Mom's and Baby

Pentingnya Wisata Rasa Mpasi untuk Tumbuh Kembang Sikecil

21.33.00

wisata rasa royco

Halo moms..

Memasuki masa mpasi bagi aku jadi bagian paling bikin pusing tapi juga paling menyenangkan. Masa ini jadi kesempatan buat kita untuk mengajarkan pada sikecil untuk eksplor berbagai rasa pada makanan. Walau sudah berusaha semaksimal mungkin gonta-ganti menu ternyata yang namanya GTM sulit dihindari.  apalagi kalau anak sampai mogok makan (GTM) berhari-hari, hinggu berminggu-minggu, bisa jadi ancaman untuk kebetuhan nutrisi ataupun tumbuh kembangnya. 

Apa faktor penyebab anak GTM?

Tapi sebelum pusing dengan anak yang mogok makan, ada baiknya kita juga mengenal penyebab dari anak GTM itu sendiri. Ada banyak faktor penyebab anak GTM, bisa jadi lagi tumbuh gigi, bosan dengan menu makan, atau suasana makan yang kurang nyaman, kebanayakan minum susu hingga anak kenyang duluan atau bisa jadi juga rasa makanan kita kurang enak. Apalagi ada mitos yang beredar kalau pemberian mpasi pada bayi harus hambar.  MPASI dianggap tidak perlu memiliki rasa,karena indera pengecap bayi belum sempurna, sehingga penggunaan gula, garam atau bumbu lainnya harus dihindari. Jadi benar gak sih mom kalau mpasi itu harus hambar?

Fakta Seputar MPASI

Pas banget tanggal 21 July 2023 kemaren, aku menghadiri event wisata rasa bersama royco. Dalam event ini kita jadi dapat pengetahuan tentang mpasi karena disini dibahas tuntas tentang fakta dan mitos mpasi. Pada event ini, menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan :

• Amaryllis Esti Wijono – Direktur Nutrition Unilever Indonesia
• Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN – Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas
Ekologi Manusia IPB University
• dr. Miza Afrizal, SpA – Dokter Spesialis Anak
• Nikita Willy – Celebrity Mom

mitos dan fakta mpasi

Berdasarkan penjelasan Dr.Miza Afrizal selama acara, Faktanya pemberian rasa pada bayi selama mpasi itu dibolehkan, untuk mengenalkan kepada anak berbagai macam rasa. Dr.Miza juga menjelaskan, faktanya sejak dalam kandungan, anak sudah mulai mengenal rasa makanan dari dalam kandungan melalui makanan yang dikonsumsi si ibu. Bahkan ASI itu sendiri juga sudah memiliki rasa. Tapi pemberian garam tetap perlu dibatasi karena kondisi ginjal bayi yang belum sempurna. Sesuai anjuaran IDAI. Pada anak usia 6-12 bulan, pemberian garam pada anak dibatasi hingga 1gr perhari. 

fakta mpasi

Dengan kita mengenalkan berbagai macam rasa pada bayi, ini juga bisa menghindari terjadinya neophobia (takut akan makanan baru) pada anak. Sehingga dengan menghindari hal ini, salah satu penyebab anak gtm pun juga bisa dihindari. Celebitry mom Nikita Willy juga menjelaskan kalau anaknya juga pernah mengalami GTM tapi tidak berlangsung lama. Karena dari kecil baby Issa sudah dikenalkan dengan berbagai rasa sedari masa awal mpasi.

curhatan nikita willy tentang anak gtm


Wisata Rasa Bersama Royco

Karena pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan balita pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dalam event ini royco melakukan kampanye yang bertujuan mendorong para ibu untuk terus memperkaya pengetahuan seputar Makanan Pendamping ASI (MPASI) – termasuk mitos dan faktanya  Royco juga mengenalkan royco kaldu spesial yang bewarna hijau, yang mana diformulasikan tanpa micin, tanpa pengawet dan lebih rendah garam sehingga cocok digunakan buat Mpasi.

bumbu yang aman buat mpasibumbu mpasi

Royco juga menghadirkan buku resep yang isinya ada 30 menu dan siap menjadi panduan ibu dalam mengkreasikan aneka menu MPASI sesuai pedoman “Isi Piringku”. Nikita Willy, celebrity mom turut berbagi pengalaman sebagai seorang new mom sekarang jadi lebih percaya diri mengekplorasi variasi menu yang flavorful dan bernutrisi seimbang untuk Issa karena telah hadirnya royco kaldu spesial baru. Dalam event ini juga niki demo masak salah satu menu dari bukunya Royco.

fakta mpasi
pentingnya 1000 hari pertama kehidupan

Pentingnya Kebutuhan Nutrisi Anak Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)

Pada event ini juga diinfokan kalau Royco dan IPB University juga melakukan pemberdayaan kepada para kader kesehatan mengenai edukasi seputar nutrisi dan menu MPASI. Karena maraknya Isu malnutrisi merupakan persoalan gizi yang harus diselesaikan melalui edukasi secara berkelanjutan. Jadi Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University juga turut mendukung dengan kegiatan training of trainers (ToT) dan demo masak MPASI ke 100 orang kader kesehatan di wilayah Bogor. Berharap jika pengetahuan ini disebarluaskan bisa menjangkau 1.000 ibu dengan bayi berusia di bawah 2 tahun dan kebutuhan nutrisi anak pada 1000 HPK bisa terpenuhi.

penggunaan kaldu yang aman buat mpasi

Kreasi Menu Mpasi Royco

kreasi menu mpasi

Karena penasaran dengan menu Mpasi royco, aku juga coba salah satu menunya yaitu Pakchoi baby Pasta. 

Bahannya :

4 lembar pak choi
1/2 daun bawang
1/2 sdm mentega tawar
40 ml susu
100 gr fillet ikan dori, kukus
110 gr pasta MPASI
1/4 sdt Royco kaldu spesial jamur

Cara masak :
  1. Rebus pakchoi, angkat. Haluskan bersama daun bawang. sisihkan.
  2. Kukus fillet dori, potong kecil.
  3. Lelehkan mentega dan campur dengan susu. Tumis pakchoi dan dori, masak hingga harum.
  4. Masukkan pasta rebus dan Royco Kaldu Spesial Jamur. Masak sambil diaduk rata.
  5. Angkat, sajikan seger
alhamdulillah anak aku jadi ikutan lahap makannya. Dan aku juga gak perlu takut lagi untuk kreasi menu dengan berbagai rasa.

Untuk informasi lebih lengkap seputar menu mpasi Royco, juga bisa dicek pada link ini ya.

Semangat terus yaa mams buat melengkapi nutrisi bagi anak kita. Semoga nutrisi sikecil terus terpenuhi secara maksimal.

tips anak anti gtm

You Might Also Like

2 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^