Airlines Review

Flight with Thai Airways

01.12.00

A photo posted by ♕ efni nelasari ♕ (@aimizumizu) on

Assalamualaikum...

Lanjut kisah perjalanan saya menuju Nagoya-Jepang yang penuh lika-liku. :D

Jadi ini pertama kalinya saya terbang dengan Thai Airways. Saya memberanikan diri coba penerbangan baru bagi saya yang full service selain Garuda Indonesia. Awalnya sih rada parnoan karena ketika coba tanya teman dan searching gak begitu banyak yang coba penerbangan dengan Thai Airways bahkan banyak yang gak tau. Apalagi ketika saya coba searching, beberapa minggu sebelumnya ada kasus Thai Airways yang mengalami turbelensi hingga beberapa barang berserakan. >.<

Saya berangkat dari Singapore menuju Nagoya dan transit di Suvarnabhumi Bangkok Thailand. Banyak yang nanya, kenapa saya repot-repot ke Singapore dulu dan transit di Bangkok padahal saya dari Padang mesti ke Jakarta dulu lalu Singapore. Naik Garuda juga bisa 1x penerbangan dari Jakarta dan dari Kuala Lumpur bisa. >,<

Jadi sekali lagi saya curcol ini. Karena penerbangan saya harus sampai di bandara Chuubu Central Nagoya, ternyata dari Jakarta pun naik Garuda tetap transit dulu di Tokyo. Jadi dari pada transitnya di Tokyo, saya cari alternatif lain yang bisa transit di negara lain. Iseng-iseng nambah cap di paspor emang tanggal keberangkatan saya saat itu Garuda lagi mahal banget. Hiks

Setelah bongkar-bongkar tiket penerbangan, untuk bisa sampai di Nagoya rata-rata emang perlu transit. Dari Jakarta pilihanya bisa ke Hongkong, Taipei, Bangkok dan Philiphine. Kebetulan saat itu lagi liburan golden week di Jepang dan libur panjang di Indonesia, rata-rata tiket penerbangan pada mahal semua. Bahkan Air Asia dengan penerbangan Low Cost nya yang notabene nya mayan hemat, saat itu pun juga mahal. ;( 

Dan nemulah Thai Airways yang full service. Walau juga termasuk penerbangan mahal, dan saya juga dapat tiket kemahalan, tapi setelah saya hitung-hitung dengan penerbangan lainnya yang full service, ini pilihan penerbangan paling hemat dan nyaman yang saya temukan pada waktu itu. Dengan sedikit berat hati rada boros saya coba ikhlas moga ada rejeki lainnya yang datang.

Changi Airport Singapore - Suvarnabhumi Bangkok Thailand

Saya pilih penerbangan dari Singapore yang saat itu selisih harganya sampai 1 jutaan lebih. Jadi biar hemat saya naik Air Asia menuju Singapore yang saat itu lagi hemat cuma 500rb an sudah lengkap dengan bagasi. 

Dari Singapore ke Bangkok gak sampe berjam jam. Berangkat malam sekitar pukul 20.30 dari Singapore dan sampai sekitar pukul 21.30 waktu Bangkok yang lebih lambat 1 jam dari Singapore. Untuk pengalaman selama di Suvarnabhumi Bangkok silahkan cek pada postingan terpisah saya ya.

