Malaysia Trip

Jalur Darat dari Kuala Lumpur ke Thailand , Hatyaii

02.15.00

Day 4 | 5 November 2015

Masih lanjutan kisah dari 11D10N KL-SG-Thai, dan ini baru hari ke.4. :D Walau nulis merangkak, tapi masih semangat buat lanjutin kisahnya. Lanjuuuutt....

IOI Citymall, Putrajaya

Setelah dari Putrajaya, malam ini kami akan langsung melanjutkan perjalanan menuju Hatyaii-Thailand melewati jalur darat dengan bus. Kami naik bus Alisan dan bisa pesan tiket sebelumnya kemudian berangkat di Terminal Bersepadu Selatan (TBS).

Tapi sebelum menuju Terminal bus Bersepadu Selatan, kami menyempatkan diri mengunjungi IOI City Mall yang ada dikawasan Putrajaya. Mall ini termasuk mall baru yang ada di Malaysia. Karena perut udah lapar, kita langsung menuju foodcourt untuk makan malam. Makan dikawasan foodcourt disini ternyata tidak begitu mahal, dan tidak beda jauh dengan harga makanan di KL sentral. Saat itu saya coba makan Siszzling dengan Claypot Rice Chicken seharga 8RM.

Claypot Rice Kuliner Mall Malaysia
Claypot Rice Chicken
Setelah makan kelililing bentar, kami menemukan Yubiso,  toko Jepang semacam Daisou tapi harga disini kelipatan 5RM, seperti 10RM, 15RM dst dengan harga yang terjangkau. Keasikan liat-liat Yubiso, sekitar pukul 21.00 kami melanjutkan perjalanan menuju TBS untuk naik bus malam ke Hatyaii. Bus kami malam ini pukul 23.00, sampai di TBS pukul 22.00 dan kami masih ada waktu sekitar 1 jam untuk berberes sebelum berangkat.

Alisan to Hatyaii - Thailand

Sampai di TBS, kami langsung mencari tau terlebih dahulu pintu keluar untuk naik bus. Sama halnya dengan bandara, sebelum naik bus di TBS tiket kita diperiksa oleh petugas, dan kita sampai di ruang tunggu. Bus disini sangat tepat waktu. Misalkan kita berangkat pukul 23.00, 5 menit sebelumnya bus telah datang, langsung naik, dan tepat pukul 23.00 bus pun langsung jalan.

Pengalaman naik Alisan menuju Hatyaii kami cukup puas. Biaya bus dari TBS ke Hatyaii yaitu 60RM. Bus nya sangat besar dan bangkunya juga luas,  Jadi sangat nyaman untuk kita bisa tiduran di kursi bus. Tapi pastikan bawa jaket atau selimut karena AC nya lumayan dingin. Walau sedikit lebih mahal, tapi bus difasilitasi colokan ditiap bangkunya. Bagi kami yang miskin colokan ini, benar-benar sangat membantu karena ada colokan untuk senjata perjalanan selanjutnya.

Bus Kuala Lumpur ke ThailandBus alisan Kuala Lumpur ke Thailand
Dalam Bus Alisan

Selama perjalanan, nanti bus akan ada berhenti bagi yang butuh ke toilet. Tapi sekitar pukul 5 pagi, kita udah dibangungin petugas bus untuk dimintai pasport. Jadi untuk masuk Hatyaii, petugas bus udah langsung mengisi kertas atau blanko masuk hatyaii.

Sekitar pukul 07.00 pagi kita sudah di danuk, migrasi keluar dari Malaysia. Jadi semua penumpang turun, dan ikut jalur yang diarahin petugas bus agar kita gak mencar dan bisa langsung naik bus kembali. Bus nunggu di depan, setelahnya kita kembali naik ke bus. Gak jauh setelah itu, kita sampai di migrasi masuk Thailand.
imigrasi darat thailand
Imigrasi Darat Kuala Lumpur - Thailand

Migrasi Thailand

Saat sampai di migrasi Thailand, sedikit dag dig dug ini, akhirnya sampai di Thailand. Dengan segala huruf keriting yang meliuk-liuk gak tau apa bacanya, saya exited banget pengen bisa ngeluarin segala bahasa untuk bias interaksi disini. Saking senangnya, pengen foto disegala tempat yang ada tulisan keriting-keritingnya. (alay banget yah) hahaa.

Semua penumpang turun dan bawa semua barang. Jadi kita antri, dan cap paspor, lalu kita bayar 1RM untuk masuk Thailand. Jadi pengalaman saya saat sampai di depan petugas, si petugas migrasi senyum. Saya dengan tampang kucel dan masih ngantuk pagi-pagi cukup senyum kecil seadanya kemudian kembali dengan wajah masam dan cemberut. Saat itu petugasnya cewek, kemudian kembali si ibuk migrasi senyum dan membentuk jari seperti V menghadap ke saya. Karena katanya bayar 1RM, saya pun kaget dan berpikir kalau bayarnya 2RM. Jadi saya merogoh dompet dan ngeluarin duit 2RM. tapi kemudian si ibuk migrasi kembali senyum dan bentuk jari V, saya pun agak bingung ini ibuk ngomong apaan, akhirnya saya juga ikut bentuk jari V sambil tersenyum kecut karena gak ngerti. Dan tau gimana, si ibuk senyum dan angguk-angguk dengan jari membentu V nya. hahaha apa iniiiiii~ Ternyata si ibuk migrasi menyapa saya dengan jadi V atau peace ala Jepang. Kaget dan senang ternyata petugas migrasi Thailand ramah banget. Mungkin karena tampang saya yang kucel dan cemberut si ibuk migrasi berusaha menyemangati. Hahaha lucu banget. Bayar 1rm, cap paspor dan kelar, kita pun telah masuk di kawasan Thailand. Yeeyy~

Transportasi jalur darat kuala lumpur thailand
Imigrasi Thailand - Malaysia

Bus udah nunggu di depan, langsung naik dan kembali masukin barang, sekitar 1 jam perjalanan setelahnya, kita sampai di Hatyaii. Busnya akan berhenti di kantor tiket bus nya di sekitar kawasan Lee Garden Plaza, dan sampailah kita di Hatyaiiii~