Domestic Travel

Tips and Trick Dapat Tiket Pesawat Murah

9:03:00 AM

promo tiket pesawat ke luar negri
MH0710 - JKT-KL

Holllaaa~

Ini postingan yang paling bikin aku bahagia. Bukan postinganya juga sih, tapi pengalamanya. Jadi ini cerita pengalaman kedua aku terbang bersama Malaysia Airlines (MH), salah satu maskapai full service nya Malaysia. Tapi yang paling epic lagi, aku dapat harga tiket pesawat super gledek dari traveloka. Oemgiiii~ Kebayang gak sih untuk sekelas maskapai full service aku cuma dapat tiket seharga naik taksi Rp.35.000 ajaa. Gilee... seharga naik taksi doank sih ini dan PP roundtrip jadinya sekitar 150K an.

Jadi harga ini memang khusus lagi super duper gledek banget dari aplikasi traveloka. Ada yang bilang maskapainya lagi ultah kali yaa hahaa. Super epic lagi teman aku ada yang dapat 70K untuk kelas bisnis. Tapi karena ini promo benaran harus garcep dalam hitungan detik atau menit ataupun jam, jadi saat dapat info harus langsung garcep cek tanggal dan kalau dapat masukin bookingan gak pake mikir dan gak pake nunggu lama. Karena sebelunya aku pernah naik MH itu harga normal 1 jutaan lebih cuma ke KL.

Paling ingat waktu itu pagi-pagi subuh-subuh, teman aku nelpon, dan langsung info ada tiket murah. Hhaaha Kaget gak sih bangun tidur langsung dibangunin gitu aku lansung cek hape dan buka aplikasi tiket.com. Benar aja group traveller juga sudah pada ribut dengan harga tiket gledek ini. Awalnya antara percaya dan gak percaya, tapi karena murah akhirnya aku beli terlebih dulu. Sempat eror dibagian pembayaran tapi tetap usaha dan positif akhirnya dapat. Alhamdulillah setelah berjuang subuh buta e-ticket pun sudah di issue. Btw ini aku pesannya sebelum berangkat kerja.  Hhaha.

Ternyata untuk tiket gledek ini, gak hanya sekali dua kali gengs. Dilain kesempatan aku dapat lagi tiket ke Makkah cuma 2.5Juta. Tapi saat itu khusus pemesanan diaplikasi Malaysia Airlinesnya langsung. Tapi karena aku masih ragu untuk schedule dan keberangkatan, sama belum ada teman berangkat yang confirm, akhirnya promo ini aku lewatkan begitu saja. 

Selanjutnya lagi gak kalah epic, banyak tiket bertebaran ke Jepang dan Korea, London dan Eropa sekitarnya Untuk maskapai kelas bisnis seperti ANA, JAL, Asiana, Korean Airlines, kita bisa dapat harga tiket roundtrip sekitaran 3Jt aja lho. Menurut aku sih ini sudah terbilang cukup murah untuk sekelas pesawat dengan pelayan full service. Karena harga normalnya PP udah mencapai 6-8Jt.

Bahkan kalau pintar nyari lagi, aku dapat tiket ke Jepang by ANA 2.7Jt PP keberangkatan bisa dari autumn hingga summer tahun depan 2020. Tapi karena lagi gak ada plan ke Jepang, yang beli saudara dan kaka ipar. Pemesanan promo yang ini ketika itu melalui traveloka pada agustus 2019 lalu. Dan biasanya selalu tiap aku habis beli tiket, banyak yang nanya "gimana sih dapat tiket murah, mau juga", tapi setelah diinfo pada mikir banyak dan akhirnya terlewatkan.

