.30 kereta datang dan kami berangkat menuju Johor Baru, menuju Singapore dengan kereta Senandung Sutera.~

Transportasi Kuala Lumpur
Selfie dulu ditengah kepanikan lupa beli tiket balik JB-KL :D

You Might Also Like

9 komentar

  1. Untuk tiket bus, singapur ke kl ada langsung g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak.. untuk tiket bus dari Singapore ke KL ada yang langsung. Tapi biaya lebih mahal. Untuk hematnya biasa banyak yang naik dari johor baru dulu di terminal larkin,. :)

      Hapus
  2. Apakah boleh saya membeli tiket di counter untuk keberangkatan 3 hari ke depan?

    BalasHapus
  3. Loker penitipan 10RM untuk 24jam saja atau boleh lebih dari itu??thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo..loker penitipanya untuk 24 jam..kalau mau lama bug bisa tambah biaya lagi.

      Hapus
  4. Mba, kalau beli tiket bus on the spot TBS ke Johor rawan kehabisan gak ya? Terus kalau beli online apa tiketnya open? Mksdnya bisa dipakai jam berapapun gitu gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo salam kenal,
      kalau di johor on the spot bayak kok pilihan bus nya. jadi gak usah cemas kehbisan si. tapi biar bsa dapat jdwal yg pas saran sin emang bagusnya beli dulu hari lainnya atau online. bisa jam berapun kok.:)

      Hapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^