Japan

Keliling Tokyo Hemat Dengan Tokyo Wide Pass (TWP)

8:40:00 PM

Tokyo Wide Pass Japan 

Holaaa...

Karena kesibukan belakangan ini lumayan lama tidak update isi blog. Kali ini saya mau bahas sedikit tips transportasi hemat bagi kalian yang ingin jalan-jalan sekitaran Tokyo atau masih kawasan Kanto.

Karena ini pertama kali saya mengurusi sendiri semua perjalanan selama di Jepang, jadi saya melakukan penghematan dengan hasil semaksimal mungkin. Tujuan kali ini memang fokus disekitaran Tokyo area dan sekitarnya, saya memilih menggunakan Tokyo Wide Pass. Hehe.

Jadi Tokyo Wide Pass ini, pass khusus yang dikeluarkan JR khusus untuk daerah Kanto dan sekitarnya. Karena sama sekali belum pernah eksplore area Kanto, jadi tergodalah untuk coba pass sakti ini. Pass ini bisa digunakan disemua jalur JR dan shinkansen daerah Kanto, kecuali Tokaido shinkansen. Beberapa jalur seperti fujikyu railway, tobu nikko railways juga tercover dengan pass ini. Jadi jika berencana mengunjungi Nikko atau Kawaguchi-ko, bisa dicover sampai stationnya langsung.

Tokyo Wide Pass Japan
Rute Tokyo Wide Pass
Ada banyak destinasi lainnya yang bisa dituju seperti dibawah ini, tapi dari semuanya saya hanya bisa ke Kawaguchi-ko, Nikko dan Gala Yuzawa. Alasan saya memilih 3 tempat ini karena kebetulan masih awal masuk musim semi, saya berharap bisa dapat spot foto cantik dengan latar gunung Fuji di Kawaguchi ko, mengunjungi spot terkenal musim gugur di Nikko, dan mengunjung ski resort yang cukup terkenal di musim dingin Gala Yuzawa karena kebetulan masih buka hingga wal May bahkan ada diskon khusus bagi pemegang TWP.

Jadi untuk dapatin si TWP ini, saya harus beli tiketnya dulu di shinjuku station. Lumayan agak ribet nyarinya karena berada di JR office west area. Buat beli TWP ini sendiri ternyata cukup antri karena banyaknya turis lain yang beli. Karena hanya bisa digunakan hanya 3 hari, sebaiknya TWP dibeli hari sebelumnya. Jadi untuk hemat waktu bisa langsung digunakan pada hari yang diperlukan.

Kesalahan kami waktu beli TWP ini saat baca info harus dibeli dihari H, karena dapat info tiket akan langsung berlaku pada hari yang dibeli. Jadilah waktu kami terbuang cukup lama karena habis waktu cari lokasi belinya dan juga buat antri. Taunya ternyata bisa dibeli sehari sebelummnya. Huuhu.

Tokyo Wide Pass Japan
Jalur Kereta dan Shinkansen Tokyo Wide Pass
Berikut beberapa tempat yang sebenarnya bisa tercover sama Tokyo Wide Pass. Karena saya sudah ada destinasi yang mau dituju, jadilah saya gunakan ke beberapa lokasi di bawah.

1. Day- 1, Kawaguchi-Ko

Untuk menuju kawaguchi ko dengan TWP, kita bisa naik kereta yang ada di shinjuku. Jadi naik kereta JR yang menuju Otsuki station. Setelah sampai di Otsuki station, kita norikae (ganti kereta) Fujikyu railways yang mengantarkan langsung menuju station kawaguchi-ko. Keuntungan menggunakan TWP ini, kereta kita bisa di cover langsung hingga kereta Fujikyu railways ini. Kalau pakai JR pass biasa, cuma bisa hingga Otsiki-station.

Kawaguchi ko  

Setelah sampai di Kawaguchi ko, kita bisa pilih paket atau bus yang mengantarkan kita. Untuk paket keliling full seluruh tempat seharian bisa 1500 yen. Ada juga bus yang bisa berhenti hanya dibeberapa tempat tertentu saja dan harganya sesuai jarak tempuh.

Agak sayang sih pas kesini sudah telat sedangkan saya ada janji sorenya dengan teman di Gotemba. Jadilah saat disini tidak begitu banyak foto-foto dan melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju gotemba dengan bus sekitar 1500 Yen.

Lake Kawaguchi
Tokyo Wide Pass Japan

2. Day-2, Nikko

Lokasi lainnya yang bisa dijangkau dengan TWP yaitu Nikko. Nikko merupakan salah satu kawasan heritage Jepang yang cukup terkenal dan sudah dapat pengakuan dari Unesco. Sebenarnya Nikko paling canti dikunjungi saat musim gugur. Karena disini sangat banyak terdapat pohon momoji dan sejenisnya, sehingga saat musim gugur semua jadi kemerahan dan kuning.