Terbaru ini aku juga dapat tiket promo dari Singapore Airlines (SQ), Jakarta - Singapore seharga 290K PP di tiket(dot)com. Ada yang dapat gak nyampe 200K PP. Singapore Airlines salah satu maskapai terbaik dunia, jika dapat hargnya seharga naik taksi, sangat sayang kan jika dilewatkan begitu saja.

tips and trick dapat tiket pesawat murah
Batu Caves - 10 Nov 2018
Jadi sekedar dari pengelaman dan sepengetahuan aku, akhirnya aku coba sharing tips dan trick buat dapatin tiket pesawat murah ala aku :

1. Tentukan Waktu dan Tujuan Keberangkatan

Maksud aku disini, jika kita pengen banget pergi ke suatu tempat, misalnya Sakura ke Jepang, yauda berarti kita tinggal fokus cari ticket saat season sakura. Jadi ceritanya kita benaran sudah planning mau ke Jepang saat sakura. Biasa gledek suka terjadi dipenguhujung tahun atau pergantian masa kerja. Seperti bulan-bulan Agustus, atau juga awal-awal bulan februari. Aku sih tidak bisa pastiin kapannya, yang pasti kita harus rajin cek informasi. Kalau sudah menentukan waktu dan season keberangkatan, setidaknya lebih mempersempti pencarian kita agar lebih terfokus.

2. Siapkan Pasport

Bagi yang ada rencana perjalanan keluar negri, walau masih belum tau kapan, setidaknya persiapkan terlebih dahulu pasport yang masih berlaku 6 bulan sebelum masa expired. Karena promo dan gledek suka dadakan, jadi dari pada mepet-mepet dalam pengurusan pasport, setidaknya sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa maskapai atau form data kadang ada yang diminta nomor pasport kita. Apalagi untuk pengurusan pasport online saat ini memakan waktu dan pengambilan antrian yang panjang.

3. Rajin Cek Informasi dan Promo

Nah ini dia, informasi bisa datang dari mana saja. Kalau aku biasanya suka dapat informasi dari group-group teman traveller, seperti Backpacker Dunia, atau Backpacker International. Belakangan sih yang suka active anak-anak di Backapacker Internation. Group nya ada di FB ya gengs. Dan salut juga sam group ini garcep banget informasinya dan orangnya.hahahha. 

Lebih terbantu lagi saat aku dan teman-teman yang sama-sama dapat tiket murah, kami bikin group WA, saat ada group WA ini informasi jadi lebih cepat. Biasa juga ada group dengan rute perjalanan yang sama. Jadi biasa suka saling share informasi juga.

4. Siapkan dan Selalu Standby Aplikasi Online Tiket

Biasanya untuk promo tiket paling banyak diaplikasi. Jadi kita harus standby hape yang sudah ada download aplikasinya. Kenapa demikian, karena persaiangan aplikasi, biasanya para travel agen online akan berlomba-lomba buat meningkatan bisnis mereka dengan cara visitor yang paling banyak klik dan buka aplikasi. Jadi saat ini untuk semua promo-promo pastinya juga akan lebih fokus pada promo diaplikasi. 

Biasa aplikasi tiket online yang biasa aku pakai dan harga nya cukup bagus itu ada Tiket(dot)com, Traveloka dan Pegipegi. 3 aplikasi ini paling banyak promonya, dan selalu perang harga. Hehehe. Kadang si mas tiket(dot)com lagi promo, besoknya bisa mba traveloka juga ikutan promo. Kadang harus pintar-pintar ngeceknya. 

Kalau tiket(dot)com suka promonya sudah langsung potongan harga sih, jadi lebih enak. Kalau mba traveloka kita harus pintar ngecek kode kupon yang harus dimasukin saat pembayaran. Kadang suka lama disini buat ngecek kodenya aja. Tapi promonya kadang juga lumayan besar. Jadi untung-untungan juga si sebenarnya bagusan yang mana. Cuma kalau dari aku pribadi, aku si selalu milih mana yang lebih murah dan gak pakai ribet.hahaa.

5. Harus Garcep dan Jangan Bolak-balik Buka Tutup Aplikasi

Nah ini point nya, hahaa kadang kalau tetiba dapat tiket promo, kita harus garcep. Kalau udah fokus ditanggal dan waktu keberangkatan, yauda fokus aja ditanggal yang mau saat ngecek harga tikecketnya. Kalau sudah dapat, langsung saja masuk book pembayaran. Karena kalau kita keluar dan masuk lagi, biasa harganya bisa berubah dalam hitungan menit. Kalau harga sudah up, bisa kembali lagi ke harga awal, tapi biasa agak lama harus nunggu beberapa jam. Boro-boro dapat tiket harga yang sama, kadang suka hilang. Jadi benaran untung-untungan dan gak pakai mikir lama.

