Korea

Mengunjungi Taman Ilalang yang Terkenal di Seoul - Haneul Park

22.43.00

Haneul Park

Melanjuti kisah pengalaman pertama aku traveling di Seoul Korea, salah satu list itinerary yang wajib dikunjungi saat autum di Seoul yaitu Haneul Park. Setelah googling dan cari berapa referensi, aku dan teman-teman memutuskan  untuk kesini. Karena lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota Seoul. Kemudian ketika autumn, taman ilalangnya jadi warna kuning keemasan. Kalau hari biasa, warnanya lebih hijau segar atau mungkin bahkan tidak ada. Jadi kunjungan kami ke Seoul benaran tepat saat taman ilalang ini lagi cantik-cantiknya.

Awalnya aku berpikir Haneul park ini hanyalah teman kecil biasa yang bisa dijangkau dengan waktu perjalanan 1 atau 2 jam. Karena sotoy dan tidak begitu detail lihat review, aku menyelipkan list mengunjungi taman ini pada sore hari dihari pertama kedatangan kami ke Korea. Karena berpikir lokasi ini sejalan dengan tujuan pertama kami santai-santai disekitaran daerah Hongdae dan Ehwa Women University, serta pasti akan sangat cantik ketika sunset.

Jadi awalnya sekitar jam 3 sore, dari ehwa kami berencana naik bus menuju haneul park. Tapi lagi-lagi karena kurang persiapan, kami salah jalan dan salah naik bus hingga tersesat dan menghabiskan waktu. Jadilah kami sore itu hingga malam menghabiskan waktu di Hongdae. Bagaimana kisah di Hongdae, aku akan menceritakan pada page terpisah yaa.

Karena masih penasaran, kami mengubah itinenerary dan memasukan schedule selanjutnya kunjungan ke Haneul Park pada hari ke-4 kami di Korea pagi harinnya. Awalnya berpikir sore waktu yang tepat, ternyata pilihan kami untuk datang pagi-pagi hari juga tidak salah. Cahaya pagi waktu yang tepat untuk bisa mengambil foto dengan matahari yang tidak terlalu panas dan terik. Pukul 7 pagi kami sudah start berangkat dari penginapan. Karena masih bingung dengan jalur bus, kami memutuskan naik subway yang lebih mudah dimengerti.

Transportasi Menuju Haneul Park

Stasiun terdekat untuk bisa mencapai lokasi ini yaitu station world cup stadion (jalur coklat). Sebelum mencapai ini, kami transit terlebih dahulu distasiun Hapjeong. Jika melihat peta subway, akan lebih mudah dimengerti. Setekah sampai station, kita bisa cari arah keluar menuju world cup stadion. Dari sini kita tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Haneul Park. Perlu berjalan sekitar 600m. Karena di Korea Google Map tidak begitu terbaca, jadi pakai naver map navigation yaa. Jika bingung disini lebih cepat lihat petunjuk jalan langsung.

Keluar dari World Cup Stadion Station, lihat eskalator tinggi kiri dan kanan, kami memilih eskalator kanan yang lebih dekat. Lebih dekat lagi bisa naik tangga lurus. Nanti dari sini bisa turus lurus melewati World Cup Stadion. Karena sepanjang jalan sini dedaunan bewarna autumn, jadi jalan kaki pun tidak berasa karena jalanan yang indah dan banyak pepohoanan.

Seoul World Cup Stadion

Setelah melewati world cup stadion, kita bisa keluar dan ikutin trotoar dan petunjuk jalan, lalu kita akan menemukan perempatan jalan yang luas. Dari sini bisa menyebarng lurus, dan menyebrang lagi ke kanan ke arah perbukitan sesuai panah saya ini yaaa.

World Cup Park

Cara Menuju Haneul Park

Setelah menyebrang tidak begitu jauh melewati parkiran, kita bisa langsung menemukan pintu masuk menuju Haneul Park dan antrian naik bus mini Tayo. Oia Haneul Park ini berada diatas bukit. Dari banyak review yang kami baca, untuk bisa capai ke teman, kita bisa menaiki anak tangga, tapi pasti kebayang kan gimana capeknya. Tapi ternyata gak perlu cemas. Ada mobil tayo mini sebagai penyelamat yang bisa dinaiki untuk bisa mencapai langsung ke lokasi taman tanpa harus capek-capek menaiki anak tangga.

Bus Tayo Korea

Dengan membayar 3000 Won, kita sudah dapat tiket bus mini Tayo PP untuk pergi dan pulang serta sudah termasuk tiket masuk Hanel Park. Karena ramai dan jumlah bus yang terbatas, jadi cukup antri dan memakan waktu.

