Japan Travel

Pengurusan Paspor dan E-paspor dengan Antrian Online

10.20.00


Pasport manual dan e-pasport
Kiri : Paspor Manual, Kanan : E-Paspor
Halooo all..
Sesuai dengan tema, saya mau cerita sedikit pengalaman untuk pengurusan paspor yang sekarang jadi lebih mudah karena adanya aplikasi antrian paspor online. Kebetulan karena paspor saya habis pada bulan September ini, jadi saya perlu perpanjangan. Untuk masa berlaku paspor sebaiknya diurus 6 bulan sebelum masa berlaku benaran habis. Karena 6 bulan sebelum habis, paspor kita sudah tidak berlaku lagi.
Tapi sebelum mengurus paspor, karena saat sekarang sudah ada pilihan paspor biasa dan e-paspor, bagusnya pilih yang mana ya? Dan apa sih yang membedakan paspor biasa dan e-paspor?
1. Paspor Manual
Paspor manual adalah yang biasa kita temui dengan jumlah halaman ada 48 halaman atau 24 halaman yang bisa kita gunakan dimana saja dan masih secara manual. Untuk harga pengurusan paspor biasa ini masih sama sekitar 355K.
2. Paspor Elektronik (E-Paspor)
Sedangnya e-paspor atau electronic paspor, paspor yang sudah dilengkapi chip di dalam paspor sendiri, yang mana data-data pemegang paspor lebih akurat dan tidak bisa dipalsukan. Sehingga memudahkan bagi negara-negara berkembang untuk mengizinkan kita bisa masuk ke negaranya. Salah satunya Jepang, yang telah memberlakukan bebas visa, bagi para pemegang e-paspor.
E-paspor sendiri di Indonesia telah berlaku sejak tahun 2013. Untuk harga pengurusan e-paspor sendiri lebih mahal yaitu sekitar 655K.
Jika ada yang nanya bagusan pilih paspor biasa atau e-paspor?
Kalau menurut saya, mau e-paspor atau paspor manual sama-sama fungsinya sebagai syarat masuk ke negara orang. Kembali lagi ke kita, sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Karena saat sekarang yang saya tau salah satu keuntungan e-paspor bisa dapat free visa ke Jepang, serta memudahkan kita dapat visa kunjungan ke negara lain, saya lebih milih e-paspor.
Kembali lagi sesuai kebutuhan. Apa kita bakal sering bolak balik Jepang? Karena dengan e-paspor, kita dapat free bisa Jepang yang bisa berlaku selama 3 tahun dengan masa kunjungan paling lama 15 hari. Jadi bagi yang ada rencana travel dan kunjungan ke Jepang tidak lebih dari 15 hari, disaranin bisa menggunakan e-paspor.
Tapi selain e-paspor pun, Jepang sudah memudahkan warga Indonesia untuk bisa mengunjungi Jepang dengan mengurus visa manual di kedutaan dengan biaya sekitar 350rb. Tapi kalau bakal sering bolak balik Jepang dan ribet, e-paspor memang salah satu jalan yang lebih santai dan mudah. Kalau dihitung-hitung juga dengan e-paspor untuk kunjungan ke Jepang jadi lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan biaya lagi untuk pengurusan paspor. Bagi yang sudah memiliki pasport manual, juga bisa diajukan untuk pergantian ke e-paspor dengan sangat mudah.
Kalau dulu untuk urus paspor harus pakai antrian manual dengan datang pagi-pagi buat ambil nomor antrian atau menggunakan calo, berlaku sejak July ini sudah ada antrian paspor online, baik berupa aplikasi android, website imigrasi ataupun whatsapp, sehingga bisa memudahkan kita untuk mengurus paspor dalam waktu yang lebih singkat.
Untuk booking online melalui whatsapp, pemohon  mengirimkan pesan dengan format, #Nama#Tangal Lahir#Tanggal Kedatangan dan kirim ke nomor whatsapp masing-masing imigrasi yang ingin didatangi. Beberapa nomor whatsapp masing-masing imigrasi di Jakarta yaitu :
1. Imigrasi Jakarta Pusat : 081299004406
2. Imigrasi Jakarta Selatan : 081381710123

