Korea

Pengurusan Visa Korea di KVAC - Free Biaya Visa Hingga Desember 2019

9:23:00 PM

KVAC


Hollaaa...

Senang banget akhirnya dapat visa Korea dan perjalanan ke Korea jadi selangkah makin dekat. Mumpung masih ada waktu sebelum keberangkatan, aku mau share pengalaman aku ngurus visa korea yang lumayan dag dig dug. Walau katanya kalau sudah punya visa Jepang, urus visa Jepang lebih gampang, tapi tetap ada dag dig dug nya beda kalau urus visa negara lain. Karena peraturan dan rule tiap negara pasti beda.

Korean Visa Application Center (KVAC)

Sejak 24 May 2019, pengurusan visa Korea sekarang sudah tidak langsung ke Kedubes Korea, tapi semua dialihkan ke Korean Visa Aplication Center (KVAC) yang berlokasi di lantai 5 Lotte Shopping Avenue. KVAC ini sendiri agen resmi dari Kedubes Korea, jadi sebenarnya pengurusan jauh lebih gampang dan terbantu karena ada layanan yang sangat mudah dihubungi jika ada pertanyaan dan hal-hal yang diragukan. Dengan adanya KVAC, pengurusan visa pun lebih mudah secara mandiri, khusus lagi yang berada diwilayah DKI Jakarta.

Jadi ketika itu langsung saja kontak KVAC untuk persyaratan visa ter-update. Karena informasi visa selalu update, pastikan kita konfirmasi terlebih dahulu untuk syarat yang terbaru ya. Ketika itu aku konfirmasi ke KVAC selama bulan september untuk pengurusan visa di awal October.

Free Biaya Visa Korea

Oh yaa, kebetulan ini lagi-lagi salah satu keburuntungan aku, Alhamdulillah, pas banget saat aku mau urus Visa Korea, lagi ada free biaya Visa Korea dari bulan 1 October - 31 December 2019 untuk semua WNI dan ASEAN. Gratis biaya visa ini dalam rangka peringatan 30 tahun telah berlangsungnya Dialogue Partnership Korea Selatan dengan negara-negara ASEAN. 
Free visa korea ini berlaku untuk pengurusan selama 3 bulan di atas, dan masa visa berlaku boleh kapan saja. Tapi hanya untuk visa kunjungan singkat (C3) dan single entry visa untuk kunjungan 90 hari. Mayan banget bisa menghemat biaya visa Rp.540.000 untuk berliburan.

Persyaratan Document Visa Korea

Untuk persyaratan document, menurut aku syarat document visa Korea cukup banyak dan detail. Apalagi banyak baca info banyak yang visa Koreanya ditolak karena alasan seperti document tidak lengkap atau kurang lengkap isi formulir. Jadi benar-benar harus teliti dan persyartan sekomplit mungkin. Kalau perlu lebih dilebihin aja deh. Hehehe. Walau ada beberapa persyaratan yang beda dari blog yang dibaca, menurut aku untuk info paling update, tetap follow syarat yang dari KVAC.

Jadi setelah aku konfirmasi, aku dapat informasi dari KVAC seperti dibawah ini ::
1). Formulir Permohonan Visa (bisa didownload di www.visaforkorea-in.com).
2). Pas Foto 1 lembar (3.5 cm x 4.5 cm) warna putih ditempel di formulir dan ekstra foto 1 lembar.
3). Paspor asli dan fotocopy paspor halaman identitas, halaman belakang, dan halaman yang telah memiliki cap maupun visa imigrasi.
4). Fotokopi KTP. (pemohon dibawah 18thn, menggunakan fotocopy akta kelahiran)
5). Surat keterangan kerja asli (jika berkerja), surat keterangan pelajar asli (jika pelajar), fotocopy SIUP (jika wiraswasta).
6). Fotokopi Kartu keluarga.
7). Dokumen keuangan :
- Rekening koran (3 bulan terakhir) *wajib
Pilih salah satu :
- SPT PPH 21 
- Slip gaji 3 bulan terakhir
- Fotocopy Surat Kepemilikan Rumah/Tanah
- Fotocopy BPKB Mobil

*Apabila baru lulus Kuliah/sekolah, sedang tidak bekerja, bekerja freelance, pensiunan, atau Ibu Rumah Tangga, maka harap menulis Statement letter berbahasa Inggris yang mencakup: Atas nama, no. paspor, menerangkan statusnya saat ini apa, akan ke Korea tujuannya apa, selama berapa lama, akan kembali ke Indonesia pada tanggal berapa, dan selama di Korea tidak akan mencari pekerjaan, di TTD diatas materai 6000 (bisa dilampirkan legalisir ijazah terakhir atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah atau Universitas apabila statusnya baru lulus, untuk pensiunan harap melampirkan Surat Keterangan Pensiun).
*Apabila disponsori (oleh Orangtua/Suami/Istri/Perusahaan) harap menyertakan surat sponsor dalam bahasa Inggris.
*Apabila usia diatas 17 tahun apabila disponsori tetap wajib melampirkan Rekening koran (3 bulan terakhir).
*Apabila usia dibawah 17 tahun dan ke Korea tidak bersama dengan orang tua harap melampirkan surat izin dari orang tua.

