Japan Travel

Pengurusan Visa ke Jepang dan Keberangkatan

11:04:00 PM

Masih lanjutan kisah Trip Winter ke Jepang

Setelah urusan tiket selesai, berlanjut ke urusan visa. Untuk dapatin visa di Jepang itu susah-susah gampang. Susahnya si karena di padang gak ada kedutaan besar Jepang. Jadinya aku harus urus ke Medan. Untungnya aku punya teman di Medan yang berbaik hati mau bantuin. Dan lagi untuk urusan visa di Jepang memang sedikit ketat soal dana dan tinggal kita disana. Saat itu aku memilih jenis visa kunjungan teman karena kunjungan aku memang gak begitu lama dan emang buat ngunjungi teman kan ceritanya. Dari syarat visa ini, tertera beberapa persyaratan seperti undagan dari teman, bukti keuangan, jaminan jika sipengundang yang menjamin kita selama disana.

Aku memang gak memiliki keungan yang banyak. Spontan sedikit kaget mau liatin isi tabungan berapa nih. Tapi saat itu si okaasan berkata kalau dia bakal menjamin aku selama disana. Saat itu aku sedikit lega, dan beliaupun mengurusi semua keperluan yang dianggap perlu buat urus visa. Mulai dari undangan, surat yang menyatakan kalau aku disana dijamin, bukti keuangan, alamat dan tempat tinggal, serta jadwal perjalanan selama aku disana. Benar-benar terimakasih banget buat okaasan yang telah repot-repot urusin itu semua buat kedatanganku.

Sebulan sebelum keberagkatan, semua persyaratan visa pun telah sampai di Padang. Saat itu aku masih belum yakin, apakah aku bisa ke Jepang. Tapi jalan semakin dekat, dan harapan itupun tentunya semakin besar.

Saat 3 minggu sebelum keberagkatan, akupun mulai mengurusi visa buat dikirim ke Medan. Saat itu sebelum mengirim visa aku menelpon konjen di Medan. Ternyata si bapaknya baik banget. Dan tidak memperibet proses pengurusan visa. Untuk urusan biaya pun, standar visa biasanya 300ribuan, tapi karena status aku masih mahasiswi jadi kata si bapak aku bisa gratis ngurus visanya. :) Saat visa sampai di Medan, dalam 2 hari visa aku dah kelar. Si bapak konjen sampai nelpon kalau visa aku dah kelar dan bisa diambil. Aku langsung kaget dan senang. Tapi masih gga mau terlalu senang sampai aku beneran nyampe di Jepang. aku masih gga percaya kalau aku bakalan ke negeri impian.


buat yang ingin tahu info lebih lengkap buat urusan visa ke Jepang, bisa di cek di web ini.. :)


Saat itu minggu ke-2 desember 2012. Ujian yang katanya bakalan diadakan minggu pertama jadi di undur di minggu ke-2. Sempat kaget juga karena jadwal keberagkatan aku jadi dalam minggu ujian. Dan untungnya ujian semester kali ini banyak tugas-tugas. Jadi aku berusaha menyelesaikan tugas secepat mungkin. Emang kebiasaan ngumpul tugas saat terdesak kali yah. Akhirnyaaa tugas terakhir aku kelar hari rabu. Padahal belum ada packing barang sama sekali. Dan kamisnyaa tanggal 20 desember aku berangkat ke Jepang. wow banget deh waktu itu. Kekuatan Jepang akhirnya menyelesaikan tugas-tugas juga.hohohoh.

Hari rabu 19 desember sebelum beragkat ke Jepang, aku pun membeli beberapa oleh-oleh buat dibawa ke Jepang. malamnya sebelum berangkat aku beres-beres barang. Simama yang beneran cemas dengan keberangkatan aku besok sampai meneteskan airmata. Sedikit lebay memang. Tapi namanya orang tua siapa yang gak sedih coba anaknya pergi sendirian dan itu pertama kalinya lagi. Saat tidur beneran gga bisa tidur karena sudah gga sabar buat segera hari esok dan sedikit cemas apakah aku bisa sampai disana dengan selamat. Hehehe.

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^