Japan Culture

Kehidupan Sehari-hari di Jepang Selama Bulan July

9:46:00 PM

Kegiatan atau Perayaan yang ada di Jepang Selama Bulan July serta beberapa istilah yang sering hadir di Jepang :

1       Chuugen
Dari zaman dahulu di Jepang, dalam setahun dibagi menjadi 2 bagian, yaitu dari bulan 1 sampai bulan 6 dan dari bulan 7 sampai bulan 12. Bulan 7 diibaratkan sebagai pengulangan tahun baru. Pada saat ini, masyarakat Jepang saling memberikan hadiah untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain, seperti orang tua, kerabat, guru, klien bisnis, kepala perusahaan, dan sebagainya. Kegiatan tersebut dikenal dengan chuugen (hadiah pertengahan tahun).

2       Natsuyasumi
Musim panas (natsu) adalah salah satu saat dimana murid-murid sekolah Jepang berlibur. Dibandingkan libur musim dingin, dan musim semi, mereka lebih menikamati libur musim panas (natsu yasumi), terutama karena waktu libur itu lebih panjang kecuali didaerah dingin seperti di Hokaido yang libur musim dinginnya lebih panjang dari pada liburan musim panas. Libur musim panas di Jepang berbeda-beda tegantung daerahnya, biasanya berlangsung antara 18 juli sampai 31 agustus dan berlangsung selama kurang lebih 40 hari.

Musim panas diawali dengan musim hujan yang disebut tsuyu. Setelah hujan berakhir , musim panas di Jepang akan terasa panas dan lembab. Namun tidak membuat orang jepang mendekam didalam rumah. Biasanya liburan musim panas digunakan olek klub ekskul disekolah untuk mengadakan turnamen olah raga besar atau acara menginap bersama. Misalnya untuk anak usia SMA diadakan turnamen atletik, turnamen atlit baseball dan festival kebudayaan gabungan SMA seluruh jepang.

Karena libur musim panas diadakan pada masa antara semester pertama dan kedua di sekolah, maka murid-murid biasanya diberi banyak tugas (shukudai) untuk mengisi liburan mereka, seperti latihan soal matematika, bahasa Inggris, IPA, IPS, essai, dan sebagainya. Namun tidak semua murid bisa menghabiskan liburan musim panasnya dengan bermain-main, yaitu bagi murid SD, SMP dan SMA yang menghadapi ujian masuk ke sekolah berikutnya. Bagi mereka libur musim panas adalah waktu untuk belajar (jyuken benkyou).

3       Manga
Manga (漫画) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang. di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Mangaka (漫画家) (adalah orang yang menggambar manga).

Majalah-majalah manga di Jepang biasanya terdiri dari beberapa judul komik yang masing-masing mengisi sekitar 30-40 halaman majalah itu (satu chapter/bab). Sebuah judul manga yang sukses dapat terbit hingga bertahun-tahun. Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut tankōbon (atau dikenal dengan istilah volume). Komik dalam bentuk ini biasanya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi dan berguna buat orang-orang yang tidak atau malas membeli majalah-majalah manga yang terbit mingguan yang memiliki beragam campuran cerita/judul. Dari bentuk tankōbon inilah manga biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain di negara-negara lain seperti Indonesia.

4        Nemawashi
Nemawashi (根回し) adalah sebuah proses informal berupa tindakan yang diam-diam meletakkan dasar untuk memuluskan beberapa perubahan atau proyek yang diusulkan. Bentuk kegiatannya ialah dengan berbicara kepada orang-orang yang berkepentingan, mengumpulkan dukungan dan umpan balik, dan sebagainya. Kegiatan ini dalam budaya Jepang dianggap sebagai sebuah elemen penting untuk suatu perubahan besar, yang dilakukan sebelum langkah-langkah formal dijalankan, dan suatu nemawashi yang sukes memungkinkan berbagai perubahan dilaksanakan dengan persetujuan dari semua pihak.

Nemawashi secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi "menggali di sekitar akar", yang terdiri dari akar kata (ne, akar), dan 回す (mawasu, di sekitar [sesuatu]). Makna aslinya, yaitu menggali di sekitar akar pohon untuk menyiapkan transplantasi (pemindahan) pohon tersebut.


3.1       Kesimpulan
Chuugen merupakan hadiah pertengahan tahun yang biasa diberikan sebagai tanda terima kasih kepada orang tua, kerabat, guru, klien bisnis, kepala perusahaan, dan sebagainya.
Musim panas (natsu) adalah salah satu saat dimana murid-murid sekolah Jepang berlibur. Libur musim panas di Jepang berbeda-beda tegantung daerahnya, biasanya berlangsung antara 18 juli sampai 31 agustus dan berlangsung selama kurang lebih 40 hari. Karena libur musim panas diadakan pada masa antara semester pertama dan kedua di sekolah, maka murid-murid biasanya di beri banyak tugas (shukudai) untuk mengisi liburan mereka, seperti latihan soal matematika, bahasa Inggris, IPA, IPS, essai, dan sebagainya.

Manga (漫画) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang. di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Mangaka (漫画家) (adalah orang yang menggambar manga).

Nemawashi (根回し) berasal dari kata (ne, akar), dan 回す (mawasu, di sekitar [sesuatu]). Makna aslinya, yaitu menggali di sekitar akar pohon untuk menyiapkan transplantasi (pemindahan) pohon tersebut. Nemawashi (根回し) dapat diartikan sebagai sebuah proses informal berupa tindakan yang diam-diam meletakkan dasar untuk memuluskan beberapa perubahan atau proyek yang diusulkan.

DAFTAR PUSTAKA

Itasaka, Gen dan Masaaki Seki. 1992. Nihon o Shiru. Tokyo: 3A Corporation
Http://id.wikipedia.org/wiki/manga. Diakses pada 27 Maret 2011. 20:53
Http://id.wikipedia.org/wiki/Nemawashi. Diakses pada 27 Maret 2011. 21:18

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^