Overseas Travel

Pengurusan Passport Anak dan E-Passport 2023

18.13.00

pengurusan passport 2023

Setelah masa covid berakhir, senang banget akhirnya mulai semangat buat jalan-jalan. Pastikan sebelum berburu tiket murah, masa berlaku passport masih berlaku 6 bulan sebelum keberangkatan. Karena masa berlaku passport aku sudah habis, jadi akhirnya ada kesempatan buat perpanjangan passport plus bikin passport baru buat anak. 

Perpanjangan E-Passport dengan M-Passport

Berbeda dari yang sebelumnya,  pengurusan passport sekarang semakin dipermudah dengan adanya aplikasi antrian passport namanya M-Passport. Jadi kebetulan aku mengurus passport di Jakarta dan ini juga bisa berlaku disemua daerah. 

aplikasi m passport
  1. Download Applikasi M Passport
  2. Daftar baru bagi yang belum punya akun
  3. Setelah masuk akun bisa langsung ajukan permohonan.
    Disini nanti akan muncul pilihan permohonan pasport reguler / percepatan. Jadi pilih yang reguler kalau gak terlalu buru-buru.
  4. Tentukan lokasi pembuatan passport.
    Untuk permohonan e-passport, pastikan lokasi yang dipilih menyediakan layanan e-passport. Kemaren aku kesulitan mendapatkan jadwal karena ternyata ada lokasi yang tidak ada layanan e-passport. Karena ganti lokasi, kita harus isi ulang data. Jadi aku sampai isi berkali-kali. Akhirnya aku pilih lokasi yang sudah pasti ada seperti Kantor Imigrasi 1 Jakarta Selatan, karena sebelumnya pernah urus disini.
    *kalau passport biasa, dimana aja bisa ya
  5. Setelah itu isi lengkap semua data dengan benar dan jelas.
  6. Setelah semua data diisi kita bisa tentukan jadwal pengajuan passport.
    Kebetulan aku dapat jadwal antrian sampai 3 minggu di imigrasi Jakarta Selatan karena disini emang ramai banget yang urus passport.
  7. Lanjut ke pembayaran, bisa ditunggu beberapa saat untuk dapat billing pembayaran
    Pembayaran bisa dilakukan melalui M-Banking / Tokopedia. Kebetulan waktu itu aku pilih Tokopedia yang lebih mudah.
  8. Setelah pembayaran, nanti kita beberapa saat sampai status passport berubah jadi "pembayaran berhasil". Setelah itu kita akan dapat QR code, dan QR code ini yang nantinya kita tunjukan saat kita datang ke imigrasi.
    Kadang applikasi M-passpprt suka eror, dan harus install ulang. Pastikan setelah dapat QR code, langsung di screenshoot dan save buat jaga-jaga.

Jika kita cuma perpanjangan passport, dokument yang dibawa : 

(Asli dan fotocopy)
1. QR code untuk registrasi kedatangan dan ambil nomor antrian
2. KTP
3. Passport lama 


Pengurusan Passport Anak

Untuk pengajuan jadwal kunjungan, bisa dilakukan bersamaan lebih dari 1 orang. Jadi pengajuan passport anak sudah langsung masuk jadwal.

Cuma karena anak aku mengurus passport baru, jadi ada tambahan khusus dokument buat anak :
(Asli dan fotocopy)
  1. Akta Kelahiran / KIA 
  2. Buku nikah orang tua 
  3. KK 
  4. KTP orang tua 
  5. Surat pernyataan persetujan pengurusan passport oleh orang tua dan materai 10.000
    Form nya tersedia langsung diimigrasi dan tinggal diisi dan di tanda tangani. Tapi sebaiknya sedia materai biar gak bolak-balik beli materai diluar.
Pengurusan cukup cepat dan kelar dalam 1 jam. Paling senang sekarang passport bisa diambil langsung dan bisa dikirim juga melalui pos. Di imigrasi sudah tersedia pos khusus yang akan melayani pengiriman passport. Petugas akan memisahkan passport kita yang dikirim pos. Jadi pastikan kalau mau dikirim via pos, bisa diinfo langsung ke petugas imigrasi dan membayar  biaya tambahan.

Gak nyampai seminggu passport sudah jadi. Yay! Paling Happy lagi masa berlaku passport sekarang sudah 10 tahun. Tapi khusus passport anak masa berlakunya masih 5 tahun ya. Walau e-passport antrianya cukup lama, jadi pastikan cek terus quotanya. 

Happy Travelling!

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^