Domestic Travel

Pemandian Air Panas Bukik Gadang Solok

20.02.00

Pemandian Air Panas Solok
Pincuran 7

Kalau udah dengar kata Solok, pasti udah kebayang suasana liburan karena begitu banyaknya tempat menarik yang bisa dikunjungi disini. Sebelum sampai kota Solok, kita juga bisa berbelok ke Alahan Panjang melihat Danau Ateh dan Bawah. Lalu juga dari Solok kita juga bisa mengunjungi Danau Singkarak. Tapi kebetulan perjalanan saya kali ini tidak untuk liburan tapi ada urusan keluarga. 

Saya berangkat pada hari jumat lalu tanggal 25 Maret 2016. Setelah urusan keluarga selesai sorenya, berpikir emang gak ada jalan-jalanya (ngebet amat ke tempat wisata) ternyata saya salah. Ada salah satu tempat yang malah ramai dikunjungi di sore hari. Yup, tempat yang cukup terkenal di Solok yaitu Pemandian Air Panas Bukik Gadang, yang berada dikawasan kaki Gunung Talang, daerah sungai Janiah. Dan juga sangat kebetulan lokasi kunjungan keluarga saya kali yang berada di koto anaw, kaki Gunung Talang, dekat dengan pemandian air panas ini. Jadilah sore itu sebelum balik ke Padang, saya dan keluarga menyempatkan diri mengunjungi pemandian air panas ini.

Ini kali kedua saya mengunjungi pemandian air panas disini. Sebelumnya juga pernah saya mengunjungi pemandian air panas yang dibelakang mesjid di Bukik Kili, di daerah solok juga, tapi saya lebih suka yang di Batu Gadang. Jadi lokasi terdekat yang saya tau dan kedua kalinya dikunjungi yaitu disini, dan juga terkenal dengan nama Pemandian Air Panas Pincuran Tujuah. Di Solok sangat terkenal dengan lokasi pemandian air panasnya yang mengalir langsung katanya dari gunung Talang. Karena pemandian air panas yang di Solok Selatan sangat jauh, jadi kami hanya mengunjungi pemandian air panas yang terdekat saja dari lokasi tujuan kami.

Lokasi

Pemandian air panas Koto Gadang ini terletak di daerah sungai Janiah, Bukik Gadang. Jika dari kota solok kita menempuh jarak lebih kruang 20 menit. Pemandangan dikawasan sungai Janiah ini sangat indah. Sepanjang jalan kita bisa melihat hamparan sawah yang luas dan bertingkat-tingkat serta pohon kelapa dan batu-batu yang besar. Saya sangat suka perjalanan kalau udah kesini karena sangat indah. 

Jalanya lumayan kecil dan hanya bisa dilalui 1 mobil. Tapi kalau udah ketemu 2 mobil yang berlawanan tetap masih bisa tapi jalanya beneran sempit. Jadi akan sangat sulit sekali jika ada bus besar yang masuk. Setelah menempuh perjalanan lebih kurang 20 menit dari kota solok, kami pun sampai disini. Nanti kita bisa lihat sebelah kanan, lalu ada jalan menanjak dan bisa langsung bertemu Pemamdian Aie Angek (Air Panas) Bukik Gadang.


Pemandian Air Panas Solok
Pemandian Air Panas Solok
Suasana di Luar

Suasana di Pemandian Pincuran 7 Bukik Gadang

Pemandian terbagi 2 untunk cewek dan cowok. Jika siang hari pengunjung dikenakan tarif Rp.5000/kepala. Dan Rp,10.000 jika malam hari. Karena saya di lokasi cewek, jadi saya hanya tau kawasan cewek. :D Disini terdapat kamar ganti, kolam kecil untuk berendam, serta ada 7 pincuran yang langsung berasal dari air Gunung Talang.

Semakin sore dan malam, pengunjungnay semakin ramai. Karena namanya pemandian air panas, jadi airnya beneran sangat panas. Kita mesti masuk dan coba perlahan-lahan agar suhu tubuh dan air menyatu. Selain dipercaya bagus untuk kesehatan, mandi air panas juga bisa menyegarkan badan apalagi mandi saat sore atau malam hari.

Pemandian Air Panas Solok
Pincuran 7 yang airnya langsung mengalir
Pemandian Air Panas Solok
Pemandian Khusus Cewek

Pemandian Air Panas Solok
Jalan ke atas Menuju kolam Privasi

Suasana Kolam Privasi di Bukik Gadang

Gak begitu jauh dari sini, sedikit mendaki lagi di atas, kita juga menemukan kolam air panas lagi yang lebih privasi cocok untuk kunjungan rombongan atau keluarga besar. Tempat disini lebih cantik dan indah. Lebih dikelola secara pribadi oleh salah seorang warga. Terdapat pondokan atau cottage dan juga dikelilingi bunga-bunga yang indah serta bisa langsung terlihat pemandangan lereng-lereng sawah yang indah. Tapi sayang air disini agaknya sulit mengalir. Jadi kalaupun nunggu air penuh akan sangat lama. Jadi kalau mau kesini lebih baik di booking jauh-jauh hari sehingga airnya bisa dialiri dengan baik. Dan tempat yang saya kunjungi sebelumnya pada September  2013 lalu yaitu disini.

Pemandian Air Panas Solok
Tempat Berupa Cottage dan Foto ini saya ambil dari Atas
Pemandian Air Panas Solok
Pemandangan dari Atas Cottage
Pemandian Air Panas Solok
Pemandangan dari Cottage
Pemandian Air Panas Solok
Naomi dari Jepang - Tempat juga dilengkapi kursi dan tempat Sholat
Pemandian Air Panas Solok
Kolam Pemandian Alami yang airnya lagi Kering
Pemandian Air Panas Solok
Penampakan dari bawah

Jadi gak begitu lama, selesai mandi di pincuran 7 lebih kurang 30 menit. Saya dan keluarga istirahat sejenak sembari sholat magrib. Setelah mandi, kami biasa duduk di warung dekat sini sambil minum teh hangat, dan cemilin tahu  brontak favorit saya. :D Hehe.

Pemandian Air Panas Solok
dingin-dingin Siap mandi makan Tahu Brontak
Karena begitu banyak kawasan yang terdapat Air Panas di Solok ini, apalagi selain disini juga ada di bukit Kili, semoga kedepannya bisa terus berkembang dan menjadi salah satu tujuan wisata yang layak untuk dilestarikan. Karena pastinya ketika saya pernah mengunjungi pemandian air panas di Jepang, tempat kita juga layak dan berpotensi untuk dimanfaatkan dan akan sangat lebih bagus lagi jika bisa lebih dikembangkan. :)

--------------------------------------------------------

Alamat

Bukik Gadang, daerah Sungai Janiah
Open : Pagi - Malam

You Might Also Like

2 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^