 Cara menuju ke Nikko
Nikko Japan 
Selain terkenal dengan kuilnya, disini juga terkenal dengan danau Lake Chuzenji yang cukup indah. Perjalanan saya menuju Nikko juga sebenarnya cukup jauh dan menghabiskan banyak waktu. Hahaha. Jadi lokasi ini juga sangat beruntung dikunjungi dengan TWP. Karena untuk bisa mencapai Nikko, kita bisa gunakan shinkansen hingga station Utsunomiya, kemudian lanjut Nikko railway menuju Nikko station. Kalau pakai JR pass, cuma bisa dicover hingga utsunomiya station. Tapi dengan TWP langsung dicover hingga Nikko Station.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi jika ke Nikko. Jadi untuk menuju masing-masing tempat, ada bus yang sudah disediakan sesuai lokasi yang diinginkan. Jadi cukup bayar harga sesuai jarak tempuh. Karena waktu yang lagi-lagi terbatas, saya hanya bisa mengunjungi Shinkyou Bridge yang cukup terkenal dan kuil terdekat.

Tokyo Wide Pass Japan 

3. Day-3, Gala Yuzawa

Keuntungan lain lagi dengan TWP yaitu kita bisa mengcover perjalanan hingga ke Gala Yuzawa dengan shinkansen. Kita bisa langsung naik dari Tokyo station dan turun di station Echigo Yuzawa. Jika kita pengguna TWP, juga ada diskon khusus untuk masuk lokasi ski dan juga naik ropeway. Saat itu saya dan teman hanya ambil paket buat main salju sekitar 2500 yen yang sudah mengcover tiket ropeway PP, sleed dan juga boots.

Gala Yuzawa
Di Galayuzawa karena sudah sangat terkenal dikunjungi berbagai mancanegara, jadi disini juga sudah ada staff yang berbahasa indonesia. Saran saat mengunjungi ini si kalau bisa jangan bawa barang terlalu banyak, karena biaya loker sekitar 1000 yen. Tapi lokernya cukup besar si, hingga muat 2 koper kecil.

Paling suka pemandangan saat menuju lokasi ski, karena sangat indah dengan hamparan salju dipegunungan. Oia, sedikit info, walau saya datang musim semi, di galayuzawa saljunya masih turun hingga awal mei. Jadi saat saya datang akhir maret sekalipun masih ada salju. Jangan lupa kalau kesini pakai sunblock ya. Walau dingin, tanpa sadar saya pulang dengan wajah gosong, Hahaha.

Gala Yuzawa Japan

Tapi karena suhu sudah hangat, walau ada salju jadi tidak begitu dingin dan juga tida begitu perlu pakai jacket yang begitu tebal. Jadi kalau kalian pengguna TWP, sangat recomended buat kesini.

Kalau dihitung-hitung dengan cost biasa, untuk mengunjungi tempat-tempat bisa mencapai biaya lebih dari 10.000 yen. Jadi kalau tujuannya memang kesini, jadi cukup hemat kalau kita menggunakan TWP. Tapi saran saya lebih baik hemat waktu dengan lokasi yang langsung dari Tokyo PP, karena jarak yang lumayan jauh dan berlawanan satu dan lainnya.

Selain TWP, sebenarnya masih sangat banyak pass, pass lainnya seperti Kansai area, JR Pass dan lain-lain. Tapi bagi yang emang khusus di kawasan Kanto dan gala Yuzawa seperti rute saya di atas, sangat disarankan sih pakai TWP saja karena emang jauh lebih hemat. Tapi kalau bisa jangan berangkat dari ujung-keujung seperti rute saya ya.

See you!!!

Tokyo Wide Pass Japan

You Might Also Like

8 komentar

  1. hai mbak... mau nanya kl ke Nikko pakai TWP naik shinkansen dari stasiun apa? dan brp lama perjalannya sampai ke NIkko? kl ke Edo wonderland masih jauh lagi ga? tercover di TWP ga samapi ke edo wonderland?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. naik tokaido shinkansen... naiknya dari tokyo stasiun. turun di stasiun nikko. sampai nikko lanjut bus. gak bgtu jauh dari edo wonderland.

      Delete
  2. Hai mba..
    Nice blog :)
    Kebetulan saya juga berencana membeli TWP untuk ke Jepang nanti.
    Saya mau tanya, ketika mba nya ke kawaguchiko lalu ke gotemba, rute kembali ke Tokyo nya lewat mana mba? Apakah tercover dengan TWP jg?
    Dan ketika di Nikko, apakah mba nya membeli bus pass yg 1 day world heritage itu?
    Hehe maaf ya banyak tanya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba.. waktu aku ke kawaguchi ko ke gotemba, aku naik bus sekitar 1500 yen, dan ini gak tercover TWP si mba. sayang sekali. Dari gotemba kebetulan aku ke tempat teman di fujishi, jadi aku dari fuji ke Tokyo naik kereta kembali ke Tokyo esok harinya.

      Biaya TWP cuma cover sampai stasiun nikko, kalau mau keliling semuanya bisa beli 1 day world heritage, tapi kalau mau ke beberapa tempat aja, bisa beli tiket bus kecenggan atau bayar langsung di busnya.

      Semoga infonya membantu. :)

      Delete
    2. Wah, terima kasih banyak infonya ya mba. 😊

      Delete

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^