Dari dokument persyaratan di atas, untuk dokumen keuangan aku lampirkan SPT, slip gaji dan rekening koran. Rekening koran yang diminta sebenarnya rekening yang aktif, tapi karena saldo direkening aktif sedikit, aku akhirnya tambah dengan rekening tabungan. Jadilah aku lampirkan 2 rekening koran sebagai jaga-jaga takut kurang syarat.

Tambahan lagi, ini pengalaman teman dan saudara aku :
1. Wirausaha, mereka tidak punya slip gaji dan juga SPT, jadi sebagai tambahan persyaratan saudara aku lampirkan bukti usaha, seperti foto-foto bentuk usaha. 
2. Untuk SIUP jika tidak punya, juga menambahkan lampiran dari keluarahan yang menandakan kalau kita buka usaha didaerah tersebut.
3. Bagi yang sudah menikah, dan pergi tidak dengan suami, maka perlu melampirkan surat izin suami.
4. Jika suaminya sudah meninggal, jadi perlu lampirkan surat keterangan sudah menikah dan surat kematian.
5. Jika ada perbedaan nama di pasport atau data lainnya, tambah lampiran surat keterangan lurah untuk nama yang benar.
6. Untuk surat keterangan kerja, disarankan bikin detail yang menyatakan kalau kita bekerja di sebuah perusahaan xxx, dan akan mengnjungi Korea untuk traveling dari tanggal xx sampai tanggal xx dan dipastikan akan kembali ke negara untuk bekerja.
Bagi yang butuh formatnya, nanti bisa aku email ya kalau mau.
Walau kelihatan sedikit ribet, tapi dari pengalaman aku, pengalaman aku pengurusan visa Korea lebih strik dari visa Jepang. Karena ada salah seorang teman seperjalanan yang seharusnya ikut, visa nya ditolak dengan alasan kurang detail isi tujuan perjalanan di form pengisian visa. Jadi walaupun persyartan sudah lengkap, tetap harus detail cek detail di form visa yaa.

Tambahan lainnya :
1. Tiket pesawat dan itinerary tidak diminta, jadi tidak perlu dilampirkan. Walau awalnya saya juga lampirkan, tapi akhirnya dikembalikan. Jadi sebenarnya bisa apply visa terlebih dahulu walau belum beli tiket pesawat. Dan setidaknya kita sudah mempersiapkan dokument yang lengkap daripada kurang.
2. Lebih baik apply visa bersamaan dengan rekan 1 perjalanan. Apalagi ada keluarga akan sangat mendukung.
3. Apply visa jangan terlalu mepet dengan tanggal keberangkatan. Setidaknya minimal 1 bulan sebelum perjalanan. Karena belakangan dapat info sejak ada free visa. pengajuan visa jadi membludak dan banyak yang delay dari tanggal yang ditentukan.

Tata Cara Pengajuan Visa di KVAC

Proses pengajuan visa juga cukup cepat, karena di dalam sudah ada 20 counter lebih. Jadi ketika itu kami datang pagi jam 09:00, lumayan antri karena lagi free biaya visa. Setelah mulai jam kerja, kita ambil nomor antrian dan menunggu dipanggil. Pastikan semua persyaratan sudah lengkap. Pihak petugas akan mengecek kelengkapan dokumen, tapi tidak untuk detail pengisian. Selang selama 1 jam antri dan cek, kami sudah selesai untuk pengajuan visa. Tinggal tunggu 6 hari kerja (selain hari libur dan sabtu.minggu) visa kami sudah kelar.

KVAC

1. Bagi yang kekurangan dokumen, di KVAC sudah tersedia tempat print dan cetak foto. Tapi pastinya dengan harga yang lebih mahal.
2. Untuk pemabayaran visa harus tunai. Jadi pastikan terlebih dahulu tarik duit dan bawa uang tunai jika tidak ingin bolak-balik ke atm.
3. Lebih baik datang pagi banget, karena kalau sudah siang antrianya lumayan ramai.
4. Jika ragu, jangan segan bertanya ke pihak petugas yang ada dilokasi.

Atau, bagi yang mau mempersiapkan dokumen sebelum keberangkatan, kita juga bisa bertanya via WA yang akan dibalas selama jam kerja 08:00 - 17:00 mulai dari senin sampai jumat dengan nomor 081293395148.

Semoga membantu yaa..

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^