Selama menunggu kami disapa halmeoni (nenek-nenek) di Korea. Mereka sangat ramah dan baik dan ketika melihat kami selalu memuji yeppo yeppo yang artinya cantik. Karena pernah dengar di drama-drama, jadi saat mereka bilang yeppo kami langsung tau artinya. Agak tersipu dan kegeeran gitu sih dibilang cantik. :D Karena kami pakai hijab, kirain bakal rasis tapi ternyata malah dipuji. Mungkin karena mata kami yang bulat besar jadi dibilang cantik. Katanya sih kalau di Korea yang punya mata bulat besar itu cantik. Nenek-nenek ini juga memberi kami jeruk. Senang banget mereka sangat baik hingga kami foto bersama.

Nenek di Korea

Bus Tayo mini ini sangat lucu. Kami memilih duduk dikursi paling belakang sambil menikmati pemandangan sekitar. Hanya 5-10 menit perjalanan, kita sudah sampai dilokasi yang dituju. Alhamdulillah saat kami sampai cuaca sangat cerah. Dari tempat pemberhentian bus tayo, kita disambut pemandangan dari atas bukit yang indah.

View dari Haneul Park

Spot Foto di Haneul Park

Karena tamannya sangat luas, jadi pintar-pintar buat atur spot foto dan mengitari tamannya. Sebelumnya kita bisa pelajari dulu lokasi taman dan bunga apa saja yang ada disini. Jadi selain taman ilalang, kita juga bisa berfoto ditaman Muhly grass Pink dan Coklat yang sangat cantik. Karena saat itu yang dekat dengan kami muhly grass coklat, kami memilih foto disini terlebih dahulu.

Muhly Grass Haneul Park

Walau gak begitu banyak, tapi disini juga terselip bunga matahari. Jadi bagi yang mau foto dengan bunga matahari juga bisa. Tinggal atur angle foto yang bagus biar gak begitu kelihatan kalau bunga mataharinya cuma sedikit.

Taman Bunga Matahari di Korea

Selanjutnya mengitari taman ilalang. Kalau lapar, dijalanan sini juga ada ibu-ibu yang jualan kimbab atau cemilan. Lumayan buat ganjal perut karena disekitar sini kami tidak menemukan restoran. Kalau pun ada mungkin pilihanya tidak begitu banyak. Jadi kalau bisa selebum kesini saat pagi atau siang, lebih baik makan dahulu atau bawa cemilan.

Tempat makan di Haneul Park

Agak was-was juga buat foto disemak-semak, takut ada sesuatu yang keluar. Sempat dengar suara-suara aneh seperti suara hewan, tapi Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Heehe. Karena sudah capek-capek kesini, jadi puas-puasin ambil foto yang banyak dan bagus yaa serta menikmati taman dan angin tang bertiup sepoy-sepoy. Ada kincir angin raksasa juga yang menambah keindahan taman serta lokasi berupa panggung tinggi yang bisa dinaiki untuk menikmati view dari ketinggian. Tapi karena ramai, dan antri yang lumayan panjang, kami mengurungkan niat naik kesini dan hanya berfoto ditaman.

Haneul Park Korea

View Taman Haneul Korea

Setelah puas berfoto ditaman ilalang, kami menyempatkan untuk mengunjungi taman muhly grass pink. Sedikit agak jauh berjalan, tapi akhirnya kami sampai dengan rasa puas tamannya juga cantik banget. Taman Muhly Grass Pink ini karena mudah hancur, jadi para penjaga memagari taman ini dan hanya boleh berjalan diarea yang sudah ditentukan. Tapi banyak pengunjung yang tidak mematuhi aturan dan memasuki taman, sehingga ada beberapa spot tanaman yang sudah rusak terinjak-injak.

Muhly Grass Pink Haneul Park

Setelah cukup puas disini, santai sejenak dan matahari juga sudah terik. Kami memutuskan untuk kembali dan menuju list itinerary selanjutnya. Walau awalnya penuh drama buat mencapai lokasi ini, tapi kami sangat puas karena keindahan taman dan foto-foto yang cantik.

So, buat yang mau kesini, sangat recomended dan disarankan datang pagi hari ya. Karena sangat cerah dan awan biru yang menambah keindahan warna saat berfoto. Kalau bisa waktunya tidak terlalu mepet karena pejalanan yang cukup memakan waktu dan taman yang cukup luas.

Semoga Have Fun yaa!!

Haneul Park, Seoul - 7 Novermber 2019.