Culinary

Kuliner yang Harus dicoba di Yogyakarta

22.07.00

Holaaa..

Jadi selama liburan hemat di Yogyakarta pada postingan sebelumnya, Trip Hemat 2 Hari di Yogyakarta, ini beberapa kulineran hemat ala kita.

1. Gudeg Mbok Mandeg

Saat sampai di Yogyakarta paginya, setelah sewa motor dan mandi, kami sempatkan makan Gudeg Jogja didekat jalan prawitrotaman. Tempatnya unik dan lucu dan disini tersedia berbagai variasi Gudeg. Karena masih pagi malas makan nasi, akahirnya saya coba bubur Gudeg. Dan ini pertama kali saya makan gudeg. Enak? Biasa saja tapi juga tidak begitu aneh. Gudeg ini cuma seharga 8K. Sempat kaget karena sangat murah. Yumm...  
Gudeg hits di Jogja
Gudeg Jogja




2. Kulineran Lesehan di Malioboro 

Sepanjang jalan malioboro kita pasti akan menemukan makanan yang berjejer dan menggiurkan. Ada banyak angkringan dan lesehaan juga. Sempat bingung mau makan apa dan dimana akhirnya kami coba masuk ke salah satu warung lesehan disana. Saya dan teman pesen pecel bebek dan minum es jeruk kami berdua merogoh kocek 80K. Karena porsi yang lumayan besar cukup kenyang untuk makan malam kami. Walau 80K berdua masih terbilang cukup mahal di Jogja.
Pecel bebek khas Yogyakarta
Pecel Bebek



3. Tempo Gelato

Tidak dilewatkan kulineran sepanjang jalan prawirotaman, disini lagi hits cafe eskrim Tempo gelato,  dengan banyaknya pilihan rasa gelato yang hanya dijual 25K saja. Sempat datang malamnya tapi sangat ramai dan antri. Akhirnya saya bisa icip dan beli juga hari ke-2 pada siang harinya. Untuk yang cup harganya lebih murah 20K. Tapi karena dengan cone lebih lucu, kami pilih pake cone.

Lokasinya sangat mudah dijangkau. Tinggal masuk gang dijalan prawirotaman, kita akan langsung menemukan jejeran cafe dan restaurant yang cozy. Tempo gelato ini berada sebelah kiri tepat disebelah restaurant pizza. Tinggal google maps juga bisa langsung ketemu.
Kulineran hits di Yogyakarta
A post shared by efni nelasari (@aimizumizu) on

4. Serba Sambal

Ini tempat makan yang kami temukan didekat candi borobudur. Tempat makan seperti rumah makan kebanyakan kita bisa lesehan disini. Dan uniknya disini tersedia beraneka sambal dan rasanya ternyata sangat enak. 1 manguk kecil sambal hanya 3K. Jadi kami karena penasaran dengan berbagai rasa sambal, kita pun pesan sekitar 5 jenis sambal dan bisa dicemilin dengan jamur krispi, ayam ataupun terung krispi yang rasanya sangat gurih. Tidak sampai 100K berdua kita sudah makan sangat kenyang dan puas. Tambahan parkir motornya cuma 1K. Wahh.
Serba Sambal Yogyakarta
Serba Sambal

5. Mamahke Jogja

Ini cake para artis yang lagi hits. Karena penasaran kami coba beli untuk dijadikan oleh-oleh. Katanya saat baru buka disini sempat antri panjang. Tapi ketika saya datang sore itu tidak begitu ramai. Ada yang antri tapi tidak begitu panjang. Mungkin sekitar 15 orang.

Lokasinya berada di dekat alun-alun Jogja. Jika dengan motor, kami hanya mengikuti google maps, dan nanti akan langsung bertemu tempatnya yang bentuknya seperti rumah yang dijadikan toko.

Ada banyak variasi rasa seperti coklat, keju, red velvet, coklat pisang dan lain-lain. Ketik itu kami coba beli yang coklat keju dan red velvet seharga 55K. Setelah icip sih rasanya biasa saja. Tidak begitu khas. Hanya seperti cake pada umumnya. Jadi ini terkenal ya karena artisnya kali ya.
Kulineran Hits di Yogyakarta
oleh-oleah khas Yogyakarta
Mamahke Jogja

6. Jajanan Kereta Yogyakarta - Jakarta

Karena tidak sempat makan malam demi kereta jam 18.00, akhirnya kami memutuskan coba icip jajanan di kereta. Seriusly ini pertama kali saya menikmati makan dikereta api Indonesia. Ternyata lumayan seru. Makan bakso sehat instan seharga 20K. Walau tidak begitu kenyang, tapi cukup mengganjal perut hingga sampai Jakarta.
Makanan di kereta Yogyakarta - Jakarta
Bakso Sehat Jajanan Pentri Kereta 20K
Sebenarnya masih sangat banyak jajanan dan kulineran Jogja lainnya yang banyak kami lewatkan. Tapi karena 2 hari masih banyak yang belum bisa kami icipi. Intinya next moga bisa ke Jogja lagi dan update lagi mengenai kulineran di Yogayakarta.

You Might Also Like

14 komentar

  1. Noted kak, serba sambal bikin gue penasaran....
    kalau dulu pas ke jogja kulineranya di Waslake resto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa. tempatnya sih biasa aja. cuma karena variasi sambalnya enak bayak dan murah jadi bikin nagih. :D

      Hapus
  2. gelato sama pecel bebeknya bikin menggoda ya ampun.. tempatnya kece-kece buat di kunjungi.. :)

    BalasHapus
  3. gudeg emang makanan yang harus di coba saat ke yogyakarta.. :)

    BalasHapus
  4. harganya yang murah itu lho yang bikin nagih lagi nagih lagi

    BalasHapus
  5. enak banget keliatannya jd pengen ksana

    CV Tugu

    BalasHapus
  6. Kalo makanan yang relatif murah dan enak disekitar malioboro ada yang recmendd gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar malioboro nanti banyak banget yang jualan. Saya juga belum coba semua. Tapi kalau mau nogkrong enak saya lebih suka dikawasan prawirotaman.

      Hapus
  7. Terima kasih infonya neng,insyaaloh nyoba kuliner di prawirotaman

    BalasHapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^