News

Bebas Influenza Saat Traveling

9:17:00 PM

Bebas flu selama traveling


Hollaaa ~

Aku mau share dikit pengalaman aku ketika menghadiri gathering blogger bersama Worldwide Communications (WWCOM). Jadi disini kita membahas bagaimana biar gak gampang sakit khususnya terkena influenza selama traveling. Apalagi bagi yang ada berencana travel ke negara yang beda musim di Indonesia seperti musim dingin atau autumn biasa kondisi tubuh akan lebih gampang masuk angin dan drop.

Dalam acara sharing ini, kita diberi pengarahan oleh Dr. Suzy Maria Sp.PD. Disini beliau menjelaskan kenapa pentingnya menjaga kesehatan selama traveling. Karena flu paling gampangftertular apa lagi saat kita traveling. Kondisi badan yang kecapean setelah bekerja, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan traveling yang butuh stamina. Apalagi bertemu banyak orang, resiko penularan penyakit pun meningkat). Karena kalau udah sakit saat liburan itu, selain bikin liburan kita ga nyaman, mau selfi juga jelek, puskesmas dan biaya rumah sakit yang tidak bisa di tebak harganya, pastinya akan sangat menguras waktu kita dan jadi liburan kita tidak maksimal.

Dr.Suzy juga menjelaskan mengenai flu skies, ada yang tau flue skies? 

Jujur ini selama aku hidup ini juga pertama kali aku dengar nih. Flue skies ini sendiri penyebaran flu yang sering terjadi selama penerbangan. Kurang bagusnya sirkulasi udara di dalam pesawat menyebabkan penyebaran flu dalam pesawat lebih mudah. Kita juga tidak bisa hindari, apalagi jika kita 1 pesawat dengan orang yang sakit flu. Mau ga mau kita harus punya daya tahan tubuh yang kuat agar tidak gampang terkena flu.

Beberapa penyebab flu skies itu dan resikonya :

1. Pramugari/pramugara, bisa terinfeksi flu 4-6x di setiap penerbangan
2. Penumpang pesawat yang duduk bersebelahan, memiliki resiko tertular flu 80%.
3. Risiko infeksi di pesawat, karena 7.5% penumpang beresiko tertular flu
Tidak hanya dipesawat, perjalanan kapal persiar yang menampung ribuan orang, juga sangat beresiko dapat menularkan influenza 2-7% penumpang.

Kenapa selamt musim dingin sering terjadi influenza?

Karena virus influenza lebih bertahan lama didalam ruangan saat musim dingin karena kelembapan udara yang kurang dibandingkan diluar ruangan. Selain itu, saat musim dingin orang lebih cenderung untuk tinggal di dalam ruangan dan berkontak dekat dengan orang-orang yang berada di dalam ruangan., sehingga lebih mudah terjadinya penularan.

Jadi biar liburan maksimal, pastinya penting banget untuk menjaga kesehatan sebelum dan selama traveling. Yang perlu diwaspadai juga, kalau sudah merasa tanda-tanda mau flu,  se[erti nyeri otot-nbadan, sakit kepala dan mudah lelah, maka yang harus kita lakukan pertama yaitu perbanyak istirahat. Karena kalau kondisi kita tidak maksimal, tubuh kita sendiri tidak bisa melawan virus yang menyebar. Jadi biasanya aku akan langsung istirhat, dan banyak minum air putih serta makan makanan yang sehat dan bergizi.

Tapi dengan kondisi kerjaan aku yang sibuk, mau traveling aku juga kadang kurang maksimal dalam menjaga kesehatan sebelum perjalanan. Jadi selain itu, dokter suzy juga menyarankan kita untuk vaksin influenza. Aku juga belum pernah coba vaksin ini, tapi yang sering punya masalah keseahatan bisa banget dicoba. Ga hanya untuk traveling, vaksin ini bisa dilakukan untuk perlindungan diri kita sehari-hari.

Kenapa pentingnya vaksin flu untuk traveller?

1. Hemat, save money, life and fun time. Karena kalau sudah sakit, biaya untuk berobat akan lebih mahal lagi kan.
2. Sepanjang Tahun. Jadi vaksin ini hanya dilakukan 1x selama 1 tahun, apalagi sudah mmasuki flu season, vaksin flu ini sangat disarankan
3. Virus pintar, karena saking pintarnya, virus ini bisa dengan gampang menyebarnya.
4. Menyelamatkan nyawa. 
Walau terlihat sepele, flu sangat beresiko bagi orang yang terkena diabetes, asma, penyakit jantung, yang sangat beresiko bagi nyawa.
5. Nikmati liburan ideal

Jadi jika kita berencana traveling dan mau vaksin flu, disarankan untuk dilakukan 2 minggu sebelum traveling. Selain itu juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri dengan banyak istirahat, banyak minum air putih, makan makanan yang sehat dan bergizi, serta jangan lupa cuci tangan tiap selesai aktifitas dan mau makan. Serta jangan lupa juga bersihkan sabuk pengaman, meja dan pegangan tangan sebelum penerbangan.

Jadi sudah siap dunk bebas flu selama traveling?
Semoga liburanya nyaman yaa..


Flu skies

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^