Setelah ngalay-ngalay beberapa jam transit di Changi Airport, saya pun akhirnya berangkat menju Bangkok. Saya berangkat dengan pesawat Boeing 777-300. Paling suka di Thai Airways warna kursi nya warna warni dengan dominan warna ungu, pink dan kuning. Kebetulan dapat seat 49B, berharapnya sih dapat di pojokan. Setiap seat dilengkapi dengan layar mini, bantal dan selimut.
Thai airways Sin - BKK
Thai airways Sin - BKK
Suasana dan seat Thai Airways
Setelah lepas landas, dengan sangat ramah dan senyum pramugari nawarin minuman dan makanan ringan, setelahnya lanjut dengan menu makanan hidangan utama. Mungkin saat penerbangan itu saya sendiri satu-satunya yang memakai jilbab. Karena rata-rata saya liat isinya kebanyakan turis asing dan warga Thailand.
fasilitas thaiairways
Fasilitas Thai Airways
Saat check in sebelumnya saya request menu Halal Meal dan saya langsung jadi yang pertama dapat makanan karena reqeust menu khusus. Nasi kari yang enak banget, dengan dessert nya custard pudding, lalu salad, dan roti.
thai airways halal meal
thai airways halal meal
Thai Airways Halal Meal
Setiap beberapa menit, pramugarinya bakal lewat dan nawarin minuman. Kita boleh request minuman apa aja dan mau berapa aja. Agar tetap segar dan gak bisa minum soda,  saya selalu request banyak air mineral dan jus.

Setelah lebih kurang 2 jam penerbangan, saya pun landing dengan mulus di Suvarnabhumi Bangkok Thailand. Transit dan lanjut penerbangan selanjutnya menuju Nagoya - Japan.

Suvarnabhumi Bangkok - Chubu Central Kokusai Kuukou Nagoya

Setelah ngalay-ngalay 12 jam di Bangkok Thailand, akhirnya saya melanjutkan perjalanan masih dengan Thai Airways menuju Nagoya Japan.

Berangkat dari Bangkok sekitar pukul 10.30 waktu Bangkok. Masih fasilitas yang sama dengan pesawat sebelumnya, penerbangan dari Bangkok -Nagoya saya dapat bagian seat setingkat lebih luas dari sebelumnya dengan Boeing 787-8.


Suasana dan seat Thai Airways Bangkok - Nagoya
Emang beda terbang dengan kelas penerbangan full service. Semua staff dan kru Thai Airways sangat elegan hingga ke busana mereka. Yang cowok pakai jass dan cakep-cakep. Yang ceweknya juga cantik banget dengan berbagai baju dengan nuansa Thailand. Kalau diperhatiin sih, pramugarinya sampai ganti kostum yang beda saat lepas landas dan landing. Wahh~

Masih dengat menu Halal Meal, kali ini saya kembali dapat makanan melayu yang juga gak kalah enak dari sebelumnya. Nasi kuning dengan daging kuah kare dan roti canai. Lagi-lagi paling suka desertnya custard pudding yang melting banget dilidah. >,<

Thai airways meal saladThai airways meal dessert
Thai Airways Meal Bangkok - Nangoya
Perjalanan menuju Nagoya ini didominasi warga Jepang. Rata-rata bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah berumur. Saya sebelahan dengan ibu-ibu dan cewek yang cukup muda. Gak banyak omong si tapi mereka cukup ramah dan sesekali kita ngobrol. Gak begitu nemu cewek berjilbab dan orang Indonesia saya merasa asing sendiri dan berasa paling muda. :D

Saking seringnya pramugarinya nawarin minuman dan cemilan, saya jadi gak bisa tidur karena emang gak mau ketinggalan dengan berbagai minuman dan cemilan yang ditawari. Sekitar 5 jam penerbangan, saya pun sampai dengan selamat di Nagoya Jepang. Alhamdulillah keparnoan saya gak terjadi. 
Thai airways toilet
Toilet yang cantik dan wangi
Bahkan saya dapat rejeki lain disini ketika bagasi saya yang sebelumnya retak menuju Singapore, hingga Bangkok malah rodanya jadi copot sebelah. Sampai Bangkok saya pun langsung claim bagasi. Bersyukur saya gak jadi pilih transit 1 jam karena dengan kejadian bagasi saya yang rusak, saya jadi ada waktu buat claim.

Claim Kerusakan Bagasi Thai Airways

Thai airways bagage
Kerusakan suitcase di Bangkok, Karena sistem perjalanan bagasi yang akan terhempas, disaranin untuk transit di Bangkok menggunakan suitcase yang cukup kuat. 

