Overseas Travel

Golden Budha - Kuam Im

Days 5 | 6 November 2015

Masih Lanjutan kisah 11D10N - Kuala Lumpur - Thai - Singapore

Jadi setelah sampai kota perbatasan Thailand, Hatyaii, kami chek in hotel, mandi dan istirahat sejenak, sekitar pukul 12.00 kami keluar pergi cari makan dan mulai eksplore Hatyaii. Saat itu kami makan di Salma Halal Restouran. Setelahnya sekitar pukul 13.30, kami mulai keliling hatyaii, dan cari info tour untuk bisa jelajahi hatyaii.

Saat itu kami menuju konter Konsartium, salah satu perusahaan tour dan travel, kemudian mulai mencari tau harga tour dan perjalanan sekitaran Hatyaii. Sempat kepikiran sayang aja rasanya jika disini 2 hari tapi cuma keliling yang dekat-dekat aja. Karena transportasi di Hatyaii lumayan sulit, disini kami sangat banyak menemukan perusahaan yang melayani jasa tour dan perjalanan. Sempat kepikiran juga mau naik tuk-tuk atau van, tapi karena sama sekali gak tau lokasi, apalagi peta gak komplit, wifi yang terbatas, dan ujung-ujungnya tetap ,mesti nyewa mobil/van atau tuk-tuk dengan harga yang lumayan bervariasi, akhirnya kami pun memutuskan untuk menggunakan jasa tour.

Saat itu kami tergiur dengan tour Songhkla, kota setelah hatyaii, disana sangat banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Hatyaii sendiri juga sangat menarik dikunjungi seperi Wat Hat Yat Nai, Floating Market dll. Tapi kembali karena mesti sewa tuk-tuk juga, kami pun memilih Somghkla Tour yang lebih banyak pilihan menarik. Ada juga pilihan ke krabi, tapi sayang aja rasanya kalau kesana cuma One day tour, harga pun juga lebih mahal. Akhirnya kami pun merelakan Krabi di next Traveling.

Untuk harga Songhkla tour saat itu 1 mobil kami ditawari 1500B, ada 9 pilihan tempat wisata yaitu Samila Beach, Golden Mermaid Statue, Khao Tang Kuan Hill, Tenaga Square, Ice Dome, Four Face Budha Temple dan Kwan Yin Temple, Hatyaii Cable Car, Songkhla Aquarium. tapi rasanya sangat mahal jika berdua bayar 1500B, tapi jika kalian ber-4 atau ber-6 pastinya harga ini sangat Adorable. Kami pun coba kembali nego, akhirnya dapat 1300B untuk 1 mobil berdua. Masih sangat mahal pun rasanya, apadaya kami juga cuma berdua, akhirnya kami merelakan duit 1300B berdua untuk menggunakan jasa tour keliling kota Songhkla, Thailand.

Tour Songkhla

Dari Hatyaii menuju Songkhla memakan waktu lebih kurang 1 jam, Sepanjang perjalanan kita bisa melihat kota kecil dengan banyak dikelilingi kuil-kuil di sepanjang jalan. Masyarakat yang mayoritas beragam budha, memang gak asing lagi kalau kita jadi wisata kuil.

akses Objek Wisata Songkhla Thailand
Konsartium Board

1. Four Face Budha Temple

Setelah memasuki kawasan Hatyai Municipal park, tempat pertama yang kami kunjungi yaitu Four Face Budha Temple, salah satu kuil yang terkenal di Hatyai - Songkhla. Tempatnya terdapat di atas bukit, tapi masih pertengahan bukit dan belum sampai puncak.

budha temple thailand

2. Kuan Im Temple

Setelah dari Four Face Budha Temple, kita terus mendekati menuju Kuan im Temple. Kuil ini terletak di puncak bukit. Dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan dari kota Songhkla dari puncak.

View Kota

3. Hatyaii Cable Car

Gak jauh dari ini, masih 1 kawasan, kita bisa menemukan Hatyaii Cable Car menuju ke bawah atau naik ke atas. Tapi sayang ketika kami disini cable car nya lagi perbaikan. :( Sedih gak jadi naik~

hatyaii cable car Objek Wisata Songkhla Thailand
Tempat Naik Cable Car

Nemu Pohon cannon Ball Disini

4. Samila Beach

Setelah dari Hatyaii Cable Car, kami menuju Samila Beach. Samila Beach merupakan salah satu pantai yang terkenal di daerah Songhkla. Disini juga terdapat resort dan juga kawasan untuk Camp. Pantainya sangat landai dan pasir putih. Ketika disini kita juga bisa menemukan bapak-bapak yang nawarin kuda bisa untuk ditunggangi. Kami cukup membayar 50Bath untuk bisa berfoto di atas kuda. Dan juga banyak ibu-ibu yang berjualan makanan kecil dan juga kerajinan pantai. Walau pantainya gak beda jauh dengan yang ada di Indonsia, paling suka pasirnya putih dan bersih. Sangat terlihat kalau di Thailand, dan Songhkla yang kota kecil sekalipun, warganya masih menjaga kebersihan dari sampah.

samila beach hatyaii Objek Wisata Songkhla Thailand

5. Golden Meraid Statue

Masih dikawasan Samila Beach, gak jauh dari sini kita akan menemukan Golden Mermaid Statue. Disini juga merupakan salah satu tempat yang terkenal di Songhkla. Kurang tau juga sejarahnya gimana, tapi banyak yang foto di patung mermaid ini. Setelah ini mau baca gimana kisahnya.

Objek Wisata Songkhla Thailand

Gak jauh dari pintu masuk kawasan Samila Beach, kami menemukan taman lucu yang dibentuk seperti karakter binatang. Singgah disini bentar untuk foto. Gak tau namanya karena ditulisa pake bahasa Thailand.

6. Tang Kuan Hill Top

Setelah dari Samila Beach, gak jauh dari Samila Beach, kami melanjutkan perjalanan menuju Tang Kuan Hill Top. Tempat ini merupakan bukit cintanya Songhkla. Disini juga terdapat love lock atau gembok cinta. Kalau tulisan nama dengan pasangan disini katanya bisa abadi. XD Untuk naik ke atas, kita membayar lift sekitar 30Bath. Di atas kita juga bisa menyaksikan pemandangan kota Songkhla dan Pantai. Pastikan kesini sebelum jam 18.00. Karena tepat pukul 18.00 maka lift akan mati dan petugas pulang. Jadi kalau kekunci di atas turunnya melalui tangga.

View Kota
View Pantai

7. Naga Square

Setelah dari Tang Kuan Hill Top, kami menuju Tenaga Square. Disini terdapat patung naga yang mengluarkan air dari mulutnya. Kalau di Singapore Singa, disini juga ada tapi naga. Wahha~ Karena nyampe sini sudah sore dan keburu gelap, tempatnya juga kurang banyak penerangan, jadi cuma sempat foto beberapa disini.

Objek Wisata Songkhla Thailand

Objek Wisata Selanjutnya Aquarium, karena bayar dan lagian sudah kesorean dan tutup, kami pun tidak sempat ke Songkhla Aquarium. Sedangkan Ice Dome karena juga berbayar, kami pun merelakan untuk gak memasuki Ice Dome nya Songkhla.

Setelah dari sini, kami berencana menuju Night Market terbesar di Hatyaii, tapi karena malam diguyur hujan lebat, kami pun kembali mengurungi niat untuk kesana. Dan kembali ke kawasan Lee Garden Plaza dan jalan-jalan malam mengunjungi night market yang ada disini.