Japan Culture

Kegiatan di Jepang Selama Musim Semi

9:57:00 PM

·         Nyuugakushiki∙Nyuushashiki
Kalender pembukuan perusahaan di Jepang dimulai pada tanggal 1 April, dan berakhir pada tanggal 31 Maret. Kalender pendidikanpun dimulai pada bulan April. Pada awal April dilaksanakan upacara penerimaan siswa baru dan upacara penerimaan pegawai baru. Riwayat pendidikan dianggap penting. Pegawai di Jepang sebagian besar dipekerjakan sampai usia 65 tahun. Karena populasi orang tua lebih banyak daripada orang muda, jadi batasan umur untuk bekerja tidak terlalu berlaku di jepang. Para pegawai baru tersebut mendengarkan sambutan presiden direktur mereka dengan khidmat, meskipun sedikit cemas dengan dunia kerja yang baru mereka masuki. Banyak orang tua yang datang pada upacara tersebut dengan memakai pakaian formal. Baik ketika upacara penerimaan siswa SD,SMP, maupun SMA. Bahkan akhir-akhir ini banyak juga orang tua yang hadir pada saat upacara penerimaan pegawai baru. Hal tersebut tidak asing lagi.
Upacara penerimaan siswa dan pegawai baru biasanya bersamaan dengan masa-masa dimana bunga sakura sedang berkembang.

·         Sakura
Tidak ada peristiwa di akhir maret hingga awal april yang paling ditunggu oleh masyarakat Jepang selain mekarnya bunga sakura. Saat kuncup-kuncup pink dan putih bunga sakura muncul, itulah pertanda musim semi telah tiba, musim yang menjanjikan masa depan cerah dan penuh dengan harapan. Taman dan kebun yang sebelumnya dipenuhi salju, kini tampak menghangat seiring mencairnya salju.

Mekarnya bunga Sakura memang memiliki makna tersendiri yang mungkin tidak akan pernah bisa terungkapkan dengan untaian kata-kata. Sebuah makna kesejukan, keheningan, kebahagiaan dan ketenangan. Sakura juga bermakna perpisahan saat bunga sakura mulai jatuh berguguran di tiup angin.

Kecantikan bunga sakura juga memiliki arti spiritual dan filosofis tentang kehidupan manusia. Bagi orang Jepang, bunga itu menyimbolkan kegembiraan dan kesedihan serta mengingatkan manusia untuk selalu bersyukur dalam menghargai kehidupan dan kesedihan.

Sakura juga mengingatkan bahwa segalanya memiliki kebalikan. Ada sedih, ada gembira. Ada hidup, ada saatnya mati. Ada saatnya merekah dengan indahnya dan ada saatnya berguguran. Dan itulah yang bunga sakura lakukan, mekar dengan memberikan keindahan bagi jiwa-jiwa yang berkelana. Itulah mengapa di setiap mekarnya bunga sakura, keluarga jepang merayakannya dengan berkumpul bersama, menyusuri taman sembari melakukan renungan dan menikmati hidangan di bawah pohon sakura. Perayaan ini dinamakan “Hanami”.

·         Hanami
Hanami adalah kegiatan melihat bunga sakura. Karena bunga sakura merupakan bunga khas negara Jepang, dengan hanya mengatakan (Hanami) saja, semua orang akan langsung tahu bahwa yang dilihat pastilah bunga sakura. Sakura adalah jenis bunga yang berkembang di seluruh pohon sakura, tetapi karena ciri khas bunga ini adalah mekar sebelum daun mudanya tumbuh, maka saat semua bunga mekar, seluruh pohon akan tertutupi hanya oleh bunga-bunga saja. Dan hal tersebut menjadi sebuah pemandangan yang indah untuk dinikmati setelah musim dingin yang panjang dan musim semi datang, semua orang sangat menantikan mekarnya bunga sakura. Kemudian orang-orang bersama keluarga, teman sejawat ataupun sahabat akan bersama-sama duduk dibawah pohon sakura yang sedang berbunga sebelum makan, minum ataupun berkaraoke. Hal seperti itu berlangsung di setiap daerah di seluruh Jepang dan merupakan kesenangan terbesar orang Jepang dalam 1 tahun kehidupan.
·         
S  Suntou
Di Jepang, kira-kira semenjak seratus tahun yang lalu sudah ada yang namanya perkumpulan ketenaga kerjaan atau serikat tenaga kerja jepang. Setiap  tahun pada musim semi perkumpulan buruh tersebut melakukan demo supaya mendapatkan gaji yang layak, rumah yang layak, pakaian yang bagus, dan lain-lain.
Pekerja di jepang, makin lama dia bekerja maka tingkat gajinya semakin tinggi pula.

DAFTAR PUSTAKA
Buku nihonjijo nihon o shiru

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^