Jadi saat bagasi saya yang sebelumnya retak di Singapore, sampai Bangkok malah rodanya copot. Saya pun langsung menuju kantor Thai Airways untuk melaporkan kerusakan bagasi saya. Saat itu saya diberi surat keterangan yang menyatakan bagasi saya rusak, dan saya harus tunjukan surat kerusakan saya di Thair Airways Jepang saat sampai di Jepang nanti.

Setelah sampai di Nagoya, Jepang, setelah ambil bagasi saya langsung menanyakan kantor Thai Airwayas Jepang di bandara, tapi saat itu saya tidak menemukan dan menuju pusat informasi. Di pusat informasi, petugas langsung menghubungi pegawai Thai Airways yang masih bekerja sama dengan JAL Jepang.

Setelah dijelaskan oleh dipusat informasi tentang kerusakan bagasi/suitcase saya, petugas JAL datang dan langsung membawa blangko pengisian data untuk proses claim asuransi. Setelah mengisi data dan meminta alamat, lalu dikasih alamat pos, setelah sampai dilokasi tempat tinggal saya di Jepang, saya disuruh untuk kirim suitcase saya yang rusak ke alamat yang dituliskan untuk diperbaiki.

Saya langsung kirim suitcase saya beberpa hari setelah sampai di Jepang. Tapi dengan kondisi roda yang copot, akhirnya sipetugas menawarkan untuk penggantian bagasi baru. Saya dikasih beberapa pamflet dan silahkan pilih koper yang saya inginkan. Woaaa alangkah senang dan kagetnya, karena suitcase yang ditawarkan lebih bagus, kuat dan kokoh dari punya saya yang rusak. 

Punya saya yang rusak cuma suitcase biasa seharga 500k aja. Karena semua sama bagusnya, sempat galau pilih warna dan model, akhirnya pilihan saya jatuh pada pilihan hardcover warna silver seharga 28000 yen. Malah diganti dengan harga hampir 6x lipat. Gak sampai seminggu suitcase baru yang lebih kokoh dan bagus mendarat dengan selamat dikamar saya. Waahhh jadi ini yang namanya rejeki anak sabar. hehhe Alhamdulillah. :D
thai airways suitcase
Suitcase baru yang diganti Thai Airways - JAL Japan
Karena kerusakan di 2 penerbangan dan 2 asuransi, saya juga claim di Air Asia dan alhamdulillah juga dapat. Gak sia-sia ternyata kesialan saya dapat penerbangan mahal. Ternyata rencana Tuhan memang lebih indah untuk hamba-hambanya yang ikhlas dan sabar. 

Untuk claim bagasi Air Asia saya akan update lagi nantinya. :)

Next moga bisa terbang lagi dengan Thai Airways.

You Might Also Like

24 komentar

  1. njir males gue lu bikin laper tengah malam. pengen juga naik thai airlines ckck.. isnyaallah semoga ya Allah segera!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... ciusss makanan dan dessertnya enakkk banget..

      Hapus
  2. makanannya memang terlihat enak, beda dari yang lain ya..

    BalasHapus
  3. Halo kak.
    Waktu ke Nagoya naik Thai Airways itu dapat harga berapa tiketnya?
    Saya juga rencana mau ke Nagoya bulan Maret 2017 tapi masih ngumpulin informasi nih. Berhubung bakal jadi pertama kalinya ke Jepang juga, jadi belum tau.

    Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak. waktu itu saya bergkatnya saat liburan golden week dan baru beli tiket seminggu seblum brgkat. jadi dapat harga sekitar 5jt an. kalau book jauh hari dan hari biasa atau ada promo mgkin bisa lebih murah mbak. :)

      Hapus
  4. mbak mau tny.. itu cara bisa klaim bagasi rusak di Thai air, berarti pas booking tiketnya harus pakai tambahan biaya utk flight insurance dari Thai air atau otomatis sudah ada insurancenya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak mawar.. untuk thai airways sudah otomatis ada insurance nya mbak. kalau ragu, pas bayar tiket pastikan saja keterangan ada insurance nya apa gak, tapi untuk penerbangan full service biasanya sudah include insurance. Untuk klaim bagasi rusak, saat dibandara dimana bagasinya rusak langsung lapor ke kantor thai airways nya, nanti ada isi data, trus ikutin aja selanjutnya yg diperintahin sama petugasnya mbak.

      Hapus
  5. mba mau tanya , itu pas transit di bangkok perlu ambil bagasi trus check in lg atau ntar bagasinya langsung ambil pas sampai di jepang ya? saya bingung dengan sistem transit , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mbak.. kalau itu tergantung penerbanganya mbak. Kalau connecting flight dan waktu transitnya bntr biasa gak perlu ambil bagasi lagi. bisa dikonfrmasi diawal saat check in penerbganya. Tapi klo beda penerbgan biasa mesti checkin ulang. Atau waktu transit lama jga bsa checkin ulang,.

      Hapus
  6. hai mba, waktu pembayaran dengan thai airways boleh tahu dengan apa? karena aku ud coba berbagai credit card aku rejected smua padahal dengan maskapai lain ga masalah. mohon infonya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba fransiska.
      Ketika itu saya melakukan pembayaran dan pemesanan melalui nusatrip.
      Semoga infonya membantu.

      Hapus
  7. hai mba, mau tny dong, dlm wkt dkt ini sy akan ke newzealand, awalnya mau pke garuda, tp tiba2 pihak kantor merubah dgn thai airways atau malaysia airlens, aduh agak parno jg larna blm pernah pke thai airways dan malaysia airlens, apa mbak pernah pke malaysia airlens? lebih baik mana ya? oia sy jg bawa 2 anak, usia 2,5thn dan 5 bln, apa harus booked seat dlu yg ada box baby nya atau mereka sdh menentukan, thanks info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba,, terimakasih sudah berkunjung..
      Thai airways dan malaysia airlines sama sama penerbangan full service mba. Sejauh ini saya naik thai cukup puas karna pelayanan ramah dan makananya enak. Sayang sekali saya belum pernah naik malaysia airlines. Tapi dari bberapa info teman saya yg pernah naik, malysia airlines bagus jga mba.
      Semoga infonya mmbatntu ya mba. :)

      Hapus
  8. misi mba, aku mau tanyaa. kalau transit di thailand apakah kita perlu punya visa thailand juga kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba kethy..
      salam kenal.
      Bagi pemegang paspor indonesia, bebas visa di Thailand.
      Jadi kita tidak perlu ngurus visa. :)
      Kalau waktu transit lama juga bisa eksplore thailand.

      Hapus
  9. Halo mba, bagus bgt reviewnya.
    Mau tanya, mba pake koper ukuran brp inch? Polo 24 inch bisa? Apa malah 20 inch aja ya?
    Makasiii.. :)

    BalasHapus
  10. terimakasih mba info nya,aku mau nanya di thai airways disediakan untuk charger hp tidak ya? insyaallah mau berangkat menggunakan thai airways bulan ini hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba . bisa mba. ada colokan usb di layar depan kursi.
      semoga perjalanan lancar ya mba. :)

      Hapus
  11. Hello sis, mau nanya, kalau di airport bangkok tu (transit) bisa keluar x? Sy transit 5jam.mula ingat mau amik transit 1jam tapi takut ketinggalan second flight.jadi diambil yg transit 5jam.cuma x banyak info apa boleh kita keluar atau tidak. Mekasih ya.salam dari malaysia ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo sis.. salam kenal. boleh keluar kok sis.. perkirakan aja waktunya cukup atau gak klo mau main..

      Hapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^