Tapi kalau seandainya belum ada rencana atau planning kemana, biasa aku suka contek tanggal orang yang sudah dapat aja. Jadi cara itu lebih cepat. Langsung buka tanggalnya, harga cocok, masuk ke bookingan dulu. Kalau sudah masuk bookingan, akan ada jeda waktu pembayaran sekitar 1 jam. Biasa dalam jangka waktu sebelum bayar, aku suka cek-cek lagi harga lainnya. Kalau ga nemu yauda bayar tanpa mikir panjang dan tanpa nunggu hari esok. :3

6. Metode Pembayaran

Karena tiket promo biasanya dalam waktu singkat hitungan menit atau jam, dan ada juga yang berhari-hari. Tapi biasa tanggal dan harga bagus tetap bisa kehabisan karena biasa promo hanya ada beberapa seat, jadi siapa cepat dia dapat. 

Jaku saranin sudah standby dengan metode pembayaran yang gampang digunakan. Karena kan promo gak tentu waktu, bisa subuh buta, tengah malam atau jam makan siang saat lagi orang lagi sibuk-sibuknya. Jadi pas dapat bayar, aku biasa suka pakai internet banking, atau m-banking aja. Aku biasanya gunain m-banking BCA yang gampang dan gak pakai ribet. Tapi kadang kalau tengah malam suka gak aktif pembayaranya. 

Bagi yang punya CC juga bisa pakai CC. Paling gampang lagi sekarang juga bisa pake debit online Jenius yang juga bisa proses dengan cepat dan kapanpun. Kalau metode pembayaran sudah standby, mau ada promo jam berapa pun, kita sudah ready untuk pembayaran pastinya.

6. Duitnya Jangan Lupa

Ini yang paling penting, wkkkw kalau udah dapat tiket tapi gak ada duit gak bisa juga kan. Ini memang harus berkorban dikit ya gengs. Kalau mau liburan ya harus modal dikit ngerogoh kocek, tapi aku yakin tidak akan nyesal. Aku biasanya sehabis beli tiket, setelahnya bakal jadi hemat banget buat nabung keberangkatan. Setidaknya duit aku juga jadi terkontrol gak keluar tanpa kejealsan. Karena menurut aku untuk harga tiket promo dengan pengalaman yang kita dapatkan itu jauh lebih bermakna. Lebih rugi dan menyesal lagi rasanya kalau menyia-nyiakan kesempatan tiket promo berlalu begitu saja saat kita ada kesempatan.

Sekarang selain credit card, juga sudah banyak sekali cara-cara pembayaran yang tidak harus pakai uang kita dulu. Seperti paylater nya traveloka, sangat membantu jika ada yang ingin beli tiket dadakan saat lagi tidak ada duit. Atau duit teman. Hhaaha tapi ini hati-hati sama temanya janga lupa udah pinjam harus dibalikin segera yaaa setelah gajian. Jadi gak usah cemas kalau memang ada niat pasti ada jalan. Tapi jangan dipaksain juga kalau duitnya gak ada, tapi tetap ngotot beli tiket ke Paris gak juga kan. Hehehe.

Intinya sih kalau aku, pertimbangkan juga waktunya, efisiensi, budget, dan kesempatannya. Jika harga murah, maskpai mahal, dan waktunya bisa serta hemat duit, kenapa gak ya kan. Tapi kalau dapat harga murah dan  visa sulit serta dana gak mencukupi untuk traveling ya gak usah dipaksain dulu. Promonya suka datang lagi.

Biasa untuk promo geldek yang cuma ke malaysia atau singapore, kalau harganya sekitar 200rb ke bawah dengan maskapai full service sih aku suka ambil. Tapi kalau air asia, dan udah pernah juga biasa aku lewatin aja dan kasih info ke teman. 

Jadi kalau masih pada pensaran, kembali lagi ke point di atas, tentukan waktu dan tujuan keberangkatan, dan harus rajin-rajin cek informasi yaa. Selamat berjuang dan Good Luck!!!






A post shared by efni nelasari (@aimizumizu) on

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^