Antrian Paspor Online dengan Aplikasi Android

Ketika itu saya coba antrian paspor online dengan aplikasi antrian di android. Caranya :
  1. Tinggal cari di playstore "antrian paspor online", maka akan langsung keluar aplikasinya dan tinggal download.
    Aplikasi antrian pasport online
    Download Aplikasi di Android
  2. Sign Up. Isi data sesuai data asli dan konfirmasi melalui email.
  3. Setelah itu kita bisa login. Dan menentukan lokasi imigrasi terdekat untuk pengurusan paspor. Karena lokasi saya dekat Jakarta Selatan, saya memilih imigrasi kelas 1 Jakarta Selatan.Aplikasi antrian pasport onlineLokasi pengurusan pasport layanan online di Jakarta
  4. Setelah menentukan lokasi, kita tinggal pilih jadwal sesuai kebutuhan. Disaranin jika ingin booking tanggal, dilakukan jauh-jauh hari lebih kurang seminggu sebelum schedule yang diinginkan karena jumlah kuota yang terbatas dan banyaknya yang booking.
    Aplikasi Antrian Pasport Online
    Cek Jadwal
  5. Setelah menentukan booking, maka bisa cek bagian jadwal. Dan kita bisa langsung dapat jadwal. Hanya sekitar 1 jam, kita bisa langsung datang hanya pada jadwal yang sudah ditentukan dan tidak perlu antri lagi.

Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan

Untuk perpanjangan paspor atau pergantian paspor manual ke e-paspor, persyaratannya cukup mudah. :
  1. Fotocopy KTP
  2. Paspor lama asli dan Fotocopy
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy Ijazah
  5. Fotocopy Akte Kelahiran
  6. Surat keterengan bekerja, jika kita bukan domisili asli Jakarta. (Bukan KTP Jakarta)
Karena waktu saya booking dan jadwal yang didapat berjarak lebih kurang 1 minggu. Jadi minggu depannya saya tinggal datang pada jadwal yang sudah ditentukan.  Saya dapat jadwal pukul 11.00 -  12.00. Ketika itu saya sampai pukul 11.13. Untuk di Jaksel, tinggal naik ke atas lt.2, dan ambil nomor antrian dengan menyerahkan berkas-berkas dan persyaratan yang diminta dan alhamdulillah masih bisa antri dan dapat nomor antrian.
Aplikasi Antrian Pasport Online
No. Antrian Imigrasi
Masing-masing imigrasi walaupun syarat sudah sama, tapi punya cara-cara yang berbeda, untuk di Jaksel syukurnya si orang imigrasinya gak resek, dan prosesnya cukup cepat. Walau untuk amannya kita tetap sediain dokumen asli, tapi saat itu saya hanya diminta foto copy an saja. Dan tidak perlu lagi mengisi formulir dan langsung disuruh antri.
Jadi tinggal tunggu lebih kurang 20 menit, nama saya sudah dipanggil untuk proses wawancara dan pengambilan foto. Saat wawancara juga cuma ditanya karena lihat visa saya di Jepang sebelumnya, di Jepang ngapain dan berapa lama. Trus sekarang urus e-paspor untuk apa. Cuma 30 menit proses pengurusan pasport dari antri dan wawancara pun kelar.
Kita dikasih kertas untuk pembyaran dan kode pengurusan paspor yang bisa dicek melalui watsaap apakah paspornya sudah jadi atau belum. Untuk pembayarn paspor 665K juga bisa dilakukan dibank apa saja dan ikuti langkah sesuai petunjuk yang ada tertempel didekat mesin ATM di imigrasi.
Surat Keterangan Pengambilan Pasport
Surat Keterangan Pengambilan Paspor (Jangan sampai hilang ya)
Tidak sampai seminggu, kalau sudah coba cek diwhatsapp dan dapat balasan seperti dibawah, maka paspor sudah bisa diambil kapan saja yang penting tidak lewat dari 30 hari dari masa paspor diterbitkan. Perlu diperhatikan masing-masing nomor whatsapp tiap imigrasi berbeda, jadi pastikan jangan sampai salah ya. Karena awalnya saya salah masukin nomor, jadinya infonya gak keluar deh.
Untuk pengambilan juga sangat mudah. Tinggal datang sesuai jam yang ditentukan. Menyerahkan bukti pengurursan paspor dan pembayaran, tidak sampai 30 menit antri di Jaksel paspor kita kelar. Pastikan sebelum pergi datanya dicek terlebih dahulu jika ada salah tidak perlu ribet lagi bolak balik.
Cek Jadwal Pasport Kelar dan Pengambilan
Jadi sangat mudah dan cepat kan. Syukurlah tidak perlu antri lama seharian ataupun merogoh kocek pakai calo lagi pastinya.

Lokasi Imigrasi Kelas 1, Jakarta Selatan


You Might Also Like

4 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^